Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Arti Aegyo: Ekspresi Lucu Ala Idol K-Pop!

aegyo

Kursus Bahasa Korea – Dalam drama atau reality show Korea, kamu sering melihat sikap imut yang ditunjukkan para idol. Tingkah ini disebut aegyo dalam bahasa Korea.

Sikap lucu dan kekanak-kanakan ini sering dilakukan selebriti Korea agar terkesan imut. Cari tahu faktanya berikut ini.

Arti Aegyo

Aegyo (애교) adalah kata dalam bahasa Korea yang berarti sikap imut atau kekanak-kanakan. Sikap lucu ini sering ditunjukkan idol K-pop saat tampil di depan umum atau di televisi. Aegyo juga dapat menjadi sikap menggoda.

Aegyo dapat disamakan dengan sajiao dalam bahasa Mandarin atau kawaii dalam bahasa Jepang.

Sikap aegyo biasanya ditunjukkan melalui ekspresi, nada suara, gestur, dan kosakata yang digunakan.

Saat seseorang menampilkan sikap imut, kamu dapat memuji dengan gwiyeowo (kiyowo) yang artinya imut.

Asal-usul

Korea Herald menjelaskan sikap aegyo awalnya hanya dilakukan perempuan dengan cara membuat gestur imut, berbicara dengan nada tinggi, dan menggunakan kata ganti orang ketiga untuk menyebut diri sendiri.

Lama-kelamaan aegyo menjadi sikap yang dilakukan selebriti Korea tanpa memandang gender atau usia.

Bahkan dalam acara Weekly Idol di MBC, ada segmen khusus di mana para idol dapat menampilkan aegyo yang paling imut dengan latar belakang lagu Ottoke.

Idol yang sudah senior pun dapat menampilkan sikap kekanak-kanakan yang jarang diketahui sehari-hari.

Para idol bersikap aegyo agar bisa dekat dengan fans dan tampak menarik di depan kamera. Seperti diketahui, idol Korea sangat tertutup dalam hal sifat asli dan urusan pribadi mereka.

Idol Korea bahkan kini dinilai dari cara mereka melakukan aegyo. Contohnya Hyeri dari Girl’s Day yang menunjukkan aegyo di reality show Real Man di MBC. Tingkahnya sangat lucu dan membuat acara menjadi hits. Hyeri pun dipilih memainkan peran Deok-sun dalam drama Reply 1988 karena aegyo-nya. 

Baca juga: Sering Dengar Kata Jinjja Bahasa Korea, Apa Artinya?

Fakta Aegyo

Meskipun sering ditunjukkan para idol di layar kaca, aegyo sebenarnya tidak lazim dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini disampaikan oleh laman 90 Day Korean.

Seperti yang kamu ketahui, umumnya acara televisi, film, dan drama sering melebih-lebihkan. Sikap aegyo dalam percakapan sehari-hari dapat membuat orang lain merasa aneh, terutama jika dilakukan laki-laki.

Cara Melakukan Aegyo

Tips utama bersikap aegyo adalah kamu harus bisa berekspresi kekanak-kanakan dan lucu. Aegyo juga dapat ditunjukkan melalui pakaian, gestur, dan tingkah laku.

Memanjangkan huruf vokal

Kamu dapat memanjangkan huruf vokal terakhir di sebuah kata. Contoh: mengucapkan oppa (kakak laki-laki) menjadi, “Oppaaa.”

Menambahkan m dan ng

Kamu dapat menambahkan m (ㅁ) dan ng (ㅇ) pada kata-kata tertentu. Contohnya oppa (오빠) menjadi oppang (오빵), eodiya (어디야) menjadi eodiyam (어디얌), dan lain-lain.

Membuat gestur tangan dan ekspresi

Kamu dapat membuat simbol V dengan telunjuk dan jari tengah atau simbol hati dengan menyilangkan ibu jari dengan telunjuk.

Mengerucutkan bibir juga dapat dianggap imut seperti anak-anak.

Selain itu, kamu juga bisa membuat gestur ppuing ppuing (뿌잉뿌잉), yakni mengusap-usap pipi dengan tangan terkepal seperti menangis.

Aegyo-sal

Aegyo-sal (애교살) adalah tren makeup di Korea yang menegaskan kantung mata.

Kursus Bahasa Korea, Wujudkan Impian Hidup ala K-Drama

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Korea adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti di Kursus Bahasa Korea Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan berpengalaman. Cari tahu kisah dan pengalaman mereka di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!