12 Panggilan Sayang dalam Bahasa Korea untuk Pasangan, Apa saja?

sayang dalam bahasa korea

Kursus Bahasa Korea – Apa saja sih panggilan sayang dalam bahasa Korea? Kamu yang sudah sering menonton drama Korea pasti sudah akrab dengan istilah seperti jagiya, aegiya, hingga oppa. Kata-kata tersebut sering kita dengar dalam percakapan bahasa Korea.

Namun sudahkah kamu tahu makna dari masing-masing kata tersebut? Simak artikel ini sampai habis, ya!

Baca juga : Arti Gwenchana Bahasa Korea yang lagi Viral & Penulisannya

12 Panggilan Sayang dalam bahasa Korea

Ada beberapa panggilan sayang dalam bahasa Korea. Gunakan panggilan ini sesuai dengan tempat dan juga orang yang tepat ya!

1. Aein (애인) – Sayang atau Kekasih

Aein adalah panggilan sayang dalam bahasa Korea yang netral, dapat digunakan untuk memanggil pria maupun wanita. Contoh penggunaannya adalah sebagai berikut.

Aein isseoyo?

Artinya, “Apakah kamu punya kekasih?”

2. Jagi / Jagiya (자기야) – Manis, Sayang

Kata jagi pun cenderung netral untuk digunakan kepada laki-laki maupun perempuan. Artinya adalah “manis” atau “sayang”.

Umumnya panggilan jagi / jagiya ini digunakan untuk orang yang berada dalam hubungan asma, seperti suami istri atau pasangan kekasih.

Contoh penggunaannya jagi/jagiya adalah

자기, 오늘 저녁에 뭐 먹고 싶어?

Jagi, oneul jeonyeoge mwo meokgo sip-eo?

Sayang, apakah kamu sudah makan hari ini?

Kamu biasanya akan mendengar imbuhan -ya ditambahkan di belakang, yakni gunanya untuk memanggil seseorang dengan cara yang penuh kasih sayang.

3. Aegiya (애기야) – Sayang

Memanggil seseorang dengan sebutan “kekasih” mungkin terdengar kuno. Kamu bisa menggunakan aegi atau aegiya untuk memanggil seseorang dengan sebutan “sayang”. Panggilan ini menunjukkan hubunganmu sudah cukup intim dan tidak terlalu formal.

4. Oppa (오빠) – Kakak Laki-Laki (dari perempuan yang lebih muda)

Salah satu panggilan sayang dalam bahasa Korea adalah oppa. Kata ini digunakan perempuan untuk memanggil laki-laki yang lebih tua yang memiliki hubungan dekat dengannya, misalnya kakak laki-laki, sahabat laki-laki, pacar, atau suami.

Oppa juga digunakan untuk menggoda laki-laki yang lebih tua tersebut dengan cara yang ramah. Penggunaan kata ini juga menunjukkan hubungan tersebut sudah beranjak ke ranah yang lebih serius.

5. Nae Sarang (내 사랑) – Cintaku

Untuk memanggil seseorang dengan sebutan “cintaku” sebagai ungkapan sayang dalam bahasa Korea, kamu cukup menyebut nae sarang. Mudah, bukan?

Baca juga: Bahasa Korea Aku Merindukanmu

6. Yeobo (여보) – Sayang (untuk pasangan yang sudah menikah)

Saat pasangan sudah menikah, mereka tidak lagi menggunakan kata jagi untuk saling memanggil. Mereka menggunakan yeobo. Artinya sama, yakni “sayang”.

Contohnya ketika seorang suami atau istri khawatir dengan pasangannya, ia akan bertanya, “Yeobo, gwenchana?” Artinya, “Sayang, kamu tidak apa-apa?”

7. Naekkeo (내꺼) – Milikku atau Sayangku

Kalau kamu menyukai K-pop, kamu pasti sudah sering mendengar kata ini. Banyak artis yang menggunakan kata naekkeo dalam lagu-lagunya. Secara harfiah, naekkeo berarti “milikku”.

8. Gwiyomi (귀요미) – Si Imut

Kata ini juga sering didengar dalam lagu K-pop. Gwiyomi menggambarkan seseorang yang imut, lebih tepatnya lagi seorang gadis muda yang lucu dan tampak polos.

9. Yeojachingu (여자친구) – Kekasih Perempuan

Untuk menyebut seorang wanita sebagai kekasihmu, katakan dia adalah yeojachingu. Kata ini merupakan gabungan dari “perempuan” dan “teman”.

10. Namjachingu (남자친구) – Kekasih Laki-Laki

Sementara itu, untuk menyebut seorang laki-laki adalah kekasihmu, katakan dia adalah namjachingu. Kata ini juga merupakan gabungan dari “laki-laki” dan “teman”.

11. Gonjunim (공주님) – Putri

Kamu yang suka menonton K-drama sejarah, pasti pernah mendengar kata ini. Gonjunim digunakan sebagai panggilan sayang yang artinya “putri kerajaan”.

12. Wangjanim (왕자님) – Pangeran

Sementara itu wangjanim adalah panggilan untuk “pangeran”. Kata ini juga dapat digunakan untuk memuji penampilan seseorang yang tampak necis, rapi, dan gentleman.

Itu tadi berbagai panggilan sayang dalam bahasa Korea. Jika kamu tertarik mempelajari bahasa asing, kamu dapat mendaftarkan diri untuk kursus di Lister, sebuah platform online untuk belajar bahasa asing, termasuk bahasa Korea.

Baca juga : 5 Cara Belajar Bahasa Korea Agar Cepat Fasih

Belajar bahasa Korea bersama Lister!

Kuasai bahasa Korea untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari maupun persiapan ujian kecakapan bahasa Korea bersama Lister!

Kamu bisa belajar secara online dengan waktu yang fleksibel. Silahkan atur jadwal belajar kamu dan pilih mentor yang sesuai dengan kualifikasi yang kamu butuhkan.

Kursus bahasa Korea ini berisi materi pelajaran yang siap pakai dan bisa langsung dipraktekan di kehidupan sehari-hari maupun dunia kerja.

Daftar layanan sekarang mumpung ada diskon 10% untuk kamu yang membeli kelas seharga satu jutaan. Klaim promo ini dengan kode voucher BLOGLISTER10 saat mendaftar layanan melalui Whatsapp Lister. Daftar sekarang juga!

Share:

Brigitta Winasis
Brigitta Winasis
A lifetime learner, a magical world wanderer through books and stories. Writing for professional purposes and personal interests.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.