Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Bahasa Korea Aku Merindukanmu, Lengkap dengan Variasinya

bahasa korea aku merindukanmu

Apa bahasa Korea “aku merindukanmu”? Kamu yang gemar dengan budaya Korea pasti ingin belajar lebih jauh percakapan bahasa Korea, termasuk ungkapan yang satu ini.

Biasanya ungkapan tersebut disampaikan di antara pasangan yang ada dalam hubungan romantis. Namun jika kamu masih awam, mungkin kesulitan membedakan mana ungkapan yang lebih formal, standar, dan informal. Yuk simak penjelasannya!

Bahasa Korea “Rindu”

Jika Anda ingin menyebut “rindu” dalam bahasa Korea lalu mencarinya di kamus, kamu akan menemukan kata kerja geuripda (그립다). Walaupun kata ini artinya “rindu”, kata ini jarang digunakan di Korea.

Bukannya geuripda, ekspresi yang biasa digunakan adalah bogosipda (보고 싶다) untuk mengungkapkan “aku merindukanmu”.

Bogosipda secara harfiah berarti “aku ingin berjumpa”. Kata ini dibentuk atas dua bagian, boda (보다) artinya “melihat” dan imbuhan -gosipda (-고 싶다), artinya “ingin melakukan”.

Walaupun bogosipda secara harfiah berarti “ingin berjumpa”, tetapi dapat juga diartikan “aku merindukanmu”. Jika kamu ingin mengatakan “ingin berjumpa”, kamu dapat menggunakan ungkapan ini.

Sementara itu geuripda biasanya digunakan jika kamu merindukan suatu benda atau situasi. Misalnya, “Yetjibi geuriwoyo,” artinya, “Aku merindukan rumah lamaku”. Contoh lain, “Hakchangsijeori geuriwoyo,” artinya, “Aku merindukan masa-masa sekolahku dulu.”

Informal

Untuk mengatakan “aku merindukanmu” dalam situasi informal, kamu dapat mengatakan kata-kata berikut.

Bogo sipeo (보고 싶어).

Kata ini juga dapat menjadi pertanyaan dengan diucapkan sembari menaikkan intonasi di akhir kalimat. Bogo sipeo paling baik digunakan di antara hubungan yang sudah sangat dekat, misalnya dengan kekasih atau teman dekat.

Standar

Bahasa Korea “aku merindukanmu” secara standar sama dengan bahasa informalnya, tetapi ditambah imbuhan yo (요) di bagian akhir. Kamu bisa mengatakan ini kepada siapa saja, mengingat sifatnya lebih netral. Namun tetap saja, rasanya agak aneh mengatakan “aku merindukanmu” kepada orang yang tidak terlalu dekat denganmu.

Contoh penggunaannya yaitu sebagai berikut.

Gajogi bogo sipeoyo (보고 싶어요).

Artinya, “Aku merindukan keluargaku.”

Formal

Ungkapan formal “aku merindukanmu” adalah bogo sipseumnida (보고 싶습니다). Namun ungkapan ini tidak terlalu banyak digunakan. Kamu mungkin mendengarnya dalam lagu atau dalam sebuah pidato. Contohnya, seseorang yang menyampaikan pidato dalam keluarganya bisa mengatakan, “Buini bogo sipseumnida,” artinya, “Aku merindukan istriku.”

“Aku Sangat Merindukanmu”

Lantas apa bahasa Korea “aku sangat merindukanmu”? Kamu bisa menggunakan kata-kata berikut.

Neomu bogo sipeo (너무 보고 싶어).

Dalam kalimat tersebut, neomu (너무) berarti “sangat”. Maka dari itu, kalimat ini berarti “Aku sangat merindukanmu.”

Itu tadi berbagai cara mengatakan “aku merindukanmu” dalam bahasa Korea. Jika kamu tertarik mempelajari bahasa asing, kamu dapat mendaftarkan diri untuk kursus di Lister, sebuah platform online untuk belajar bahasa asing, termasuk bahasa Korea.

Dengan waktu yang fleksibel, cara belajar yang menyenangkan, dan tutor yang bersertifikat, kamu dapat belajar sampai mahir. Untuk lebih lengkapnya, klik di sini: Kursus Bahasa Korea.