10 Jajanan Korea Paling Menggiurkan, di Mana Belinya?

jajanan korea

Kursus Bahasa Korea – Tak hanya populer dengan drama, K-pop, dan pemandangannya, Korea Selatan menawarkan sajian kuliner yang menggugah selera. Kalau kamu bosan dengan makanan yang ada di restoran, kamu bisa menjajal jajanan Korea yang dijual sebagai street foods.

Berbagai jajanan khas Korea ini pasti sudah familiar di drama Korea. Di mana kamu bisa membeli street foods ala Korea tersebut?

1. Tteokbokki (떡볶이)

Tteokbokki adalah kue beras yang dimasak dalam saus merah pedas yang disebut gochujang. Kue beras ini memiliki tekstur kenyal dan mengenyangkan.

Tteokbokki dapat disajikan dalam porsi besar, sehingga tidak hanya cocok untuk snack saja. Saat ini sudah banyak yang menjual tteokbokki dengan sentuhan modern, seperti ditambahkan keju, daging, sosis, dan lain-lain.

2. Sundae (순대)

Sundae adalah sajian yang sangat khas Korea, sehingga agak kurang lazim bagi orang asing. Sundae adalah sosis yang terbuat dari usus dan diisi darah serta potongan daging. Di masa Perang Korea, sundae menjadi alternatif daging yang mahal.

Baca juga: Mukbang: Definisi, Asal Usul, dan Artisnya

3. Bungeoppang (붕어빵)

Bungeoppang adalah kue yang dicetak berbentuk ikan, lalu diisi kacang merah yang manis. Bagian luar roti memiliki tekstur renyah.

Saat ini banyak yang membuat variasi bungeoppang dengan diisi coklat, ubi jalar, bahkan es krim.

4. Twigim (튀김)

Twigim adalah gorengan ala Korea, biasanya terbuat dari cumi, ubi, udang, bakso, gurita, sosis, atau sayuran yang digoreng tepung.

Twigim digoreng langsung di kios penjual makanan. Twigim biasanya dimakan dengan kecap asin atau saus gochujang.

5. Eomuk (어묵)

Eomuk adalah fish cake, yakni olahan ikan dan tepung berbentuk panjang yang ditusuk berlipat-lipat dengan tusuk sate. Eomuk disajikan dengan kuah kaldu yang hangat, sehingga biasanya menjadi jajanan khas musim dingin.

6. Hotteok (호떡)

Hotteok adalah sejenis pancake bundar sebesar telapak tangan. Hotteok diisi dengan gula dan kacang-kacangan.

Bagian luar hotteok terasa renyah, sementara bagian dalamnya manis karena gula yang meleleh. Hotteok modern memiliki isian es krim atau keju.

Kalau kamu lebih suka makanan yang asin, kamu bisa mencoba japchae hotteok yang diisi dengan bihun, kecap asin, sayuran, dan daging cincang.

Baca juga: Begini Ucapan Selamat Makan Bahasa Korea, Yuk Coba!

7. Gamjahatdogeu (감자핫도그)

Gamjahatdogeu adalah corn dog ala Korea. Bedanya, sosis dibalut adonan tepung dan potongan kentang, kemudian digoreng. Jajanan yang satu ini sudah banyak ditemukan di Indonesia.

Gamjahatdogeu biasanya disajikan dengan saus dan mayones.

8. Tteokkkochi (떡꼬치)

Tteokkkochi adalah variasi kue beras yang dimasak dengan cara lain. Tteokkkochi memiliki tekstur renyah dengan rasa gurih, manis, dan pedas.

Kue beras ditusuk dengan tusuk sate lalu digoreng, kemudian disajikan dengan saus yang terbuat dari gochujang, madu, kecap, gula merah, bawang putih, dan minyak wijen.

9. Dalgona (달고나)

Dalgona adalah gulali yang terbuat dari gula leleh dan baking soda. Di beberapa tempat, dalgona disebut dengan ppopgi (뽑기).

Kalau kamu penggemar K-drama Squid Game, kamu pasti familiar dengan manisan ini. Bagian tengah gulali dicap dengan berbagai bentuk, seperti bintang, hati, lingkaran, dan lain-lain.

Biasanya anak-anak berlomba makan gulali tanpa memecahkan gambar di tengahnya.

10. Gimbab (김밥)

Gimbab adalah nasi yang digulung dengan rumput laut, biasanya diisi sayur, ikan, gurita, atau kimchi. Gimbab cukup padat dan mengenyangkan, sehingga tidak hanya menjadi snack saja.

Terdapat beberapa variasi gimbab. Pertama, gimbab dicetak segitiga mirip onigiri Jepang. Kemudian ada kkoma gimbab (꼬마김밥), yaitu gimbab mini yang biasanya dimakan anak-anak.

Di mana beli jajanan Korea?

Jajanan khas Korea sering dijual di pojangmacha (warung tenda) atau food truck. Kalau kamu ingin berburu street foods di Korea, kamu bisa menyambangi tempat-tempat berikut.

  • Pasar Malam Kkangtong, Busan menawarkan street foods daging, makanan Jepang, bahkan makanan Indonesia.
  • Myeong-dong sangat populer di kalangan turis. Banyak warung tenda di sini yang menyajikan makanan laut.
  • Hongdae adalah pusat jajanan bagi turis dan anak muda. Jajanan khas Korea seperti hotteok, eumok, bungeoppang, tteokkkochi, hingga jajanan dari negara lain seperti crepes, churros, dan takoyaki dapat ditemukan di sini.
  • Noryangjin adalah pusat jajanan yang sering dikunjungi anak sekolah. Meskipun begitu, kawasan ini mulai terkenal di kalangan turis.
  • Jeonju Hanok menawarkan berbagai variasi makanan Korea tradisional, seperti bibimbab.
  • Pasar Gwangjang adalah salah satu pasar yang cukup tua di Seoul. Di sini, kamu bisa menemukan gimbab, bindaetteok, dan olahan daging yang dijual dari sore sampai malam hari.
  • Pasar Namdaemun adalah pasar tertua di Seoul, yakni sudah ada sejak tahun 1400-an dan memiliki lebih dari 10.000 kios. Di sini, kamu akan menemukan kuliner tradisional Korea.
  • Pasar Malam Seoul Bamdokkaebi menyajikan kuliner tradisional sekaligus modern. Di sini, kamu dapat menemukan perpaduan makanan Korea dan luar negeri, seperti steak yang dimasak dengan saus khas Korea.

Kursus Bahasa Korea, Wujudkan Impian Hidup ala K-Drama

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Korea adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti di Kursus Bahasa Korea Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan berpengalaman. Cari tahu kisah dan pengalaman mereka di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!