Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

National Hispanic Heritage Month: Pengertian dan Sejarah

national-hispanic-heritage-month (1)

Kursus Bahasa SpanyolNational Hispanic Heritage Month atau Bulan Warisan Hispanik Nasional adalah hari peringatan nasional di Amerika Latin dan Hispanik yang setiap tahun dirayakan.  Setiap tanggal 15 September hingga 15 Oktober di Amerika Serikat dirayakan untuk mengakui kontribusi dan pengaruh orang Amerika Hispanik terhadap sejarah, budaya, dan pencapaian Amerika Serikat.

Pengertian National Hispanic Heritage Month

Sebagaimana namanya, National Hispanic Heritage Month bertujuan menghormati budaya dan kontribusi dari orang Amerika Latin dan Hispanik saat mereka merayakan warisan yang berada di semua negara Amerika Latin. Selama lebih dari 500 tahun, sejarah dan warisan Hispanik dan Latin dapat ditemukan di taman nasional atau dalam program Layanan Taman Nasional dan mitra komunitas di seluruh negeri.

Melansir dari NPS, arti atau makna istilah Hispanik/Hispanic mengacu pada seseorang yang berasal dari atau keturunan seseorang yang berasal dari negara berbahasa Spanyol.

Sementara itu, makna Latino/a atau Latinx mengacu pada seseorang yang berasal dari atau keturunan seseorang yang berasal dari sebuah negara di Amerika Latin.

Baca juga: Satuan Suhu di Amerika: Fungsi, Jenis, dan Contoh

Sejarah National Hispanic Heritage Month

Warisan Bulan Warisan Hispanik dimulai sebagai Pekan Warisan Hispanik. Hispanic Week didirikan oleh undang-undang yang disponsori oleh Rep. Edward R. Roybal dari Los Angeles dan ditandatangani menjadi undang-undang oleh Presiden Lyndon Johnson pada tahun 1968. 

Pada tahun 1988, minggu peringatan diperluas menjadi satu bulan (15 September hingga 15 Oktober) oleh undang-undang yang disponsori Rep. Esteban Edward Torres (D–Pico Rivera), diubah oleh Senator Paul Simon, dan ditandatangani menjadi undang-undang oleh Presiden Ronald Reagan.

Tanggal 15 September dipilih sebagai titik awal peringatan karena merupakan hari peringatan Tangisan Dolores (16 September 1810), yakni awal mula Perang Kemerdekaan Meksiko (1821), yang menjadi kemerdekaan bagi Koloni Spanyol Baru (sekarang Meksiko, Guatemala, El Salvador, Kosta Rika, Honduras, dan Nikaragua).

Meksiko, sebagian besar negara Amerika Tengah, dan Chili memperingati kemerdekaan mereka dari Spanyol pada tanggal 15 September, 16 September, dan 18 September, masing-masing.

Baca juga: 9 Orang Kulit Hitam Amerika yang Berpengaruh di Luar Negeri

Pekan Warisan Hispanik pertama kali diproklamasikan oleh Presiden Johnson pada tahun 1968 dalam Proklamasi Presiden 3869. Presiden Nixon, Ford, Carter, dan Reagan memberikan proklamasi tahunan untuk Pekan Warisan Hispanik antara tahun 1969 dan 1988. Bulan Warisan Hispanik Nasional pertama kali diproklamasikan oleh Presiden George H. W. Bush pada tanggal 14 September 1989, dalam Proklamasi Presiden 6021. Sejak 1989, semua Presiden telah memberikan Proklamasi Presiden untuk menandai Bulan Warisan Hispanik.

Program Lister Untuk Memahami Budaya Asing 

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Amerika Latin adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Spanyol di Lister.

Cari tahu pengalaman seru sesama student di Lister Group Community di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!