Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Perbedaan Hispanic Latino dan Latinx, Ini Faktanya!

perbedaan-hispanic-latino-dan-latinx

Kursus Bahasa Spanyol – Apakah kamu masih bingung atau salah kaprah dengan istilah Hispanic Latino dan Latinx? Ketiganya sering digunakan secara bergantian meskipun sebenarnya memiliki arti yang berbeda. Bagaimana perbedaan Hispanic Latino dan Latinx selengkapnya?

Arti Hispanic Latino dan Latinx 

Tahukah kamu? Hispanik Amerika dan Latino Amerika (bahasa Spanyol: hispanos; [isˈpanos]) adalah sebutan orang Amerika yang merupakan keturunan dari negara berbahasa Spanyol di Amerika Latin dan Spanyol. Secara singkat, Hispanik adalah sebutan orang-orang yang berbicara bahasa Spanyol atau keturunan dari populasi berbahasa Spanyol, sedangkan Latino adalah sebutan orang-orang yang berasal atau keturunan dari Amerika Latin.

Baca juga: National Hispanic Heritage Month: Pengertian dan Sejarah

Arti Hispanik

Kata bahasa Inggris “hispanic” berkembang dari kata Latin “Hispanicus”, yang konon untuk menyebut orang yang tinggal di Hispania — Semenanjung Iberia di Spanyol — selama Kekaisaran Romawi.

Misalnya, jika kamu tinggal di suatu daerah dan diminta mengisi formulir sensus penduduk. Biasanya akan ada isian data mengenai kategori ras/etnis/suku dan lainnya, bukan? Nah, Hispanik adalah istilah yang menggambarkan etnis dan bukan ras, orang dapat melaporkan sendiri berbagai kategori ras serta asal Hispanik saat mereka melengkapi formulir. Namun, laporan diri tentang ras dalam sensus menunjukkan bahwa beberapa orang mengidentifikasi ras mereka sebagai ras Hispanik. 

Arti Latino 

Berbanding dengan Hispanik yang mengacu bahasa, Latino adalah istilah yang mengacu pada lokasi geografi. Istilah ini digunakan untuk menandakan bahwa orang tersebut berasal dari atau keturunan Amerika Latin. Latino adalah bentuk singkat dari frasa bahasa Spanyol latinoamericano —Amerika Latin, dalam bahasa Inggris.

Penting untuk diketahui, seperti halnya Hispanik, Latino secara teknis tidak mengacu pada ras. Siapa saja dari Amerika Tengah atau Selatan dan Karibia dapat digambarkan sebagai orang Latin. Namun, dalam kelompok ini, seperti dalam kelompok Hispanik, ada berbagai macam ras seperti orang kulit putih, hitam, Amerika Pribumi, campuran, Mestizo, bahkan Asia. 

Orang Latin juga bisa menjadi Hispanik, tetapi tidak mesti begitu. Misalnya, orang dari Brasil adalah orang Latin, tetapi mereka bukan Hispanik, karena bahasa Portugis adalah bahasa ibu yang mereka gunakan bukan bahasa Spanyol. Demikian dengan orang yang mungkin Hispanik, tetapi bukan Latino. Contohnya orang-orang dari Spanyol yang juga tidak tinggal atau memiliki garis keturunan di Amerika Latin.

Baca juga: Cerita Black History Month di Amerika dan Para Tokohnya

Baru pada tahun 2000 Latino pertama kali muncul di Sensus AS sebagai pilihan etnis, dikombinasikan dengan tanggapan “Bahasa Spanyol / Hispanik / Latino Lainnya”. Dalam Sensus terbaru, yang dilakukan pada tahun 2010, kategori ini dimasukkan sebagai “Asal Hispanik / Latin / Spanyol lainnya.”

Arti Latinx

Latinx adalah neologisme yang merujuk pada orang-orang di Amerika serikat yang berasal dari Amerika Latin. Kata latinx dipakai sebagai bentuk kata yang netral secara gender. Akhiran –x berfungsi menggantikan akhiran –o pada kata Latino dan akhiran –a pada kata Latina. Latino dan Latina merupakan dua bentuk gender yang umum pada bahasa Spanyol. Nah, maknanya adalah Latino merujuk pada gender laki-laki, sedangkan Latina merujuk pada gender perempuan.

Jadi, jika dirangkum ke dalam poin-poin, kita dapat menyimpulkan perbedaan di antara Hispanic Latino dan Latinx seperti dilansir dari laman Britannica:

  • Hispanik adalah sebutan orang yang berasal dari negara yang berbicara bahasa Spanyol.
  • Latino, sebutan untuk orang  yang berasal dari negara Amerika Latin.
  • Orang Hispanik dikenali berdasarkan bahasa mereka, yaitu bahasa Spanyol.
  • Latin dikenali melalui referensi geografi mereka; yaitu Amerika Latin.

Contoh: 

  • Seseorang dari Spanyol adalah keturunan Hispanik.
  • Seseorang dari Brazil adalah Latino.
  • Seseorang dari Kolombia adalah keturunan Hispanik dan Latino.

Hispanik digunakan untuk merujuk pada orang yang berasal dari Spanyol dan tinggal di Amerika. Sehingga, penduduk asli Spanyol yang tinggal di AS adalah keturunan Hispanik, tetapi bukan orang Latin. Sedangkan Latino yang mengacu pada orang Amerika Latin yang tinggal di AS.

Jadi penggunaan istilah Hispanik atau Latin di AS digunakan untuk memperluas kategori orang yang berbicara bahasa Spanyol itu tidak benar secara teknis, ya. Namun, hal ini tidak membedakan orang yang berasal dari Spanyol, tetapi yang asalnya Amerika Latin sebagai denominator umum di antara semua kelompok yang berbeda adalah bahasa Spanyol.

Program Lister Bantu Kamu Memahami Budaya Asing 

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Amerika Latin adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Spanyol di Lister.

Cari tahu pengalaman seru sesama student di Lister Group Community di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!