First Impression Artinya Apa? Ini Fakta Psikologisnya

Program ListerFirst impression adalah istilah yang sering kita dengar sehari-hari, terutama dalam perkenalan. Seringkali kita menilai sifat seseorang berdasarkan first impression yang kita dapat.

Sudah tahukah kamu arti first impression? Simak fakta psikologis di balik first impression.

First Impression Artinya Apa?

Secara harfiah, first impression artinya kesan pertama. Kesan ini muncul saat pertama kali bertemu dengan orang baru. Kesan pertama yang baik penting dalam setiap relasi, baik itu berkencan, berbisnis, atau hubungan sosial lainnya. Kesan tersebut membentuk reputasi dan dapat menentukan kesuksesan hubungan.

Kesan ini muncul dalam hitungan detik dan menit pertama pertemuan. Maka dari itu, tak heran jika orang selalu mengusahakan first impression yang baik.

Tak hanya itu, first impression berperan penting dalam menentukan karier seseorang di tempat kerja. Saat pertama kali bertemu, rekan kerja cenderung akan menilai dari first impression yang ditimbulkan rekan barunya.

Fakta Psikologis First Impression

Seperti dijelaskan oleh Psychology Today, penilaian kesan pertama adalah sesuatu yang secara alami dilakukan manusia. Hal ini dilakukan untuk menilai apakah orang asing tersebut berpotensi menjadi ancaman.

Kesan pertama dapat dilihat dari wajah, ekspresi, bahasa tubuh, perkataan, sampai cara berpakaian. Kesan pertama dinilai mulai ketika seseorang masuk ruangan, menyapa, hingga membuat kontak mata dan berjabat tangan.

Baca juga: 10 Pertanyaan Interview Kerja Bahasa Inggris dan Jawabannya

Tips Memberikan First Impression yang Baik

First impression umumnya dimiliki secara alamiah. Namun bukan berarti kita tidak dapat berlatih agar dapat memberikan kesan yang baik di mata orang lain.

Ekspresi Wajah dan Gestur

Seseorang dapat membuat penilaian terhadap karakter orang lain beberapa detik setelah melihat wajahnya. Ia bahkan dapat menilai apakah orang tersebut dapat dipercaya atau disukai.

Penilaian ini dilakukan bahkan sebelum saling bertukar sapa. Maka dari itu penting untuk selalu menampilkan gestur percaya diri serta tampak nyaman dengan diri sendiri.

Nada

Cara berbicara dan tinggi-rendahnya nada dapat menentukan jika seseorang dapat dipercaya atau layak disukai. Penilaian ini memang tidak selalu akurat, tetapi cukup konsisten diyakini banyak orang.

Orang yang berbicara dengan nada rendah cenderung diasosiasikan dengan sifat pemimpin. Mengatur cara dan nada bicara dapat membantu menimbulkan first impression yang baik.

Jabat Tangan

Jabat tangan yang tegas dapat membuat kesan pertama yang baik, karena berhubungan dengan karakter yang positif, ekspresif, ramah, dan aktif. Terlebih bagi perempuan, jabat tangan dengan tegas menunjukkan sikap percaya diri dan asertif.

Walaupun begitu, jabat tangan yang terlalu erat dapat menunjukkan sikap dominasi. Hal ini justru akan menimbulkan kesan pertama yang buruk.

Antusias

Menurut Healthline, sikap antusias membuat orang lain merasa diterima dan percaya. Sebaliknya, sikap tidak tulus akan selalu diingat orang lain.

Sudah Tahu Mau Belajar Bahasa Apa? Temukan di Program Lister

Sudah tahu bahasa apa yang ingin kamu pelajari? Kamu akan menemukan kelas yang tepat sesuai kebutuhanmu di Program Lister.

Cari tahu pengalaman seru sesama student di Lister Group Community di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!