Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Bahasa Spanyol adalah: Pengertian, Sejarah, Negara Pengguna

Tertarik belajar bahasa Spanyol? Sebelum kamu mulai mempelajarinya, ada baiknya kamu mengetahui seluk-beluk bahasa tersebut terlebih dahulu.

Sudah tahukah kamu pengertian dan sejarah bahasa Spanyol?

Apa itu bahasa Spanyol?

Bahasa Spanyol (español) disebut juga bahasa Kastilan (castellano). Bahasa ini termasuk dalam rumpun bahasa Roman Indo-Eropa.

Bahasa Spanyol digunakan 500 juta penutur asli di seluruh dunia, paling banyak di Amerika dan Spanyol. Bahasa ini menduduki peringkat kedua penutur terbanyak di seluruh dunia setelah bahasa Mandarin.

Sejarah

Bahasa Spanyol berakar dari bahasa Latin yang dibawa bangsa Roma saat menduduki Semenanjung Iberia.

Di Amerika Latin, bahasa Spanyol disebut dengan bahasa Kastilan. Istilah tersebut merujuk pada dialek yang berkembang dari bahasa Spanyol standar modern.

Dialek ini berkembang di Cantabria pada abad ke-9, tepatnya di kota Burgos, Spanyol Utara. Kota ini disebut sebagai Kastil Lama.

Saat Spanyol merebut kembali kemerdekaannya dari bangsa Moor, bahasa yang digunakan pun tersebar ke Madrid dan Toledo pada abad ke-11. Wilayah ini lalu disebut Kastil Baru.

Pada akhir abad ke-15, Kerajaan Kastil dan Leon bergabung dengan Aragon. Bahasa Kastilan menjadi bahasa resmi di seluruh Spanyol.

Dari bahasa resmi tersebut, berkembang beberapa dialek. Dialek Aragon, Navarra, Leon, Asturia, dan Santander berkembang di kawasan pinggiran.

Beberapa bahasa lain juga digunakan di Spanyol, yakni Galician di barat laut dan Katalan di timur. Saat bangsa Arab menduduki Spanyol pada abad ke-12, berkembang pula dialek yang disebut dengan Mozarabic.

kota besar spanyol

Huruf

Bahasa Spanyol menggunakan alfabet Latin yang terdiri dari 27 huruf.

Alfabet bahasa Spanyol

HurufABCDEFGHI
Namaabe, be larga, be altacedeeefegehachei
HurufJKLMNÑOPQ
Namajotakaeleemeeneeñeopecu
HurufRSTUVWXYZ
Namaerreeseteuuve, ve, ve corta, ve bajauve doble, ve doble, doble ve, doble uve, doble uequisye, i griegazeta

Diakritik

Bahasa Spanyol memiliki dua diakritik yang digunakan pada huruf vokal.

  • Aksen tirus, yaitu á, é, í, ó, ú
  • Diaresis atau trema, yaitu ü

Negara pengguna

Bahasa Spanyol adalah bahasa resmi di 18 negara Amerika Latin, yakni Argentina, Bolivia, Chili, Kolombia, Kosta Rika, Kuba, Republik Dominika, Ekuador, El Salvador, Guatemala, Honduras, Meksiko, Nikaragua, Panama, Paraguay, Peru, Uruguay, dan Venezuela.

Puerto Rico, Spanyol, dan Guinea Ekuator juga menggunakan bahasa Spanyol.

Bahasa Spanyol memang menarik untuk dipelajari. Bagi kamu yang ingin mengetahui tentang bahasa Spanyol lebih mendalam, dapat mengikuti Kursus Bahasa Spanyol di Lister. Di sini kamu akan belajar bersama para tutor yang ahli dan berpengalaman. Kamu juga dapat menentukan jumlah pertemuan sendiri. Daftar sekarang, dapatkan harga terjangkau.