fbpx
Kursus Bahasa Inggris
Category Fakta, Korea
distrik gangnam

Kursus Bahasa Korea – Sejak rapper asal Korea Selatan, Psy, merilis lagu Gangnam Style, distrik tersebut menjadi pusat perhatian seluruh dunia. Distrik Gangnam yang dikenal sebagai kawasan elit dan hiburan bagi para sosialita terletak di Seoul, Korea Selatan.

Berikut ini fakta seputar Gangnam dan destinasi yang dapat kamu kunjungi.

Distrik Gangnam

Gangnam-gu (강남구) adalah sebuah distrik yang berada di Seoul, Korea Selatan. Seoul sendiri adalah ibukota Korea Selatan. Gangnam terdiri dari 26 dong (permukiman).

Gangnam adalah satu dari dua gu (distrik) yang berada di Wilayah Gangnam. Distrik yang satu lagi adalah Seocho-gu.

Nama Gangnam merujuk pada letaknya, yakni berarti sebelah selatan Sungai (Han). Gangnam adalah distrik ketiga terbesar dari 25 distrik yang ada di Seoul.

Kawasan Sosialita Elit

Dikutip dari Statista, Gangnam adalah kawasan permukiman termahal di Seoul. Pada Oktober 2022, harga rata-rata apartemen di distrik ini mencapai 2,28 miliar Won.

Harga real estate di Gangnam tiga kali lipat dari rata-rata harga rumah di Korea Selatan, dan penduduknya merupakan kalangan terkaya di negara tersebut. Reputasi Gangnam sebagai kawasan elit dapat disamakan dengan Beverly Hills di Amerika Serikat.

Distrik Gangnam berkembang pesat setelah mendapat suntikan investasi dan pengembangan besar-besaran dari pemerintah pada 1980-an. Gangnam kemudian menjadi kawasan hunian elit bagi para sosialita, selebriti, hingga pengusaha kaya.

Tak hanya sebagai kawasan hunian mewah, Gangnam juga merupakan pusat kalangan terpelajar di Korea Selatan. Pada 2010, sebanyak 6 persen kandidat Seoul National University berasal dari Gangnam. Seoul National University sendiri adalah salah satu universitas paling bergengsi di Korea Selatan.

Fakta ini menarik, mengingat populasi Gangnam hanya sebesar 1 persen dari keseluruhan populasi negara Korea Selatan. Jumlah siswa yang melanjutkan studi di luar negeri juga paling banyak berasal dari penduduk Gangnam.

Popularitas Distrik Gangnam pun semakin melejit di dunia internasional setelah rapper Psy merilis lagu berjudul Gangnam Style pada 2012. Pada video musiknya, Psy berjoget di atas ASEM Tower dengan latar belakang Trade Tower. Kedua bangunan tersebut adalah bagian dari World Trade Center (WTC) Seoul, atau disebut juga dengan COEX.

gangnam style

7 Destinasi di Distrik Gangnam

Apakah kamu tertarik mencicipi kemewahan di Gangnam? Kamu dapat berkunjung ke distrik tersebut dengan menggunakan kereta bawah tanah, lalu turun di Stasiun Gangnam.

Stasiun ini terletak di Jalur Kereta Bawah Tanah Seoul 2. Setelah sampai, kamu dapat menuju ke utara stasiun di mana terdapat banyak bar, restoran, dan destinasi atraktif lainnya.

Berikut ini tempat-tempat yang dapat kamu kunjungi di Distrik Gangnam.

1. Tur

Gangnam menyediakan tur menggunakan bus dengan rute yang melewati seluruh bagian distrik. Mulai dari Taman Seolleung, Kuil Bongeunsa, COEX, Korean Wave Star, Apgujeong Rodeo, Garosu-gil, Samsung D’Light, dan masing banyak lagi.

Gangnam adalah distrik yang cukup luas, sehingga tur menggunakan bus adalah pilihan tepat jika kamu ingin melihat keseluruhan bagian distrik. Untuk mengikuti tur, kamu perlu melakukan reservasi. Tur dibuka mulai pukul 10.10 hingga 17.00.

2. K-Museum of Contemporary Art

K-Museum of Contemporary Art terletak di Seolleung-ro, Apgujeong-dong. Museum ini dibuka pada Selasa sampai Minggu, pukul 10.00 hingga 19.00.

Museum ini menyajikan pameran seni kontemporer sepanjang tahun. Untuk mengetahui pameran yang sedang diadakan, kamu dapat mencari tahu di situs resmi K-Museum of Contemporary Art.

Biaya masuknya bervariasi, yakni 15 ribu Won untuk dewasa, 12 ribu Won untuk siswa SMP dan SMA, 10 ribu Won untuk siswa SD, dan 8 ribu Won untuk anak-anak.

3. Taman Samneung

Taman ini merupakan tempat pemakaman keluarga kerajaan di masa lampau, termasuk Raja Seongjong, Ratu Jeonghyeon, dan Raja Jungjong. Taman Samneung dinobatkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

Walaupun merupakan kompleks pemakaman, Taman Samneung sangat tenang dan nyaman karena merupakan area hutan yang terbuka. Taman ini berada di Samseong-dong dan dibuka pukul 09.00 sampai 18.00 dengan tiket masuk seharga 1.000 Won.

Dalam sejarah Korea, salah satu raja yang paling dihormati karena warisannya adalah Raja Sejong. Mengapa? Berikut biografi sosoknya dalam artikel Sosok Sejong yang Agung, Raja Korea Pencipta Hangeul.

4. Kuil Bongeunsa

Masih di kawasan Samseong-dong, terdapat Kuil Bongeunsa yang berada dekat dengan stasiun kereta. Kuil Buddha ini dapat dikunjungi pada siang hingga malam hari.

Suasananya sangat tenang sekaligus megah. Kuil Bongeunsa memiliki sejarah panjang sejak dibangun pada 1498.

5. COEX

coex mall library

Setelah menyusuri bangunan bersejarah di Gangnam, saatnya mengunjungi destinasi modern. COEX adalah mal bawah tanah terbesar di dunia.

Berbagai pertokoan, bioskop, museum, hingga akuarium akan memanjakan pengunjung dari seluruh dunia. Beberapa tempat yang wajib kamu kunjungi di mal tersebut adalah Museum Kimchi, COEX Aquarium, Intercontinental Hotel, dan SMTOWN. Di mal tersebut juga terdapat kasino dan Terminal Bandara untuk memudahkan turis asing melakukan check-in, mengurus imigrasi, dan mengurus bagasi.

Tak kalah menarik, di sini terdapat COEX Mall Library yang estetik. Di sini kamu dapat melihat-lihat buku yang dipajang di rak bersusun setinggi langit-langit gedung mal.

Apakah kamu merasa sudah cukup berwisata di kawasan elit Korea Selatan? Jika kamu ingin mengunjungi destinasi wisata tradisional, kamu dapat menyambangi Desa Bukchon Hanok yang juga berada di Seoul. Berikut ulasannya dalam artikel Menikmati Syahdunya Bukchon Hanok Village nan Tradisional.

6. Stasiun Gangnam

Di bagian depan Stasiun Gangnam, terdapat landmark Gangnam Style yang terkenal, sebagai tanda awal mula popularitas distrik tersebut. Tak hanya itu, Gangnam dikenal sebagai Jalan K-Pop, tepatnya di Garosu-gil. Bukan tidak mungkin kamu akan berpapasan dengan bintang K-pop di sini.

Kawasan ini juga menawarkan pertokoan mewah dengan merk ternama dunia. Contohnya Chanel, Hermes, Dior, atau merk lokal yang unik seperti Ador.

7. Taman Dosan

Taman Dosan adalah sebuah taman kecil yang dikelilingi berbagai kafe unik. Kamu dapat menemukan berbagai macam kafe dengan konsep yang berbeda di sekitar Taman Dosan.

Kursus Bahasa Korea, Travelling Jadi Lebih Seru!

Travelling di Korea Selatan tentu lebih seru jika kamu menguasai bahasanya. Ikuti Kursus Bahasa Korea Lister.

Selain itu, kamu juga bisa mengikuti Instagram Lister untuk informasi belajar bahasa asing lainnya dan promo terbaru.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Need Help?