fbpx
Kursus Bahasa Inggris
Category Korea
memuji enak bahasa korea

Kursus Bahasa Korea – Saat mempelajari bahasa Korea, ungkapan pujian adalah salah satu ekspresi dasar yang pasti digunakan sehari-hari. Ada banyak peristiwa di mana kamu dapat memuji orang lain. Contohnya mendengar seorang teman lolos ujian semester, melihat penampilan teman yang menarik, hingga naik jabatan.

Berikut ini lima ungkapan pujian dalam bahasa Korea untuk berbagai situasi.

1. Ungkapan Memuji Teman yang Cantik

“Kamu terlihat cantik.” – “Areumdawoyo.”

Frasa 아름다워요 (areumdawoyo) berarti “cantik” dan dapat digunakan untuk memuji orang maupun barang. Namun dalam penggunaannya, frasa ini lebih sering digunakan ketika memuji keindahan alam.

Selain ungkapan tadi, ada ungkapan lain yang berarti sama tetapi digunakan pada orang yang lebih tua atau tidak terlalu dekat. Gunakan 이뻐요 (ippeoyo). Keduanya sama-sama berarti “kamu cantik” dan dapat digunakan untuk orang atau barang.

2. Ungkapan Memuji Hasil Pekerjaan Teman

“Kamu menyelesaikan tugas dengan sangat baik.” – “Jalhaesseo.”

Setelah menyelesaikan pekerjaan atau ujian, orang Korea seringkali menggunakan frasa 잘해서 (jalhaesso) ini untuk memuji hasil pekerjaan orang lain atau diri sendiri. Nah, kalau kamu bekerja sama dengan orang Korea, lalu mendapatkan kalimat pujian ini, berarti pekerjaanmu bagus.

ucapan enak bahasa Korea

3. Ungkapan Memuji Kepintaran Teman

“Kamu adalah teman yang mengagumkan!” – “Neon metjin chinguya.”

Kata 멋진 (meotjin), dapat diartikan sebagai “keren”,” mengagumkan”, “sangat baik” atau apapun yang berarti positif dalam pujian. Ungkapan ini sangat cocok ditujukan kepada sahabat, saudara, atau teman. Jadi jangan ragu untuk menggunakan kalimat ini saat ingin memuji temanmu, ya!

4. Ungkapan Tentang Cuaca yang Cerah atau Sejuk

“Cuacanya sejuk sekali kelihatannya hari ini.” – “Aju siwonhan got gatayo.”

아주 시원한 것 같아요 (aju siwonhan got gatayo) adalah ungkapan yang dapat digunakan saat ingin memuji cuaca yang sedang terjadi. Terdiri dari dua suku kata yaitu 아주 (aju) artinya “sangat” dan 시원하다 (siwonhada) berarti “sejuk”.

5. Ungkapan Memuji Makanan yang Enak

“Enak sekali makanannya!” – “Masshita!” atau “Masshiseoyo!

Saat pergi ke Korea dan makan di sebuah restoran yang ternyta enak rasanya, kira-kira apa yang akan kamu katakan? Bagaimana cara mengucapkan “Makanan ini rasanya lezat sekali!” dalam bahasa Korea?

Kata 맛있어요 (masshiseoyo) terbentuk dari 맛 (mat-) yang artinya “rasa” dan 있어요  (-isseoyo) yang berarti “enak” atau “lezat”. Namun, sebenarnya makna dari ungkapan 맛있다 (masshita) atau 맛있어 요(masshiseoyo) juga berarti memuji orang yang sudah memasak ataupun yang mengantarkan makanannya.

Contohnya, “삼겹살 맛있어요 (samgyeopsal masisseoyo),” artinya “Samgyeopsal (daging panggang khas Korea) itu enak.”

Siap Studi di Korea, Mulai dari Belajar Bahasanya

Syarat penting dalam persiapan studi di Korea Selatan adalah menguasai bahasanya. Persiapkan dirimu dengan matang, mulai dari mengkuti Kursus Bahasa Korea Lister.

Selain itu, kamu juga bisa mengikuti Instagram Lister untuk informasi belajar bahasa asing lainnya dan promo terbaru.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Need Help?