Cara Belajar Bahasa Korea untuk Pemula, Step by Step Lengkap!

cara belajar bahasa korea untuk pemula

Pelatihan Bahasa Korea untuk Karyawan – Dalam mempelajari bahasa, ada urutan pembelajaran yang bisa diikuti.

Termasuk mempelajari bahasa Korea, bisa mulai dari belajar huruf hangeul sampai dengan banyak mendengar percakapan bahasa Korea agar lebih fasih. 

Untuk kamu yang ingin mempelajari bahasa Korea, berikut Lister rangkum cara belajar bahasa Korea untuk pemula. 

Cara belajar bahasa Korea untuk pemula, langkah demi langkah! 

Belajar bahasa Korea akan lebih mudah jika dilakukan secara urut dari level ke level. Pembelajaran yang acak justru akan menyulitkan dan hasilnya tidak akan maksimal.

Untuk kamu yang ingin belajar secara otodidak, berikut langkahnya. 

1. Mempelajari huruf Korea (hangul) 

Satu langkah dasar untuk mempelajari bahasa adalah dengan mempelajari hurufnya. Cara belajar bahasa Korea untuk pemula, baiknya mempelajari huruf alfabet Korea yaitu Hangul terlebih dahulu. 

Belajar hangul korea untuk pemula menjadi dasar belajar karena dari sini seseorang bisa membaca dan menulis bahasa Korea. 

Jika sudah bisa membaca, tentu saja akan mudah untuk memahami setiap kosakata baru dan merangkai kalimat menjadi lebih mudah. 

Kamu bisa mempelajari huruf Hangul di melalui sumber buku cetak maupun online dan juga belajar dari berbagai video pembelajaran. 

Artikel terkait : Kenapa Belajar Hangul Korea Penting? Ini Alasannya 

2. Mulai menghafal kosakata bahasa Korea 

Selanjutnya cara belajar bahasa Korea untuk pemula adalah mulai menghafal kosakata untuk berbagai topik. 

Misalnya kosakata untuk situasi dasar seperti sapaan, berkenalan dengan orang baru, menanyakan kabar, belanja sampai dengan tingkat yang lebih tinggi. 

Semakin banyak kosakata bahasa Korea yang dihafal maka perbendaharaan kata akan lebih banyak. Hasilnya jika ingin membuat kalimat jadi lebih mudah. 

Kamu bisa mempelajari berbagai kosakata bahasa Korea untuk berbagai kondisi dari buku bahasa korea untuk pemula atau sumber online. 

Perlu dipahami bahwa mempelajari kosakata bahasa Korea bisa terus dilakukan dari waktu ke waktu. Tidak hanya terikat di waktu tertentu saja. 

Lister juga memiliki beberapa artikel tentang kosakata bahasa Korea lho! Berikut diantaranya 

3. Mempelajari struktur dasar penulisan bahasa Korea

Langkah belajar bahasa korea untuk pemula yang selanjutnya adalah mempelajari struktur penulisan bahasa Korea. 

Mempelajari struktur kalimat membantumu berbicara bahasa Korea secara benar dan tepat. Jika hanya mengucapkan kosakata tanpa merangkainya dengan benar maka kalimat bisa jadi acak-acakan. 

Dan orang lain mungkin akan kesulitan memahami kalimat yang kamu ucapkan. Apalagi untuk keperluan profesional, berbicara dengan benar adalah keharusan. 

Umumnya struktur kalimat bahasa Korea adalah S+O+V (Subject + Object + Verb). Namun struktur nya tidak hanya itu saja, melainkan masih banyak detail yang perlu dipahami.

artikel terkait : Ketahui Materi Tata Bahasa Korea Terlengkap untuk Pemula

4. Belajar menulis bahasa Korea 

Setelah memahami huruf hangul, kosakata dan struktur kalimat bahasa Korea, belajar bahasa Korea pemula bisa dilakukan dengan belajar menulis bahasa Korea. 

cara belajar bahasa korea untuk pemula
Cara belajar bahasa Korea untuk pemula | Sumber gambar : DarkEvil

Menulis bahasa Korea secara dasar tentunya sudah dilakukan saat belajar huruf hangeul, namun untuk merangkai menjadi kosakata yang tepat kamu perlu mengikuti aturan menulis bahasa Korea yang benar. 

Menulis dari kiri ke kanan, menulis secara tegak dan juga penggunaan partikel tambahan  yang benar dan lainnya. 

5. Latih kemampuan berbicara dan mendengarkan dalam bahasa Korea 

Berlatih mendengarkan dan berbicara dalam bahasa Korea juga sangat diperlukan sebagai salah satu cara belajar bahasa Korea untuk pemula.

Ada baiknya memang latihan ini dilakukan secara dua arah. Misalnya memiliki mentor native speaker, bergabung dalam komunitas bahasa Korea dan lainnya. 

Namun berlatih secara mandiri juga bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan, misalnya mendengarkan musik bahasa Korea, menonton film dan berita-berita bahasa Korea. 

Untuk mendorong kemampuan berbicara bahasa Korea bisa dilatih dengan monolog bahasa Korea, menggunakan aplikasi penutur suara dan lain sebagainya. 

6. Manfaatkan platform belajar bahasa Korea gratis 

Ada banyak platform belajar bahasa korea selatan untuk pemula seperti Duolingo, website howtostudykorean.com, Memrise, BBC Languages dan lainnya. 

Dengan memanfaatkan platform-platform belajar gratis tersebut, kamu bisa belajar dengan baik bahasa Korea secara gratis. 

cara belajar bahasa korea untuk pemula
ilustrasi cara belajar bahasa Korea untuk pemula | Sumber gambar : Freepict

Manfaatkan juga channel Youtube belajar korea pemula jika kamu menyukai tipe belajar visual.

Sekarang ini sudah ada banyak creator Youtube yang membahas tentang belajar bahasa korea pemula bahkan sampai advance. 

Di atas adalah langkah cara belajar bahasa Korea untuk pemula, namun langkah-langkah ini tidak hanya dilakukan dalam satu periode selesai. Namun perlu terus dipelajari dan dikembangkan secara berkala. 

Belajar bahasa Korea untuk pemula with Lister, Ada tutor native!

Ingin belajar bahasa Korea lebih terarah dengan kurikulum belajar yang sudah teruji? kamu bisa belajar bahasa Korea bareng Lister.

Cara belajar bahasa Korea untuk pemula yang menyenangkan dan juga efektif. Bahkan ada tutor native juga lho yang siap membantu kamu belajar dengan maksimal.

Belajar bahasa Korea di Lister terbuka untuk kamu yang masih pemula, jika ada goals yang ingin dicapai, Lister bisa membantu kamu mendapatkan goals tersebut dengan baik.

Konsultasikan kebutuhan belajar bahasa Korea kamu bersama Lister dengan menghubungi Lister melalui Whatsapp.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan berpengalaman. Cari tahu kisah dan pengalaman mereka di Tutor Lister atau Cerita Tutor.

Sumber gambar sampul : Freepict

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.