Belajar Hangul Korea: Sejarah, Cara Menulis & Manfaat

Belajar Hangul Korea

Les Bahasa Korea – Di era persaingan global yang terjadi saat ini, memiliki keahlian berbahasa asing pasti akan memberikan banyak manfaat.

Jika kamu tertarik belajar bahasa asing seperti bahasa Korea misalnya, kamu harus mulai belajar Hangul Korea. Namun, sebelum penjelasan lebih lanjut, pelajari sejarah huruf Hangul Korea berikut ini.

Belajar Hangul Korea, Sejarah Terciptanya

belajar hangul korea
Belajar Hangul Korea | Sumber gambar : Freepict

Hangeul diciptakan oleh Raja Sejong yang Agung yang bertujuan untuk meningkatkan tingkat literasi masyarakat Korea. Selanjutnya, pada tahun 1446, Hangeul ditampilkan dalam bentuk terpublikasi beserta pedoman penjelasan rinci.

Huruf Hangul awalnya menjadi pengganti dari huruf Hanja yaitu huruf Tionghoa pada saat itu. Dimana huruf Hanja cukup sulit untuk dipelajari dan juga hanya digunakan untuk kalangan bangsawan atau sarjanawan.

Sejong menamakan alfabet tersebut Hunminjeongeum yang memiliki arti Suara yang tepat untuk diajarkan kepada rakyat.

Alfabet ini sekarang dinamakan Hangeul yang bermakna Alfabet Han atau Alfabet Agung.

Meskipun dianjurkan oleh raja, tidak banyak sarjana Joseon yang mau menulis dengan Hangeul. Para sarjana menganggap bahwa Hangeul adalah alfabet untuk wanita (eon-mun) karena sangat mudah untuk dipelajari.

Sarjana dan bangsawan yang kebanyakan kaum pria masih menggunakan hanja. Sastrawan wanita yang dikenal akan karya-karya dalam Hangeul antara lain Shin Saimdang (1504-51), Heo Nanseolheon (1563-89) dan Myeongseong (1851-95).

Artikel terkait : Mengenal Huruf Hanja Korea, Kenapa Penting?

Belajar Huruf Hangeul Korea

Jika belajar menulis dan membaca Korea maka kamu akan belajar 40 Huruf Hangul yang terdiri dari hangeul vokal dan hangeul konsonan.

Belajar Hangeul mungkin akan lebih mudah karena hurufnya lebih sederhana. Memangnya, huruf Hangeul itu seperti apa sih? Nah, ayo coba pelajari dulu!

1. Huruf Hangeul: Vokal

Jika huruf vokal Hangeul berdiri sendiri tanpa huruf konsonan, maka harus ada huruf ㅇ yang mendampinginya.

Contoh:
우 :  (u)

Huruf HangeulRomanisasi
A
Ya
Eo
Yeo
O
Yo
U
Yu
Eu
I
Ae
Yae
E
Ye
Wa
Wae
Oe
We
Wo
Wi
Ui/Yi
Belajar hangeul dan cara membacanya

2. Huruf Hangeul: Konsonan

Huruf vokal nggak bisa berdiri sendiri tanpa huruf konsonan. Seperti apa bentuk huruf konsonan untuk Hangeul?

Huruf HangeulRomanisasi
G/K
N
D
R/L
M
B/P
S
-Ng
J/C
Kh
T
P
Ch
H
Belajar Hangul Korea | Konsonan

3. Huruf Hangeul: Konsonan Double

Huruf konsonan double Hangeul biasanya digunakan untuk menunjukkan kalimat dengan penekanan.

Contoh: 빨리 (Ppal-li) = Cepat.

Huruf HangeulRomanisasi
Kk
Dd/Tt
Bb/Pp
Ss
Jj
Belajar menulis hangeul | Belajar Hangul Korea

4. Huruf Hangeul: Batchim

Batchim (밭침) atau sounds of the final consonant merupakan bunyi konsonan akhir yang ada pada suatu kata yang akan mempengaruhi pelafalan kata tersebut.

Contoh:

Huruf BatchimContoh KataArtiPenjelasan
ㅂ (B)어렵다 (Eo-ryeob-da)Susah어렵다 berubah menjadi 어려워요 (Eo-ryeo-wo-yo). ㅂ hilang diganti dengan 워 (Wo).
ㄷ (D)듣다 (Deud-da)Mendengar듣다 berubah menjadi 들어요 ( Deur-eo-yo) karena ㄷ hilang dan diganti dengan ㄹ.
ㄹ (R)만들다 (Man-deul-da)Membuat만들다 berubah menjadi 만듭니다 (Man-deub-ni-da). Batchim ㄹ akan hilang jika bertemu dengan huruf ㄴ, ㅂ, ㅅ, dan 으.
Belajar Hangul Korea

Belajar menulis hangeul: aturan penulisan Hangul

Setelah mengerti belajar Hangul Korea, sejarahnya dan macam-macam huruf Hangul, kamu bisa belajar apa sih filosofi Hangul untuk mengenal lebih lanjut.

Tulisan Hangul diciptakan dari gabungan garis-garis yang mengandung arti filosofis menggabungkan komponen langit, bumi dan manusia. 

Penulisan huruf hangul memiliki aturannya tersendiri, diantarannya seperti ini:

  • penulisan huruf dimulai dari sebelah kiri
  • huruf ditulis horizontal ke arah samping, walaupun dulunya bangsa Korea menulis dengan aturan vertikal ke bawah.
Hangeul-Korean-alphabet-vowels-table
Belajar menulis Hangeul

Kenapa Belajar Hangul Korea Penting?

Tahukah kamu bahasa Korea adalah bahasa ke-17 yang paling banyak digunakan di dunia dengan estimasi sekitar 80 Juta penutur asli.

Lalu, kenapa belajar Hangeul itu penting? Ketika kamu bisa mahir bahasa Korea ada banyak peluang bagus yang siap menghampiri kamu, seperti :

1. Peluang Beasiswa Pendidikan

Korea Selatan memiliki beberapa universitas hebat yang memiliki kekhususan studi tentang teknologi, beberapa di antaranya adalah Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) dan Pohang University of Science and Technology (POSTECH). 

Salah satu syarat mutlak untuk berkuliah di kampus-kampus tersebut adalah kemampuan berbahasa Korea yang tentunya akan sangat berpengaruh pada kehidupan perkuliahan di sana nantinya.

Kita sudah melihat bagaimana negara ini mampu melahirkan merek-merek besar dengan teknologi yang diakui dunia.

belajar hangul korea
Belajar Hangul Korea | Sumber gambar : Racool Studio Freepict

2. Membantu Mendapatkan Peluang Bisnis

Sejak lebih dari 5 tahun, tren perawatan kulit (skincare) dari Korea yang populer dengan istilah K-beauty, telah mendapat perhatian dari seluruh dunia.

Teknologi dan inovasi pembuatan produk yang banyak menggunakan bahan-bahan alami ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang beralih ke produk K-beauty.

Jika kamu tertarik dengan industri ini, belajar Bahasa Korea dapat membantu usaha kamu untuk menjalin kerja sama dengan banyak produsen skincare dari Korea.

Hubungan kamu tentunya akan terjalin dengan lebih baik jika kamu dapat berkomunikasi dengan bahasa yang para produsen ini gunakan.

3. Peluang Karir

Apakah tujuan kamu belajar bahasa Korea adalah mendapatkan peluang karir yang bagus dan luas?

Menurut Badan Koordinasi Penanaman Modal, Korea Selatan adalah negara ketiga terbesar yang berinvestasi di Indonesia setelah Singapura dan Jepang.

Perusahaan-perusahaan besar seperti Samsung, LG, dan Pacific Place Indonesia telah menghasilkan investasi sebesar triliunan dolar AS, dan saat ini ada 2200 perusahaan Korea yang beroperasi di Indonesia.

Menguasai Bahasa Korea tentunya akan meningkatkan kesempatan kamu untuk memiliki karir yang baik di perusahaan-perusahaan Korea tersebut.

Belajar Hangeul dan bahasa Korea lengkap bersama Lister!

Belajar bahasa Korea lengkap dengan belajar Hangeul memerlukan mentor yang tepat, yang bisa membantu kamu belajar lebih terarah.

Kamu bisa belajar Hangul Korea bersama Lister. Tidak hanya bahasa Korea untuk percakapan sehari-hari namun juga cara belajar Hangeul dengan lengkap.

Cek informasi tentang Les Bahasa Korea di Lister melalui Whatsapp. Silahkan konsultasi untuk dapatkan informasi tentang harga layanan, promo sampai dengan tutor yang tersedia.

Jangan lupa juga ikuti Lister di Instagram untuk dapatkan informasi menarik tentang Lister maupun informasi terbaru lainnya!

Sumber gambar sampul : Freepict

Share:

Fatimatuzuhroh
Fatimatuzuhroh
A passionate writer who loves reading self-help books!

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

Kelas Bahasa Inggris di Solo, Bebas Atur Jadwal

Belajar bahasa Inggris online untuk anak 3-6 tahun dan remaja 10-14 tahun, bisa diikuti. Lembaga kelas bahasa Inggris di Solo, Lister bisa kamu jadikan pilihan utama dalam mengembangkan bahasa si buah hati.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.