Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Mengenal Huruf Hanja Korea, Kenapa Penting?

huruf hanja

Kursus Bahasa Korea – Bicara tentang huruf dalam bahasa Korea, kamu pasti tidak asing dengan Hangeul. Namun, selain hangeul, ada juga aksara Korea yang bernama hanja.

Apa itu hanja? Bagaimana cara penggunaannya? Berikut ini rangkuman tentang huruf hanja yang perlu kamu ketahui saat belajar bahasa Korea.

Huruf Hanja

Kata hanja berasal dari kata hàn zì dalam bahasa Mandarin, artinya “aksara Tiongkok”. Oleh karena itu, hanja adalah aksara Tiongkok yang digunakan orang Korea untuk menulis bahasa Korea.

Baca juga: Website Belajar Bahasa Korea Terpercaya

Dulu, hanja merupakan satu-satunya penulisan dalam bahasa Korea sebelum adanya hangeul. Huruf ini sebenarnya hanya untuk orang Tiongkok, sehingga hanya sedikit orang Korea yang benar-benar bisa membaca dan menulis.

Oleh karena itu, pada masa Raja Sejong, ia memerintahkan rakyatnya untuk mengembangkan sistem penulisan khusus untuk Korea. Akhirnya muncul hangeul yang menggantikan huruf hanja. Meskipun begitu, pengaruh hanja tidak pernah hilang dari bahasa Korea sehingga sampai saat ini masih digunakan di Korea.

Ada ujian yang diambil untuk mengukur tingkat kemahiran seseorang dalam hanja. Dalam ujian, hanja dibagi menjadi beberapa level. Paling dasar adalah 8 급 (level 8) dan yang paling sulit adalah 1 급 (level 1).

huruf hanja bahasa Korea

Kenapa Harus Belajar Hanja?

Bahasa Korea penuh dengan homonim dan kosakata yang sulit dijelaskan. Namun jika kamu memahami aksara Tiongkok dan makna yang mendasarinya, kosakata bahasa Korea yang sulit itu menjadi jauh lebih mudah untuk dipahami.

Meskipun begitu, mempelajari huruf hanja bukanlah suatu keharusan apalagi jika kamu seorang pemula yang baru mempelajari bahasa Korea. Bagi pemula, yang terpenting adalah fokus untuk mempelajari hangeul, huruf asli Korea.

Apakah huruf hanja masih digunakan?

Jawabannya tidak. Huruf hangeul adalah huruf asli Korea sehingga ini yang digunakan. Huruf hanja sudah tidak digunakan karena orang Korea sudah memakai huruf Hangeul.

Apa perbedaan huruf hangeul, kanji, dan hanja?

Perbedaannya adalah huruf hanja memiliki komposisi karakter yang jauh lebih kompleks daripada yang biasa digunakan, terdiri atas lebih dari 5000 karakter Mandarin dan 2000 karakter Jepang. Berbeda dengan huruf kanji dalam bahasa Jepang yang telah mengubah dan menyederhanakan banyak karakter (aksara), hanja hampir tidak mempunyai perbedaan dari huruf hanzi tradisional. Ada sedikit aksara hanja standar yang merupakan jenis hanzi yang juga ditemukan dalam kanji standar.

Penggunaan Hanja di Nama Orang

Nama KoreaHangulHanjaPengucapan Mandarin (pinyin)
Kim, gimjīn
Park, bakpiáo
Kang, kang/jiāng, gāng, kāng, qiáng
Lee, I
Yoo, yunlíu
Jungzhèng

Contoh Penggunaan Hanja

Huruf hanja biasa digunakan untuk menulis berita orang atau tanggal. Namun, ada juga yang mengggunakan huruf hanja untuk menulis brand (bagian logo/kemasan).

Contoh, mie Shin Ramyun, mie instan paling populer di Korea, memiliki huruf 辛 di bagian depannya. Dalam bahasa Mandarin, huruf ini diucapkan xīn.

makanan berbahasa Korea

Itulah informasi tentang huruf hanja bahasa Korea yang perlu kamu pahami mulai saat ini. Sebenarnya jika kamu mulai belajar bahasa Korea, maka huruf hangeul adalah yang dipelajari. Namun, tidak ada salahnya mempelajari aksara Tiongkok ini yang akan menambah pengetahuan kamu.