Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Bahasa Asing Perlu Dipelajari Para Pelaku Startup, Ini Pentingnya

Pelatihan bahasa asing untuk startup

Lister for company – Ludwig Wittgenstein, seorang filosof Inggris-Austria pernah berkata, The limit of my language means the limit of my world.

Ungkapan yang sangat populer di kalangan pemerhati bahasa tersebut secara implisit mengatakan bahwa dunia kita akan terasa sangat sempit, jika kita tidak menguasai bahasa.

pelatihan bahasa asing untuk startup

Kenapa Perlu Pelatihan Bahasa Asing Untuk Startup?

Bahasa juga berkaitan dengan ekonomi dan dunia kerja. Perkembangan ekonomi dunia saat ini mengarah kepada regionalisasi ekonomi. Negara-negara di kawasan tertentu membuat kesepakatan pembangunan ekonomi dengan menipiskan batas antar negara. Hal ini ditandai antara lain dengan kesepakatan negara-negara Eropa untuk memberlakukan kawasan perdagangan bebas Eropa (1993) dan mata uang tunggal (2002).  Tidak mau ketinggalan, negara-negara di kawasan Asia Tenggara juga memiliki komitmen yang sama dengan melahirkan AEC (ASEAN Economic Community) atau MEA (Masyarakat Ekonomi Asia Tenggara).

MEA, kedatangannya selain membawa keuntungan juga ancaman bagi masyarakat Indonesia khususnya. MEA juga dapat menjadi ancaman, ketika masyarakat Indonesia tidak mampu memanfaatkan berbagai peluang sebagaimana disebutkan di atas. Sebaliknya, para pekerja dan pengusaha ASEAN-lah yang justru hadir di Indonesia dan mengembangkan karir atau bisnis mereka di tanah air. Jika ini terjadi, alih-alih mendapat keuntungan, MEA justru memberikan kerugian bagi masyarakat Indonesia.

Mencermati dua fenomena di atas: perkembangan ilmu pengetahuan dan dinamika ekonomi dunia; Indonesia dituntut untuk meningkatkan kemampuan sumberdaya manusianya. Salah satu unsur penting dalam pengembangan SDM tersebut adalah penguasaan bahasa asing. Penguasaan bahasa asing, terutama Inggris adalah hal mutlak yang harus dimiliki oleh mahasiswa, baik sebagai ilmuwan muda maupun sebagai calon pelaku bisnis atau professional.

Tujuan Pelatihan Bahasa Asing Untuk Startup

Beberapa tujuan pelatihan bahasa asing untuk startup adalah:

  • Membantu meningkatkan kemampuan para pelaku startup untuk melakukan pitching kepada investor dalam berbagai bahasa asing. Hal ini karena setelah berbulan-bulan atau bertahun-tahun bekerja keras mengembangkan produk atau layanan, kemudian perlu menyuntikkan uang tunai ke dalam bisnis melalui investor. Seringkali, sebagai bagian dari proses ini, para pelaku startup harus mempresentasikan ide bisnisnya. Jenis presentasi ini, di mana mereka mempresentasikan ide bisnis yang dimiliki dengan tujuan mengamankan penjualan atau investasi, lalu dikenal dengan promosi bisnis atau a business pitch.

Manfaat Pelatihan Bahasa Asing Untuk Startup

Jika pelatihan bahasa asing diberikan kepada para pelaku Startup, maka akan ada banyak manfaat positif yang diperoleh diantaranya adalah:

Siap menjadi pelaku startup yang sukses

Sebagai pebisnis yang ingin merintis sebuah usaha, tentunya kita harus membekali diri kita dengan skill  komunikasi. Dengan menguasai bahasa Inggris, kita akan lebih mudah untuk berkomunikasi dengan siapapun.

Jika kita menguasai bahasa Inggris, tentunya kita akan memahami ide-ide kreatif dengan mudah karena di internet banyak ide-ide kreatif yang ditulis menggunakan bahasa Inggris.

Relasi bisnis semakin luas

aat kita menjalankan sebuah bisnis, tentunya kita memerlukan relasi bisnis untuk mengembangkan bisnis kita. Dengan menguasai bahasa Inggris, kita dapat berkomunikasi dengan relasi bisnis yang berasal dari luar negeri.

Misalnya kita memerlukan masukan yang berkaitan dengan bisnis kita atau menjalin kerja sama. Dengan begitu, kita akan mendapatkan manfaat untuk kemajuan bisnis.

Salah satu cara mengembangkan bisnis

Selain membantu kita untuk menemukan ide kreatif, bahasa Inggris juga akan membantu kamu untuk mengembangkan usaha.

Pebisnis pastinya ingin memiliki bisnis yang berkembang. Maka diperlukan promosi lebih lanjut untuk memperkenalkan bisnis kita di pasar Internasional. Dengan menguasai bahasa Inggris, kita bisa mempromosikan bisnis kita tanpa harus kebingungan.

Selain itu, saat melakukan kerja sama dengan pebisnis di luar negeri kita tidak akan bingung saat berbicara dengan pebisnis dari luar negeri.