Makin Proaktif, ini Manfaat Pelatihan Bahasa Asing untuk Polisi

pelatihan bahasa asing untuk polisi

Ingin memiliki prospek karier yang lebih baik? Kamu wajib membekali diri dengan berbagai kemampuan, salah satunya adalah bahasa asing. Kamu bisa mengikuti kursus bahasa asing di Lister for Company.

Kemampuan bahasa asing juga penting bagi kamu yang berprofesi sebagai abdi negara. Dengan kemampuan tersebut, kamu akan bisa melayani masyarakat lebih baik.

Temukan sederet manfaat lainnya dalam ulasan berikut ini.

Apa itu Pelatihan Bahasa Asing untuk Polisi?

Pelatihan bahasa asing ini ditujukan untuk mereka yang mengabdi di kepolisian. Berbagai jajaran dan jabatan dalam kepolisian dapat mengikuti pelatihan ini.

Diketahui sejumlah kesatuan kepolisian di berbagai daerah mulai mengadakan pelatihan bahasa asing untuk anggotanya. Rupanya sudah banyak yang beranggapan pelatihan semacam ini penting diselenggarakan.

Apa pentingnya mengadakan pelatihan bahasa asing bagi anggota kepolisian? Simak penjelasannya.

Mengapa Pelatihan Bahasa Asing untuk Polisi Penting?

Kepolisian adalah lembaga yang memiliki tugas utama melayani masyarakat. Tak terkecuali warga negara asing yang sedang berada di wilayah Indonesia.

Agar dapat melayani mereka, polisi membutuhkan kemampuan berbahasa asing. Terlebih anggota polisi yang bertugas di kawasan pariwisata atau wilayah di mana banyak orang asing tinggal.

Diketahui selama ini kemampuan berbahasa asing tidak menjadi syarat utama dalam pendaftaran polisi. Namun pada praktik lapangan, ternyata kemampuan tersebut dibutuhkan agar bisa melayani masyarakat secara lebih luas.

Agar lebih efektif, pelatihan dapat diselenggarakan dalam lingkup kecil. Misalnya lingkup polres suatu daerah.

Dengan begitu, materi yang disampaikan akan kontekstual sesuai dengan kondisi lapangan di polres tempat anggota polisi bertugas.

Pelatihan dapat diadakan beberapa kali seminggu. Tujuannya agar tidak mengganggu tugas utama polisi untuk melayani masyarakat.

Manfaat Pelatihan Bahasa Asing untuk Polisi

Apa saja manfaat yang akan dirasakan anggota polisi setelah mengikuti pelatihan bahasa asing? Simak penjelasannya.

Menguasai kosakata sesuai bidang pekerjaannya

Materi pelatihan yang disampaikan tentu lebih banyak berkaitan dengan bidang pekerjaan seorang polisi. Misalnya kosakata yang dibutuhkan untuk menjelaskan penanganan hukum kepada masyarakat.

Aktif berbicara

Setelah mengikuti pelatihan, peserta diharapkan mampu mempraktikkan bahasa yang sudah dipelajarinya. Salah satunya adalah berbicara secara aktif.

Melayani masyarakat lebih baik

Dengan penguasaan kosakata, tata bahasa, dan keterampilan berbahasa yang baik, diharapkan anggota polisi dapat melayani masyarakat dari berbagai latar belakang secara lebih baik.

Share:

Brigitta Winasis
Brigitta Winasis
A lifetime learner, a magical world wanderer through books and stories. Writing for professional purposes and personal interests.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts