Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Jadi Lebih Maju Lewat Pelatihan Bahasa Asing untuk LSM/NGO

pelatihan bahasa asing untuk lsm/ngo

Kesempatan karier yang lebih baik harus dibangun lewat kemauan untuk mengembangkan diri. Salah satunya adalah dengan mempelajari bahasa asing. Kamu bisa mengikuti kursus bahasa asing di Lister for Company.

Apakah kamu tertarik bekerja di lembaga swadaya masyarakat (LSM) alias non-governmental organization (NGO)? Pekerjaan di organisasi tersebut memiliki masa depan yang cukup menjanjikan.

Namun untuk mempunyai karier yang cemerlang, kamu perlu memiliki kemampuan bahasa asing yang mumpuni. Mengapa demikian? Ada sejumlah alasan.

Apa itu Pelatihan Bahasa Asing untuk LSM/NGO?

Pelatihan bahasa asing ini ditujukan untuk mereka yang bekerja di LSM/NGO. Mulai dari dewan direksi, direktur, manajer, koordinator, sampai pekerja lapangan dapat mengikuti pelatihan ini.

LSM/NGO sendiri adalah organisasi nonprofit yang bekerja secara independen dari pemerintah. Umumnya memiliki tujuan utama mengangkat isu sosial atau politik tertentu.

LSM/NGO mendapatkan biaya operasionalnya bisa dari donasi pribadi, organisasi internasional, pemerintah, atau gabungan di antara sumber-sumber tersebut.

Lingkup pekerjaan LSM/NGO bisa berada di wilayah lokal, nasional, bahkan internasional. Kemampuan berbahasa asing menjadi krusial agar dapat menjalankan tugas di LSM/NGO dengan maksimal.

Mengapa Pelatihan Bahasa Asing untuk LSM/NGO Penting?

Seperti disinggung sebelumnya, banyak LSM/NGO yang beroperasi pada tingkat multinasional bahkan internasional. Di sini kemampuan berbahasa asing menjadi penting.

Kemampuan berbahasa asing tersebut diperlukan untuk menjalin kerja sama dengan pihak lain. Kemampuan komunikasi yang baik akan membantu melancarkan kerja LSM/NGO.

Saat kemitraan, kolaborasi, kerja sama, atau koordinasi gagal, masalah akan muncul dan tujuan tidak dapat dicapai.

Apa saja penyebabnya? Bisa jadi pemilihan waktu yang tidak tepat, situasi yang tidak diduga, dan ketidakselarasan.

Maka dari itu, dibutuhkan suatu kemampuan komunikasi yang baik. Kemampuan komunikasi tersebut dibangun dari keterampilan berbahasa yang baik. 

Di sini pelatihan bahasa asing berperan besar. Maka dari itu, pelatihan bahasa asing penting bagi LSM/NGO.

Manfaat Pelatihan Bahasa Asing untuk LSM/NGO

Manfaat apa saja yang dirasakan pekerja LSM/NGO setelah mengikuti pelatihan bahasa asing? Simak penjelasannya.

Membangun strategi program dan mengembangkan kapasitas

Organisasi yang memiliki tujuan sosial bergantung pada strategi yang solid dan perencanaan untuk memastikan stabilitas di masa-masa sulit.

Para donor, penyandang dana, pemberi hibah, dan penyokong berharap LSM/NGO digerakkan dengan memanfaatkan sumber daya penting dengan cara yang efektif dan efisien.

Dengan kemampuan bahasa yang baik, LSM/NGO dapat merumuskan masalah secara menyeluruh dan membangun strategi yang selaras dengan tujuan organisasi.

Menggalang dana dan merencanakan pembangunan

LSM/NGO membutuhkan kekuatan sumber daya manusia (SDM), modal sosial, dan sumber daya keuangan untuk melakukan perubahan sosial. Organisasi juga harus menetapkan prioritas, seringkali di antara waktu dan tenaga yang terbatas.

Salah satu yang bisa dilakukan untuk membantu adalah dengan menggalang dana. Untuk melakukannya, diperlukan kemampuan menulis yang baik untuk membuat proposal penggalangan dana.

Di antaranya kemampuan memilih kata-kata yang persuasif, menggarisbawahi poin utama, menggunakan tata bahasa yang baik, dan memikat emosi.

Memahami konteks kultural

Setiap organisasi memiliki kombinasi unik dari misi, visi, dan tujuan. Mengkomunikasikan apa yang membuat organisasi istimewa dengan cara yang jelas, efektif, dan ringkas sangat penting untuk mendapatkan dan mempertahankan dukungan.

Pelatihan bahasa asing diperlukan untuk memahami konteks kultural, gestur nonverbal, dan tips lainnya untuk meningkatkan kepercayaan diri menggunakan bahasa asing.