Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Cita-Cita Pelaut? Ikut Pelatihan Bahasa Asing untuk Maritim Aja!

pelatihan bahasa asing untuk maritim

Ingin mempunyai karier yang cemerlang di dunia internasional? Kamu wajib membekali diri dengan kemampuan berbahasa asing. Kamu bisa mengikuti kursus bahasa asing di Lister for Company.

Melihat gajinya yang menggiurkan, pekerjaan di bidang kelautan banyak dilirik. Agar dapat bersaing di bidang ini, tentu kamu harus memiliki pengetahuan bahasa asing yang baik.

Caranya adalah dengan mengikuti pelatihan bahasa asing untuk maritim. Mengapa pelatihan ini penting? Simak penjelasannya.

Apa itu Pelatihan Bahasa Asing untuk Maritim?

Pelatihan bahasa asing ini ditujukan untuk mereka yang bekerja di bidang kemaritiman. Contohnya nelayan, petambak, industri minyak lepas pantai, industri pariwisata laut, anak buah kapal, hingga peneliti lautan lepas.

Pekerjaan di bidang maritim biasanya tidak hanya berkaitan dengan iklim industri dalam negeri, tetapi juga dengan perekonomian negara lain.

Agar dapat bersaing di dunia maritim internasional, diperlukan sumber daya manusia (SDM) unggul yang mampu berbahasa asing yang baik.

Mengapa Pelatihan Bahasa Asing untuk Maritim Penting?

Ada beberapa alasan pelatihan bahasa asing wajib dijalani mereka yang terjun di bidang kelautan.

Industri kelautan melintasi batas negara dan wilayah. Misalnya dalam satu kapal ada banyak orang dari berbagai macam kewarganegaraan.

Maka dari itu, diperlukan suatu standar untuk menjembatani komunikasi.

Mungkin secara ilmu kelautan kamu sudah mumpuni. Namun karena pengetahuan bahasa asing tidak mencukupi, kamu kurang dilirik industri kelautan.

Bayangkan jika kamu sudah memiliki ilmu kelautan dan kemampuan bahasa asing. Kamu akan memiliki nilai lebih.

Manfaat Pelatihan Bahasa Asing untuk Maritim

Apa saja manfaat yang akan dirasakan pekerja di bidang maritim setelah mengikuti pelatihan bahasa asing? Berikut penjelasannya.

Menghindari kecelakaan laut akibat komunikasi yang buruk

Mayoritas kecelakaan laut terjadi akibat komunikasi yang buruk. Jika pelaut atau pekerja di bidang maritim lainnya tidak dapat menggunakan bahasa asing standar, kemungkinan besar terjadi miskomunikasi.

Maka dari itu, penting menggunakan bahasa standar saat menjalankan operasional.

Mempersiapkan diri terhadap keadaan darurat

Keadaan darurat bisa terjadi akibat apa saja dan kapan saja. Dalam situasi darurat, pelaut dan pekerja di bidang maritim harus bisa menanggapi dengan sesuai.

Jika mereka tidak mahir menggunakan bahasa maritim standar, maka tidak akan dapat merespons keadaan darurat secara efektif. Akibat terburuknya adalah terjadi kecelakaan bahkan tragedi.

Mampu bersaing

Penguasaan bahasa maritim internasional secara fasih diperlukan agar dapat bersaing. Pasalnya memiliki ilmu kelautan saja tidak cukup. Namun diperlukan kemampuan berbahasa agar semakin dilirik perusahaan maritim internasional.