Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Pelatihan Bahasa Asing Untuk Industri Minyak dan Gas, Begini Ulasannya

bahasa asing untuk industri minyak dan gas

Lister for company – Untuk pengembangan karier dan keamanan, keterampilan bahasa Inggris profesional saat ini masih menjadi persyaratan penting. Namun, untuk menyesuaikan keinginan belajar dengan jadwal pekerjaan yang padat masih terasa seperti tantangan bukan?

Sehingga dibutuhkan strategi untuk menguasai bahasa asing dengan mudah dan cepat.

Bahasa Inggris profesional sebagai salah satu bahasa asing yang mesti dipelajari para pekerja di berbagai bidang. Salah satunya adalah industri minyak dan gas.

Lister for profesional dirancang untuk para pekerja yang sibuk agar dapat belajar di mana dan kapan saja. Belajar tidak terbatas ruang dan waktu. Kamu bisa melakukannya di rumah, di tempat kerja, atau bahkan di tempat liburan sekalipun.

perlu pelatihan bahasa asing untuk industri minyak dan gas

Kenapa Perlu Pelatihan Bahasa Asing Untuk Industri Minyak dan Gas?

Sebagai pekerja di industri minyak dan gas, mereka dituntut untuk memiliki kemampuan bahasa yang baik tidak hanya bahasa Indonesia tetapi bahasa asing pula. Bahkan ketika calon pekerja hendak melamar kerja di perusahaan migas, berbagai persyaratan khusus diberikan salah satunya memiliki kemampuan bahasa tertentu, minimal bahasa Inggris.

Jika berbicara mengenai industri minyak dan gas, peluang karir yang ditawarkan sangat potensial dan menjanjikan. Mereka menghasilkan ratusan dan ribuan lapangan kerja di seluruh dunia. Hal ini adalah sektor kunci bagi mahasiswa yang telah belajar dan ingin mengejar karir di bidang sains, teknologi, teknik, dan matematika di masa depan.

Sebuah bidang pekerjaan yang benar-benar internasional, industri minyak dan gas telah hadir di keempat penjuru dunia – dan untuk sukses dalam sektor ini, berbicara bahasa Inggris dengan jelas dan ringkas merupakan modal yang sangat besar. Seperti banyak profesi lainnya, industri minyak dan gas menggunakan banyak istilah dan kosakata tertentu.

Tujuan Pelatihan Bahasa Asing Untuk Industri Minyak dan Gas

Berhubungan dengan ulasan sebelumnya, Bahasa asing yang diajarkan kepada para pekerja di bidang industri minyak dan gas akan sangat membantu perkembangan karir mereka.

Ada banyak istilah asing dalam bidang minyak dan gas yang perlu dikuasai para pekerja migas, diantaranya seperti

APPRAISAL WELL

Appraisal well adalah jenis sumur yang dibor setelah minyak atau gas ditemukan sebagai bagian dari appraisal programme. Program ini digunakan untuk menetapkan batasan lapangan, kemungkinan tingkat produksinya, dan sifat minyak atau gas yang telah ditemukan.

Misalnya. Mereka menggunakan sumur appraisal (appraisal well) untuk mengetahui lebih lanjut tentang properti waduk (reservoir).

CHRISTMAS TREE

Christmas Tree adalah nama yang diberikan untuk perakitan elemen mekanis yang ditemukan di atas sumur minyak dan gas. Elemen-elemen mekanis itu digunakan untuk mengontrol aliran minyak atau gas. Dinamai Christmas Tree karena kemiripannya dengan pohon yang dihias saat perayaan Natal.

Misalnya. Produksi dapat dikontrol dengan membuka atau menutup katup pada Christmas Tree.

DRILL CUTTINGS

Drill cuttings adalah serpihan-serpihan batuan yang keluar dari sumur setelah dibor. Cairan yang disebut lumpur pengeboran digunakan untuk membawa serpihan-serpihan batuan ke permukaan, di mana serpihannya dapat dibuang dengan aman dan bersih. Serpihan tersebut lalu diperiksa untuk membuat catatan tentang material-material yang ditemukan di bawah permukaan tanah.

Misalnya. Membuang drill cuttings ke dasar laut bukanlah tindakan yang baik.

FRACTURING

Fracturing adalah sebuah proses di mana jutaan galon air, pasir, dan bahan kimia dipompa ke dalam deposit gas dan minyak bawah tanah. Tekanan tersebut meretakkan batuan di bawahnya, melepaskan minyak dan gas yang terperangkap sehingga dapat mengalir ke permukaan dan ditangkap. Proses kontroversial karena dampak lingkungannya.

Misalnya. Proses fracturing berarti kita dapat mengakses minyak dan gas ekstra dari dalam Bumi.

LIQUEFIED NATURAL GAS (LNG)

LNG adalah gas alam yang telah didinginkan hingga mencapai -162°C (-260°F), dan mengubahnya menjadi cairan. Mencairkan gas berarti mengurangi volumenya hingga 600 kali lipat agar penyimpanan dan pengirimannya lebih mudah dan aman. Karena banyak daerah tambangnya berada di lokasi terpencil di mana pembangunan jaringan pipanya sangat tidak praktis atau mahal, proses pendinginan gas tersebut sangat bermanfaat. Saat tiba di tujuan, gas cair itu diubah kembali menjadi gas di pabrik regasifikasi.

Misalnya: Kapal tanker LNG ditambatkan di pembangkit listrik termal.

PAYZONE

Payzone mengacu pada batuan reservoir yang mengandung minyak dan gas dalam jumlah yang dapat dieksploitasi.

Misalnya. Mereka menemukan batuan payzone di daerah bagian Timur.

RESERVOIR

Nama yang diberikan untuk formasi bawah tanah di mana minyak dan gas telah terakumulasi. Reservoir terdiri dari batuan berpori yang menahan minyak atau gas, bersama dengan batuan penutup yang mencegahnya keluar.

Misalnya. Ada sejumlah besar minyak yang ada di reservoir.

SPUD-IN

Proses memulai sebuah operasi pengeboran di sumur baru.

Misalnya. sudah hampir waktunya untuk spud-in di sumur Utara.

WILDCAT WELL

Wildcat well adalah jenis sumur yang dibor di tempat yang tidak ada catatan sejarah produksinya atau tak ada bukti keberadaan minyak atau gas. Wildcat well dilakukan untuk mencari sumber minyak atau gas baru.

Misalnya. mereka menyelesaikan pengeboran wildcat well.

WEST TEXAS INTERMEDIATE (WTI)

West texas intermediate adalah jenis minyak mentah yang biasa digunakan sebagai patokan dalam penentuan harga minyak. Juga dikenal sebagai Texas light sweet karena kepadatan dan kandungan sulfurnya yang rendah.

Misalnya. harga WTI mengalami kenaikan.

Manfaat Pelatihan Bahasa Asing Untuk Industri Minyak dan Gas

Beberapa manfaat positif akan diperoleh para pekerja di bidang migas apabila mengikuti pelatihan bahasa asing untuk mendukung karir mereka, diantaranya:

  • Menguasai bahasa asing adalah salah satu kualitas di mata rekruter
  • Kesempatan membuka karir yang lebih terbuka
  • Meningkatkan kinerja memori
  • Meningkatkan pengambilan keputusan
  • Kemampuan multitasking yang semakin terasah
  • Memberikan kesempatan untuk berkarir di luar negeri