Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Arti Kwangya, Istilah yang Muncul di Lagu NCT dan Aespa

arti-kwangya

Kursus Bahasa Korea – Ketika istilah KWANGYA pertama kali muncul, banyak orang bingung dan merasa asing. Namun semakin familiar karena banyak lagu dari grup SM Entertainment yang dirilis dan menggunakan konsep KWANGYA ini, yaitu dari SMCU (SM Culture Universe) mulai dari SuperM dan NCT 2020.

Dalam sub-unit NCT 2020, video musik NCT-U untuk 90s Love yang diluncurkan pada Oktober 2020, liriknya menyebut istilah KWANGYA dan KOSMOS, membuat para penggemar bertanya-tanya apa artinya.

Pengertian KWANGYA 

Kwangya dalam romanisasi Hangul adalah Gwang-ya, yaitu sebuah kata dalam bahasa Korea yang berarti “padang gurun”. Wilderness berarti alam liar, limbah, hutan atau gurun. Jadi, KWANGYA diartikan sebagai dunia tempat para avatar tinggal.

Misalnya dalam episode pertama Black Mamba, KWANGYA digambarkan sebagai tempat yang tak beraturan yang terletak di luar FLAT.  Lalu, NAVIS dapat membuka portal ke lokasi ini, sepertinya belum pernah mendengar tentang KWANGYA sebelumnya. Black Mamba pun mengganggu SYNK dari sana. 

Selanjutnya dalam lagu NCT Dream Hello Future (온 저 광야) terdapat lirik “di sesanggwa jeo gwangya wiro” diterjemahkan menjadi “Di seluruh dunia dan KWANGYA“.

Arti Aes

Dalam episode pertama seri SMCU, aes adalah alter-ego yang dibuat berdasarkan data yang diunggah manusia. Termasuk foto-foto di media sosial.

Namun, karena foto tersebut seringkali dapat diedit, aes dapat diartikan sisi diri yang lebih sempurna. Aes dapat dijelaskan sebagai cerminan diri.

Lirik 90s Love menyebut, “When you become stronger, come and find me“. Selanjutnya NingNing Aespa menyanyikan “My every action helps you grow” di Black Mamba.

Aes dapat tumbuh lebih kuat seiring semakin banyak data yang diunggah manusia dan semakin banyak manusia berinteraksi dengannya.

Baca juga: Biodata dan Fakta Seru EXO yang Perlu Kamu Tahu!

Arti Aespa

Lalu, bagaimana dengan aespa? Di SMCU, Aespa mewakili kebaikan dan manusia.

Aespa akan melakukan perjalanan ke KWANGYA untuk membantu menyelamatkan aes.

Penjahat, seperti yang tampak dalam semua video musik Aespa, adalah Black Mamba. The Black Mamba adalah sosok ular hitam besar. Ia memiliki kekuatan untuk mengalahkan teknologi dan aes.

Black Mamba saat ini berada di KWANGYA, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Meskipun aes adalah alter-ego manusia, mereka rentan untuk ditelan oleh Black Mamba.

Saat Winter menyanyikan, “I’m the aespa, there can’t be two”, ia menyinggung kemungkinan bahaya saat aes merebut posisi manusia.

Ini bisa terjadi ketika keserakahan menguasai aes. Keserakahan diibaratkan sebagai sifat yang dipengaruhi oleh Black Mamba. Jika Black Mamba menyusul aes, bisa membahayakan aespa.

Black Mamba dapat dengan mudah menang jika aes dan manusia menyerah pada godaan.

Baca juga: “Ottoke”, Istilah Populer Bahasa Korea di Drakor

Arti Naevis 

Naevis adalah gabungan dari navigasi dan ae. Naevis adalah ae yang dapat membantu membuka portal dan memimpin jalan. SYNK hanyalah istilah yang mengacu pada bagaimana dan kapan aes terhubung ke rekan manusia mereka.

Ketika SYNK OUT terjadi, aes tidak dapat datang ke dunia nyata.

Langkah Aespa selanjutnya adalah membuka P.O.S untuk menyimpan aes mereka. P.O.S bisa menjadi pintu masuk bagi mereka untuk memasuki KWANGYA.

Tujuan dari Black Mamba adalah untuk memisahkan aes dari rekan manusia mereka. Namun, ada kemungkinan aes akan mengalami black out di mana mereka disusul oleh Black Mamba.

Kursus Bahasa Korea, Cara Mudah Pahami Budaya Korea

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Korea  adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Korea di Lister. 

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan berpengalaman. Cari tahu kisah dan pengalaman mereka di sini.

Cari tahu pengalaman seru sesama student di Lister Group Community di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!