Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Intip Indahnya Pohang, Tempat Syuting Hometown Cha-Cha-Cha

Kursus Bahasa Korea – Keindahan Korea Selatan tak hanya pada kota besarnya, tetapi juga dapat ditemukan di pelosok dan kawasan pesisir. Salah satunya adalah kota Pohang.

Bagi kamu penggemar drama Korea Hometown Cha-Cha-Cha, pasti sudah tak asing dengan kota yang menjadi tempat bertemunya Hong Banjang dan Yoon Hye Jin ini. Pada kenyataannya, kota pesisir tersebut memang sangat indah. Tertarik mengunjunginya?

Kota Pohang

Pohang (포항시) adalah sebuah kota di Provinsi Gyeongsang Utara, Korea Selatan. Kota ini berjarak sekitar 300 kilometer dari Seoul. Kota tersebut berhadapan langsung dengan laut di sebelah timur.

Provinsi Gyeongsang Utara sendiri adalah tempat Kerajaan Silla dulu berada, sehingga banyak warisan dan tradisi yang dapat dilihat di sini. Pohang adalah kota terpadat di provinsi tersebut yang memiliki pelabuhan utama.

Pohang awalnya merupakan desa kecil. Kawasan tersebut mulai berkembang setelah reklamasi garis pantai dan pengalihan arus Sungai Hyeongsan untuk pembangunan pelabuhan.

Pohang menghasilkan produk pertanian dan perikanan yang berlimpah. Tak hanya itu, kota ini terkenal dengan industri wine.

Baca juga: 40+ Marga Korea dan Artinya, dari Terpandang hingga Langka

Lokasi Syuting Hometown Cha-Cha-Cha

Hometown Cha-Cha-Cha memilih Pohang sebagai lokasi syuting, yakni dengan nama Gongjin. Tak hanya itu, drama When the Camellia Blooms juga syuting di kota ini.

Dalam drama Hometown Cha-Cha-Cha, Gongjin diceritakan sebagai desa pesisir kecil yang tenang dan indah. Warganya sangat kompak dan akrab.

Apa saja lokasi yang berkesan di Gongjin dalam drama HomCha? Begini fakta tempat aslinya di Pohang.

Pelabuhan Perikanan Yangpohang

Di Pelabuhan Perikanan Yangpohang, Yoon Hye Jin membalas budi Hong Du Shik dengan cara membantu para nenek membersihkan cumi-cumi hasil tangkapan.

Pasar Cheongha

Pasar Cheongha adalah pasar tradisional yang sederhana. Pasar ini cukup kecil dan tidak terlalu ramai dibandingkan Pasar Jukdo.

Pasar Cheongha adalah tempat Toko Cheongho, Bora Supermarket, dan kafe Oh Cheon Jae berada.

Puncak Mugeunbong, Taman Sabang

Mugeonbong adalah puncak bukit di mana terdapat kapal kecil yang menghadap ke laut. Lokasi ini beberapa kali menjadi tempat pertemuan Hye Jin dan Du Shik.

Sabang sendiri merupakan taman seluas 4.500 hektar yang terdiri dari kawasan rekreasi.

Pantai Wolpo

Pantai Wolpo adalah tempat Hye Jin dan Du Shik pertama kali bertemu. Di sini kamu dapat menyelam, memancing, maupun berselancar seperti Du Shik. Kawasan perairan di Pantai Wolpo jernih dan dangkal.

Live Café & Pub

Live Café & Pub bernama 한낮엔 커피, 달밤엔 맥주 (Kopi di Siang Hari, Bir di Bawah Sinar Bulan) yang dikelola Oh Cheon Jae sebenarnya merupakan pabrik. Namun bagian luarnya didekorasi sehingga tampak seperti yang ada dalam drama.

Klinik Gigi Yoon

Klinik gigi milik Hye Jin sebenarnya merupakan pusat komunitas nelayan. Bangunan ini berada tidak jauh dari Taman Sabang.

Mercusuar

Mercusuar berwarna merah yang berada di dekat rumah Du Shik digunakan sebagai syuting beberapa peristiwa penting. Mercusuar ini populer di antara turis yang berkunjung ke Pohang.

Balai Desa

Balai Desa yang ada di drama digunakan sebagai tempat berkumpul dan kegiatan bersama. Balai ini berada di Pohang bagian selatan.

Bada Punggyeong

Bada Punggyeong adalah restoran makanan laut tempat Hye Jin dan Du Shik makan siang bersama. Restoran tersebut benar-benar ada, tepatnya di pusat kota Pohang.

Gunung Gonryun

Masih ingat kawasan dataran tinggi tempat Ji PD dan Du Shik bertemu? Kawasan yang berhadapan langsung dengan laut tersebut adalah Gunung Gonryun.

Baca juga: Mengenal Seollal, Imlek ala Korea yang Sarat Tradisi

Fakta Unik Pohang

  • Terdapat Paviliun Yeongildae yang dibangun di atas laut.
  • Terdapat Museum POSCO yang menampilkan sejarah baja di Korea.
  • Terdapat program tur kebudayaan yang memperkenalkan seni musik nanta, seni bela diri tekkyeon, kerajinan kertas hanji, dan lain-lain.
  • Pantai paling terkenal di Pohang adalah Pantai Yeongildae.
  • Homigot, tempat paling timur di Pohang dan seluruh Korea, dianggap sebagai tempat pertama matahari terbit di Korea.
  • Dua universitas besar di Pohang adalah Pohang University of Science and Technology (POSTECH) dan Handong Global University.
  • Makanan khas Pohang adalah gwamegi (ikan hering kering), pidegi (cumi-cumi kering), dan kepiting.

Kursus Bahasa Korea, Wujudkan Impian Hidup ala K-Drama

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Korea adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti di Kursus Bahasa Korea Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan berpengalaman. Cari tahu kisah dan pengalaman mereka di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!