5 Metode Penilaian Kerja yang Paling Umum Dipakai Perusahaan

metode penilaian kinerja

Lister for Company – Ada beberapa metode penilaian kerja yang umum dipakai di berbagai perusahaan. Penggunaan metode penilaian disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan perusahaan.

Apa saja metode penilaian kinerja yang biasa dipakai? Berikut penjelasannya.

Mungkin anda suka : Peran Talent Management untuk Pengembangan Skill Karyawan

Apa itu Metode Penilaian Kerja?

Metode penilaian kerja disebut juga performance review. Metode ini digunakan untuk mengevaluasi hasil kinerja karyawan dan perusahaan selama periode tertentu, misalnya tiga bulan, enam bulan, hingga satu tahun.

Melalui evaluasi ini, perusahaan melalui tim HR dapat mengetahui kemampuan, perilaku, kekuatan, hingga kelemahan setiap karyawannya.

Hasil penilaian tersebut dimanfaatkan untuk mengambil keputusan terkait bonus, promosi, dan kenaikan gaji.

Penilaian kerja karyawan harus bersifat transparan dan objektif. Penilaian itu tidak boleh didasarkan pada rasa suka atau tidak suka.

Pentingnya Penilaian Kerja

Mengapa penilaian kerja penting bagi karyawan maupun perusahaan? Hasil evaluasi positif akan membangun rasa percaya diri karyawan. Sementara itu kritik dapat membangun dan memperbaiki kinerja karyawan.

Tanpa adanya evaluasi, karyawan bisa jadi kurang motivasi karena tidak mendapatkan umpan balik atas hasil kerjanya.

5 Contoh Metode Penilaian Kerja

Berikut ini lima contoh metode penilaian kerja yang paling umum dipakai berbagai perusahaan.

1. Management by Objectives (MBO)

Hasil kerja karyawan dinilai sesuai tujuan yang sudah ditentukan selama kurun waktu tertentu. Ada tiga tahap dalam metode penilaian kerja MBO.

a. Planning, Manajer dan karyawan menentukan tujuan yang hendak diraih dan timeline-nya.

b. Monitoring, Manajer maupun karyawan mengulas perkembangan dalam mencapai tujuan. Manajer juga memberikan umpan balik kepada stafnya.

c. Reviewing, Manajer dan karyawan mengadakan diskusi terhadap hasil akhir yang sudah dicapai. Karyawan dinilai berdasarkan hasil kerja keseluruhan dalam periode yang sudah ditentukan.

2. Behaviorally Anchored Rating Scale (BARS)

Metode penilaian kerja ini menilai hasil kerja karyawan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil kerja tersebut dibandingkan dengan contoh perilaku spesifik yang diukur dengan angka.

Contohnya pelayanan terhadap pelanggan diberi nilai empat, kedisiplinan waktu diberi nilai lima, dan seterusnya.

Metode ini menggunakan standar yang jelas, analisis yang akurat, dan konsisten. Dengan begitu, penilaian tidak bias.

Rekomendasi artikel : Cara Presentasi dalam Bahasa Inggris untuk Karyawan

3. Psychological Appraisals

Penilaian psikologis dilakukan untuk mengidentifikasi potensi karyawan yang belum diketahui. Caranya adalah dengan menganalisis keterampilan interpersonal, kemampuan kognitif, kemampuan intelektual, kepemimpinan, karakter kepribadian, kecerdasan emosional, dan keterampilan terkait.

Penilaian ini dilakukan oleh psikolog melalui serangkaian tes, wawancara, serta diskusi. Metode ini membutuhkan waktu yang cukup lama, tetapi akan berhasil mengungkap potensi terpendam karyawan.

4. Human Resource (Cost) Accounting Method

Kinerja karyawan dinilai melalui manfaat moneter yang disumbangkannya kepada perusahaan. Caranya adalah dengan membandingkan biaya perusahaan untuk mempertahankan karyawan dengan kontribusi karyawan yang didapat perusahaan.

Metode penilaian kerja ini dapat mengukur nilai yang dibawa karyawan ke perusahaan dan dampaknya terhadap keuntungan perusahaan.

metode penilaian kerja
Metode penilaian kerja | Sumber gambar : Freepict

5. 360-Degree Feedback

Metode ini memanfaatkan umpan balik dari setiap unsur yang ada di lingkungan kerja karyawan. Mulai dari atasan, rekan kerja, pelanggan, hingga laporan langsung. Metode ini dapat memberikan beberapa sudut pandang yang berbeda terkait kinerja karyawan.

Ada lima komponen yang dinilai dalam metode ini.

a. Self appraisal, Karyawan mengulas sendiri kekuatan, kelemahan, dan hasil kerja menggunakan formulir khusus agar tidak bias.

b. Manager review, Manajer mengevaluasi hasil kerja timnya.

c. Peer review, Rekan kerja mengevaluasi anggota timnya dalam kemampuan kerja sama, kontribusi kerja, dan lain-lain.

d. Subordinates Appraising Manager (SAM), Manajer mengevaluasi bawahan sesuai laporan langsung.

e. Customer/client review, Karyawan dinilai berdasarkan ulasan dari pelanggan yang berinteraksi dengan karyawan secara langsung.

Jadi itulah metode penilaian karyawan yang biasa digunakan di perusahaan. Setiap perusahaan memiliki metode penilaian masing-masing yang disesuaikan dengan sistem kerja di perusahaan tersebut.

Baca juga : 5 Skill yang Harus Dimiliki Leader di Dunia Kerja

Hasil setelah penilaian kerja

Dari hasil penilaian tersebut, HR akan menilai siapa saja karyawan yang perlu menjalani pengembangan diri untuk meningkatkan skillnya.

Selain itu juga biasa dilakukan 1o1 atau one on one meeting untuk mendiskusikan jika ada karyawan yang terus mengalami penurunan kinerja.

Hal ini dilakukan agar perusahaan bisa tetap menjaga produktifitas karyawan selama bekerja. Jika karyawan mengalami kemunduran maka bisa dilakukan perbaikan yang lebih maksimal.

Tingkatkan kemampuan karyawan dengan pelatihan pengembangan

Jika Anda sedang mencari vendor untuk memberi pelatihan karyawan, Lister hadir dengan program Lister for company yang memberikan berbagai pelatihan pengembangan karyawan secara premium.

Perusahaan bisa menjadwalkan waktu belajar dengan fleksibel, karena Lister hadir dalam pembelajaran online. Pembelajaran tatap muka juga bisa dilakukan dengan mengisi setidaknya 5 peserta pelatihan. Selain itu juga ada kelas hybrid atau kelas campuran.

Lister memberikan program corporate dengan kebutuhan yang sudah disesuaikan dengan karyawan dan perusahaan. Mulai dari materi yang up to date dan menyesuaikan kebutuhan peserta, tutor yang profesional dan berpengalaman,

Sampai dengan sistem pembayaran yang fleksibel dan mengikuti kebijakan perusahaan. Silahkan daftar trial class untuk mencoba pengalaman belajar di Lister.

Manfaatkan promo 10% untuk Anda pendaftar hari ini, dengan klaim kode voucher BLOGLISTER10 saat pendaftaran melalui Whatsapp!

Sumber gambar : Freepict

Share:

Brigitta Winasis
Brigitta Winasis
A lifetime learner, a magical world wanderer through books and stories. Writing for professional purposes and personal interests.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

Kosa Kata Bahasa Korea Sehari-hari

100 Kosa Kata Bahasa Korea Sehari-hari, Lengkap dengan Artinya

Kamu perlu belajar kosa kata bahasa Korea sehari-hari penting untuk berkomunikasi dengan lancar saat berlibur di sana. Mulai dari sapaan hingga ungkapan umum seperti berterima kasih. Sederet kumpulan kata bahasa Korea ini bisa kamu lafalkan dan hafalkan dengan mudah.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.