5 Skill yang Harus Dimiliki Leader di Dunia Kerja

Skill yang harus dimiliki

Training Speaking Local, Foreign, Native – Seorang leader memerlukan skill untuk membantu mengelola dan mengkoordinasikan organisasi secara efektif. Seorang leader tidak hanya bertugas sebagai pemimpin yang hanya memberikan instruksi namun juga menjadi otak untuk membantu memecahkan masalah berbagai tantangan di organisasi tersebut. 

Untuk itu penting mengetahui skill yang harus dimiliki leader, baik yang bisa didapatkan dari learning by doing maupun mengikuti berbagai kegiatan di lembaga kursus. 

Baca juga : Mengenal Tugas Customer Service & Skill yang Perlu Dimiliki

Kehadiran leader dalam tim 

Seorang leader memiliki andil besar dalam kemajuan dan perkembangan sebuah tim atau organisasi. 

Leader tidak hanya berperan sebagai pemberi instruksi dan memutuskan sebuah perkara namun juga berperan sebagai mentor yang memberi contoh dan motivasi untuk karyawannya. 

Bahkan banyak yang setuju bahwa seorang leader harus memiliki pandangan lebih jauh daripada timnya. Seorang leader harus mengetahui banyak hal untuk timnya. 

Ada juga quote tentang leadership dari Max Well yang bunyinya a leader is one who know the way, goes the way and show the way. 

Dari quote tersebut dapat dipahami bahwa seorang pemimpin memiliki tanggung jawab memberi arahan untuk mencapai tujuan tertentu kepada timnya. Leader yang membuka jalan untuk timnya.

Dengan perannya yang cukup krusial dalam sebuah tim, leader perlu banyak skill yang harus dimiliki untuk membantu memperlancar pekerjaannya. Untuk itu banyak orang belajar tentang skill yang harus dimiliki leader. 

Mungkin anda suka : Perbedaan Softskill dan Hardskill, Ideal Mana untuk Si Kecil

Kenapa leader harus kaya  skill? 

Bagaimana sebuah tim berjalan tanpa leader yang kaya akan skill? Tentu saja sebuah tim sulit untuk berkembang. Skill yang dimiliki leader sangat bermanfaat untuk keperluan: 

  1. Mengarahkan tim 
  2. Berkomunikasi yang baik dengan anggota tim 
  3. Keperluan pemecahan masalah 
  4. Memberi motivasi untuk anggota tim 
  5. Menjaga integritas dirinya sebagai leader 

Skill yang dimiliki leader berhubungan dengan peran leader dalam tim. Jika seorang leader di dukung skill-skill yang mumpuni maka peran  dapat berjalan dengan baik. 

Sebaliknya, seorang leader tidak akan maksimal menjalankan perannya tanpa didukung skill yang harus dimiliki leader yang tepat. 

Jika peran tidak bisa maksimal maka tim juga akan berantakan, tidak akan bisa berkembang, tidak memiliki integritas dan bahkan menjadi tim yang toxic. 

5 Skill yang harus dimiliki leader 

Berikut adalah 6 skill yang harus dimiliki seorang leader yang sudah Lister rangkum untuk kamu. 

1. Kemampuan komunikasi dan menjalin hubungan baik

Kemampuan komunikasi adalah skill utama yang perlu dikuasai semua orang dalam dunia kerja. Skill ini sangat penting dan mempengaruhi kesuksesan seseorang dalam karirnya. Termasuk untuk leader, skill yang harus dimiliki adalah keterampilan komunikasi. 

Tidak hanya berkomunikasi dan berkoordinasi dengan satu orang saja, seorang leader harus mampu menjalin kerja sama dan menjalin komunikasi yang efektif dengan banyak anggota tim dari berbagai bidang dan berbagai karakter. 

Tanpa skill komunikasi yang fleksibel, akan sulit bagi seorang pemimpin bekerjasama dengan banyak orang. 

Selain itu, tidak hanya berkoordinasi dengan anggota tim, leader juga akan berhubungan dengan berbagai pihak di luar tim. Untuk itu kemampuan berkomunikasi dan menempatkan diri menjadi hal yang penting. 

Hal-hal yang termasuk dalam skill komunikasi adalah 

  • Kemampuan mendengarkan 
  • Kemampuan memberi umpan balik 
  • Kemampuan komunikasi yang adaptif 
  • Kemampuan memahami 
  • Kemampuan menyampaikan pendapat 

Selain itu, tidak cukup bagi leader memiliki skill komunikasi yang baik. Seorang leader juga perlu kemampuan menjalin hubungan baik dengan berbagai pihak. 

2. Kemampuan problem solving dan pengambilan keputusan

Kemampuan mengambil keputusan dan problem solving juga menjadi salah satu skill yang harus dimiliki leader. Dengan pandangan yang lebih jauh daripada anggota tim lainnya dan pertimbangan resiko, seorang leader perlu untuk bisa tegas dalam pengambilan keputusan secara mantap tanpa ragu-ragu. 

Hal inilah yang membedakan antara leader dengan yang lainya. Yaitu ketegasan, kemampuan menghitung resiko dan bisa melihat pertimbangan based on data. 

Leader yang bisa dengan baik mengambil keputusan akan sangat dihargai anggota tim bahkan leader lainnya. 

3. Kemampuan public speaking 

Leader dan kemampuan public speaking adalah hal yang saling melekat. Seorang leader yang berkualitas juga dapat dilihat dari kemampuan public speakingnya. Public speaking yang bagus mempengaruhi kualitas dan integritas seorang pemimpin. 

Selain untuk keperluan memimpin team, kemampuan public speaking juga sangat membantu leader berbicara di depan umum di berbagai forum. 

Hal ini akan cukup membantu keberhasilan presentasi proyek, negosiasi dan juga presentasi ide untuk bisnis Anda. 

Baca juga : 3 Keahlian Skilled Labour ini Diburu Perusahaan, Kenapa?

4. Kemampuan adaptasi 

Di dunia bisnis ada banyak perubahan yang terjadi, up and down namun seorang leader yang baik bisa memiliki kemampuan adaptasi menghadapi segala sesuatunya dengan baik. Kemampuan adaptasi akan membantu leader dan tim menghadapi tantangan secara efektif. 

Jika tidak ada kemampuan adaptasi, maka leader tidak akan bisa membawa anggota timnya menuju keberhasilan karena tidak sanggup menghadapi tantangan. 

5. Kemampuan mengelola stress

Seorang pemimpin menghadapi lebih banyak masalah, tantangan dan tekanan. Untuk itu juga penting bagi leader untuk memiliki skill mengelola stress. 

Skill yang harus dimiliki leader dalam pengelolaan stress ini akan sangat membantu mereka tetap sehat dan berpikir dengan jernih di segala situasi. 

Tanpa pengelolaan stress yang baik, leader yang berkualitas pun akan tumbang dan gagal membawa timnya ke arah kesuksesan. 

Jadi apakah sudah menyiapkan berbagai skill yang harus dikuasai Leader seperti di atas? 

Perdalam english speaking skill untuk leader bersama Lister 

Salah satu skill yang harus dimiliki leader adalah kemampuan english speaking. Untungnya skill ini dapat dipelajari secara intensif di Lister.

Kamu bisa belajar lebih dalam tentang english speaking dengan tutor terbaik Lister. Untuk program corporate, kursus bisa dilakukan secara online maupun tatap muka.

Untuk kelas online, kelas bisa dijadwalkan secara fleksibel termasuk rescheduling class. Sedangkan untuk kelas tatap muka, kamu bisa memenuhi jumlah minimal peserta (5peserta) terlebih dahulu.

Untuk kelas english speaking, ada diskon 10% untuk pembelian kelas seharga satu jutaan. Klaim kode voucher BLOGLISTER10 untuk dapatkan promonya. Segera daftar dan rencanakan ikut trial class dengan menghubungi Whatsapp Lister!

Sumber gambar : pch-vector di Freepict

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.