Mengenal Tugas Customer Service & Skill yang Perlu Dimiliki

tugas customer service

English for Customer Service – Customer service adalah salah satu posisi yang banyak dicari selain karena cocok untuk lulusan baru juga tugas-tugasnya cenderung bisa di handle dengan mudah.

Namun apa saja sih tugas customer service? Sebelum apply posisi ini, wajib cek dulu jobdesk customer service berikut ini! 

Customer service adalah 

Seperti namanya, customer service adalah seseorang yang memiliki tugas untuk memberikan support before and after sales. 

Posisi ini membantu pelanggan maupun calon pelanggan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan, membantu proses penjualan sampai dengan memberikan dukungan-dukungan after sales. 

Dengan beberapa tugas utama tersebut, customer service bukan hanya memiliki tugas menangani telepon maupun aduan pelanggan namun lebih dari itu. 

tugas customer service
Tugas customer service

Jadi jika ada pekerjaan seperti emailing, pekerjaan direct sales maupun follow up client bukan hal yang baru atau mengherankan lagi untuk customer service ini. 

Dengan skill dan kemampuan yang baik, CS dapat bekerja dengan maksimal.

Bahkan tidak menutup kemungkinan CS memiliki jenjang karir yang lebih baik seperti naik posisi menjadi supervisor atau juga manajer. 

Saat ini customer service menjadi bagian yang strategis yang banyak dibutuhkan di semua perusahaan baik perusahaan kecil maupun besar. 

Rekomendasi Layanan : Pelatihan English For Customer Service 

Tugas customer service 

Secara detail berikut adalah tugas customer service yang bisa digunakan sebagai referensi sebelum apply di posisi ini. 

1. Sumber informasi untuk calon maupun pelanggan 

Gerbang utama yang menghubungkan layanan perusahaan dengan pelanggan adalah customer service.

Sehingga jika calon maupun pelanggan membutuhkan informasi terkait layanan maka sudah menjadi tugas customer service untuk memberikan informasinya. 

Umumnya pelanggan bertanya tentang tata cara pemesanan, tekniks, harga, rekomendasi produk maupun informasi produk secara lengkap maka customer service wajib menguasai product knowledge dengan baik. 

Sebagai posisi pertama yang terhubung dengan pelanggan maka customer service perlu memiliki skill dan pengetahuan untuk melayani pelanggan dengan baik. 

2. Memberikan solusi dari kendala pelanggan 

Tugas customer service utama yang lainya adalah memberikan solusi yang dibutuhkan pelanggan.

Jika ada masalah dengan proses penggunaan layanan maka customer service wajib memberikan edukasi yang membantu pelanggan menyelesaikan masalahnya. 

Umumnya pelanggan menginginkan solusi yang cepat dan pasti sehingga menghubungi customer service adalah hal utama.

Dengan begitu CS juga wajib memberikan informasi yang relevan dan solutif. 

3. Mengatasi keluhan pelanggan 

Saran, masukan maupun keluhan pelanggan merupakan hal biasa dalam bisnis. Posisi yang menangani masalah masukan dan keluhan ini adalah customer service. 

Dengan disampaikannya keluhan seperti ini selanjutnya customer service memberikan solusi terbaik untuk perusahaan maupun untuk pelanggan. 

Keluhan maupun saran ini tidak hanya disimpan saja melainkan juga perlu diteruskan ke manajemen perusahaan untuk perbaikan kualitas layanan nantinya. 

4. Meneruskan informasi ke manajemen 

Hal terpenting informasi yang terkumpul di customer service dari berbagai pelanggan bisa diteruskan ke manajemen. 

Jika manajemen juga membutuhkan data keluhan maupun saran, maka CS juga perlu memiliki bank data untuk memudahkan manajemen melakukan penilaian dan perbaikan layanan di esok hari. 

Selain itu penerusan informasi juga penting untuk pelanggan karena akan lebih mudah mendapatkan solusi dan tindakan yang diperlukan. 

Dengan tugas customer service seperti di atas customer service perlu memiliki skill dan kemampuan yang mendukung pekerjaan. 

Seperti kemampuan berbahasa yang baik benar, kemampuan problem solving juga kemampuan komunikasi dan koordinasi. 

Skill customer service 

Ada beberapa skill yang harus dikuasai CS untuk mendukung tugas customer service. Penguasaan skill ini membantu CS lebih lancar dan mengurangi kendala dalam menjalani tugas-tugasnya. 

1. Penguasaan bahasa 

Penguasaan bahasa adalah salah satu skill yang wajib dikuasai para customer service. Tidak hanya bahasa Indonesia, sekarang ini CS perlu menguasai bahasa asing yang dibutuhkan seperti bahasa Inggris maupun bahasa Mandarin. 

Untuk menguasai bahasa ini, CS bisa mengikuti kursus bahasa untuk customer service dimana kursus ini fokusnya mempelajari bahasa-bahasa dan percakapan yang banyak digunakan dalam pekerjaan CS. 

Penguasaan bahasa akan membantu CS menghadapi pelanggan yang menggunakan bahasa asing dengan lancar dan percaya diri.

Sehingga jika ada keluhan, pertanyaan maupun pelanggan yang membutuhkan bantuan akan mudah dilakukan. 

2. Kemampuan problem solving

Customer service adalah bagian pertama yang mengurus keluhan dan masalah pelanggan, maka CS jugalah yang membantu memberikan solusi terbaiknya. 

Kemampuan menyelesaikan masalah atau kemampuan problem solving adalah salah satu hal yang perlu dimiliki customer service. 

Dengan penguasaan kemampuan ini, CS jadi terbiasa membantu memecahkan masalah secara strategis dan juga efektif. Dengan begitu pelanggan akan lebih cepat terbantu. 

3. Empati 

Kemampuan non teoritis yang perlu dimiliki untuk menunjang tugas customer service adalah kemampuan empati. 

Dimana ini adalah soft skill atau kemampuan untuk merasakan dan memahami perasaan seseorang.

Sehingga dengan kemampuan empati yang baik CS akan lebih mudah memahami dan mengerti kondisi pelanggan. 

Dengan begitu secara otomatis akan memberikan perhatian dan bantuan dengan maksimal kepada pelanggan. Juga dapat memahami kondisi pelanggan dengan baik. 

4. Kemampuan komunikasi 

Kemampuan komunikasi bukan hanya kemampuan bertanya, menanggapi dan menjawab pertanyaan maupun pernyataan dari lawan bicara.

Namun kemampuan untuk memahami dan mendengarkan dengan baik komunikasi tersebut. 

Kemampuan komunikasi akan membantu CS memberikan service terbaik untuk pelanggan dan juga memberikan insight kepada manajemen dengan baik. 

5. Penggunaan teknologi 

Tugas customer service selanjutnya adalah melakukan follow up pelanggan menggunakan berbagai media.

Seperti email, perpesanan online, menjawab pertanyaan pelanggan dari berbagai saluran dan lainya. 

Untuk menjalankan pekerjaan ini, customer service perlu menguasai berbagai teknologi untuk memudahkan pekerjaan. 

Baik email blast, penggunaan sosial media, perpesanan di website dan lainya. Untuk itu CS perlu menguasai berbagai teknologi pendukung untuk menunjang pekerjaan CS tetap maksimal. 

Jadi beberapa skill-skill di atas bisa dimiliki dan juga dikembangkan dengan mengikuti kursus untuk CS maupun belajar mandiri. 

Baca juga : 10 Contoh Greetings dalam Bahasa Inggris 

Gaji customer service di Indonesia 

Banyak orang yang menanyakan apa tugas customer service dan berapa gajinya dengan tugas seperti itu? 

Lister sudah mengecek ke website pengecekan gaji di Indonesia seperti di Indeed, beberapa referensi gaji customer service rata-rata di Indonesia adalah Rp 3.917.283 (November 2023). 

Secara detail di kota-kota besar adalah seperti berikut ini 

Wilayah KotaBesaran gaji customer service 
Jakarta Rp 4.813.670
Surabaya Rp 4.021.419
Semarang Rp 3.031.003
Yogyakarta Rp 2.195.680
Bandung Rp 3.502.168
Bali Rp 3.145.764
Medan Rp 4.692.055
Makasar Rp 4.446.265
Solo Rp 2.493.505
Aceh Rp 4.546.617
Riau Rp 3.910.088
Sumber : Indeed | November 2023

Dengan referensi gaji customer service di atas, apakah kamu tertarik bekerja menjadi customer service? 

Layanan lainya : English for Sales & Marketing 

Maksimalkan kemampuan dengan kursus english for customer service di Lister 

Ingin memaksimalkan kemampuan customer service di perusahaan agar memiliki skill dan kemampuan terbaik khususnya dalam penggunaan bahasa Inggris? 

Anda bisa memberikan kursus english for customer service di Lister! Layanan kursus for corporate yang membantu karyawan meningkatkan skillnya dengan nyaman dan mudah. 

Anda memiliki kesempatan untuk atur jadwal belajar secara mandiri, belajar secara online dan juga memilih tutor terbaik yang disukai. 

Klaim kode promo BLOGSLISTER10 untuk dapatkan potongan harga 10% untuk minimal pembelian kelas seharga satu jutaan. Segera daftar melalui Whatsapp Lister

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.