Peran Talent Management untuk Pengembangan Skill Karyawan

Talent management

B2B Program – Merupakan pekerjaan yang dilakukan untuk mengatur pengembangan potensi dan skill karyawan. Talent management dikelola oleh talent management specialist, posisi yang masuk di divisi human resources development.

Adanya talent management dalam perusahaan memberikan kemudahan untuk mengelola SDM dengan maksimal. 

Baca juga : Time Management adalah Cara Kerja Cerdas, ini 7 Tipsnya

Talent management 

Talent management adalah manajemen atau pengelolaan terkait cara menarik, pengembangan, mempertahankan karyawan yang potensial di perusahaan. 

Ada banyak karyawan yang dinilai potensial dan memberikan kontribusi yang positif untuk perusahaan yang perlu dijaga agar tetap produktif dan bertahan di perusahaan. 

Talent management perlu ada di perusahaan untuk pengelolaan SDM yang lebih baik. Selain mengatur strategi terbaik untuk menarik kandidat high quality juga untuk mengelola karyawan yang sudah bekerja di perusahaan. 

Sehingga karyawan tidak hanya berjibaku dengan pekerjaan namun juga ada pengembangan keilmuan baik teknis maupun softskill untuk meningkatkan kemampuan yang dimilikinya. 

Ada banyak manfaat yang didapatkan dari pengelolaan karyawan yang baik, misalnya karyawan memiliki kepuasan kerja lebih tinggi dan juga berpengaruh pada tingkat turnover karyawan di perusahaan. 

Talent management specialist 

Adalah seseorang dengan tugas mengelola pekerjaan-pekerjaan manajemen bakat atau talent management untuk SDM di perusahaan. 

Seorang talent management specialist adalah seseorang yang profesional dalam bidang sumber daya manusia (SDM) sehingga mengetahui bagaimana cara menemukan dan mengembangkan bakat karyawan di perusahaan. 

Tugas talent management specialist di perusahaan adalah : 

  • Mengorganisir perekrutan karyawan (menemukan kandidat terbaik dan penempatan posisinya di perusahaan)
  • Mengelola pengembangan diri SDM (menggali potensi dan mengembangkannya dengan berbagai metode)
  • Usaha mempertahankan SDM potensial 
  • Penilaian kinerja karyawan dan tindak lanjutnya 
  • Identifikasi kebutuhan bakat dan skill untuk perusahaan

Dengan tanggungjawab yang dimiliki tersebut seorang talent management, diharapkan bisa memberikan insight yang baik untuk perusahaan.   

Mungkin anda suka : 8 Bagian-bagian Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik dan Benar

Peran talent management untuk pengembangan skill karyawan 

Seorang talent management memiliki peran besar untuk perkembangan perusahaan dalam hal kualitas SDM. Diantaranya adalah 

1. Menemukan kandidat terbaik

Peran seorang dalam manajemen spesialis membantu perusahaan menemukan kandidat terbaik sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan perusahaan. 

Tidak mudah menemukan kandidat potensial yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan,  namun dengan bantuan dalam manajemen kandidat potensial bisa ditemukan secara spesifik. 

Dengan begitu,  perusahaan mendapatkan SDM yang  potensial dan bisa mengikuti pola kerja dengan baik. 

2. Memperkaya kemampuan karyawan dengan pelatihan 

Bagian  yang bertanggung jawab dengan rencana pelatihan,  pengelolaan dan identifikasi pengembangan bakat karyawan  seluruhnya dikelola oleh Talent Management. 

Sehingga  perusahaan bisa mengetahui pelatihan apa yang  diperlukan karyawan dan juga bagian mana yang memerlukan pengembangan skill untuk pekerjaan. 

Karyawan  yang memiliki  pengetahuan dan kemampuan yang dibutuhkan perusahaan,  akan bekerja lebih produktif dan juga merasa dibutuhkan oleh perusahaan. Hal  ini tentunya akan memberikan feedback yang positif juga untuk perusahaan. 

3. Retensi bakat karyawan 

Salah satu cara untuk mempertahankan karyawan potensial di perusahaan adalah dengan merencanakan pengembangan karir dan juga pengembangan skill untuk karyawan. 

Talent Management bertanggung jawab atas retensi bakat agar karyawan memiliki loyalitas dan kepuasan kerja yang tinggi di perusahaan. 

4. Evaluasi kemampuan 

 Performa kerja mungkin saja bisa turun karena masalah pengembangan kemampuan yang minim.  Hal  ini menjadi tanggung jawab  Talent manajemen untuk mengidentifikasi pengembangan diri karyawan dan juga memastikan kinerja karyawan tidak menurun karena kurangnya pengembangan.

Rekomendasi artikel : Kecerdasan Intrapersonal: Pengertian, Contoh, dan 5 Pekerjaan yang Cocok

Bagaimana cara mengembangkan skill karyawan 

Ada  beberapa jenis atau cara mengembangkan skill karyawan yang digunakan untuk talent development di perusahaan.  Diantaranya 

1.  Memberikan  pelatihan karyawan 

Salah satu cara dasar memberikan pengembangan skill untuk karyawan adalah dengan memberikan pelatihan yang dibutuhkan karyawan untuk bekerja. 

Ada banyak  jenis pelatihan baik pengembangan soft skill maupun teknis untuk karyawan guna mendukung performa kerja karyawan dengan baik. 

Seorang  Talent Management spesialis harus bisa mengidentifikasi apa kebutuhan pelatihan untuk karyawan  untuk kemudian merumuskan pelaksanaan pelatihan dan juga evaluasi hasil pelatihan. 

2.  Memberikan  mentoring dan coaching 

Metode  selanjutnya yang  digunakan Talent Management untuk melakukan pengembangan skill karyawan adalah dengan memberikan mentoring dan coaching. 

Mentoring dan coaching merupakan bentuk bimbingan jangka panjang kepada karyawan dari seseorang yang dianggap expert atau ahli dalam bidang tertentu. 

 Biasanya  perusahaan melakukan mentoring dan coaching   dari bantuan karyawan senior atau karyawan yang sudah dianggap ahli di bidangnya. 

 untuk kemudian memberikan bimbingan agar mencapai tujuan yaitu dengan transfer keilmuan tentang pengetahuan dan cara mencapai tujuan tersebut. 

3. Membuka  jalur suksesi

Talent manajemen membantu perusahaan mengidentifikasi dan mengembangkan karyawan potensial yang dianggap cocok atau pantas mengisi posisi kunci di perusahaan. 

Jalur suksesi adalah hal yang normal di perusahaan yang dilakukan untuk Menyiapkan pengganti jika posisi kunci kosong atau juga jika terjadi perubahan struktur organisasi dalam perusahaan.

Pihak  yang bertanggung jawab untuk mengatur hal tersebut adalah manajemen spesialis.  sehingga perusahaan tidak akan mengalami kekosongan pemimpin dan akhirnya berimbas pada hal negatif pada kegiatan operasional perusahaan

4.  Memberikan penghargaan atau pengakuan untuk karyawan potensial 

Karyawan  akan merasa sangat dihargai dengan pemberian pengakuan atau reward alias penghargaan atas kerja keras dan juga potensi yang dimilikinya. 

Perusahaan  memberikan reward kerja keras karyawannya dalam berbagai bentuk,  hal ini akan  berpengaruh pada loyalitas karyawan,  tingkat kepuasan kerja karyawan dan juga tingkat turn offline karyawan. 

Talent manajemen  memiliki peran penting untuk perusahaan terutama di bidang pengembangan skill dan kemampuan karyawan  untuk produktivitas kerja di perusahaan. 

Tanpa adanya Talent Management mungkin sebuah perusahaan kurang maksimal dalam  pengembangan diri karyawan. 

Rekomendasi tempat pelatihan terbaik untuk karyawan

Untuk pengembangan karyawan jangan pilih tempat pelatihan yang main-main.  Lister memiliki banyak  kelas pengembangan diri karyawan dalam program Lister for Company. 

Mulai dari pengembangan bahasa,  soft skill maupun technical skill sudah disesuaikan dengan kebutuhan karyawan dan perusahaan.

Lister memberikan berbagai sistem pembelajaran untuk program training for company, kelas onlinetatap muka maupun hybrid.  Materi   pembelajaran sudah disesuaikan dengan kebutuhan karyawan.  Begitu juga dengan tutor. 

Tutor Lister untuk program lister for company memiliki banyak pengalaman mengajar dalam kelas B2B dan juga sudah melalui seleksi. Anda dapat mencoba kelas Lister dengan menggunakan fasilitas free trial class yang tersedia. 

Khusus  untuk anda pendaftaran hari ini berhak mendapatkan promo 10% untuk pembelian kelas 1 jutaan.  Promo  dapat  diklaim menggunakan kode voucher BLOGLISTER10 Melalui WhatsApp pendaftaran. 

Sumber gambar : Freepict

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

Kelas Bahasa Inggris di Solo, Bebas Atur Jadwal

Belajar bahasa Inggris online untuk anak 3-6 tahun dan remaja 10-14 tahun, bisa diikuti. Lembaga kelas bahasa Inggris di Solo, Lister bisa kamu jadikan pilihan utama dalam mengembangkan bahasa si buah hati.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.