KURSUS JAPANESE CONVERSATION

KURSUS JAPANESE CONVERSATION

lister.co.id – Punya rencana berlibur ke Jepang? Atau berencana melakukan kerja sama dengan komunitas ataupun perusahaan Jepang? Sebaiknya anda harus mempersiapkan diri anda untuk bisa berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Jepang.

Mengapa? Karena sekitar 72% orang Jepang tidak bisa berbahasa inggris, kurang lebih sama dengan orang Korea. Jadi, untuk mengunjungi ke dua Negara ini, ada baiknya anda membekali diri anda dengan bahasa penutur, asli selain bahasa Inggris. Agar, ketika anda sudah sampai sana, anda tidak mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dengan penutur asli atau penduduk asli.

            Untuk lancar berkomunikasi menggunakan bahasa Jepang, bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu:

  1. Mempelajari bahasa Jepang sendiri secara otodidak.
  2. Mempelajari bahasa Jepang dengan bantuan mentor atau lembaga kursus bahasa Jepang.

Apa yang Akan Anda Dapatkan dengan Belajar Bahasa Jepang Secara Otodidak?

            Ketika anda memutuskan untuk mempelajari bahasa Jepang secara sendirian atau otodidak, maka anda harus melakukan beberapa langkah sebagai berikut:

  1. Mencari, mengunduh, atau membeli buku materi berlajar bahasa Jepang. Karena anda belajar sendiri secara otodidak, maka anda sebaiknya membeli buku dari level pelajaran yang paling dasar, sampai level pelajaran yang tingkat tinggi.
  2. Sebelum mempelajari Japanese conversation, anda harus mempelajari kosa kata, tata bahasa, ungkapan dalam bahasa Jepang, dan menulis dengan mennggunakan bahasa Jepang. Tujuannya: agar anda mampu membaca tulisan bahasa jepang, dan menghafalnya. Dengan begitu, secara tidak langsung akan membantu proses belajar Japanese conversation anda.
  3. Pada saat anda merasa siap untuk mempelajari Japanese conversation, anda bisa mncari, mengunduh, atau membeli materi percakapan audio bahasa Jepang. Bagaimana cara pelafalannya, penggunaan setiap kata dan kalimat untuk kondisi yang berbeda, dan lain sebagainya.

Permasalahannya, belum tentu anda bisa dengan mudah menemukan materi audio ini yang sesuai dengan kebutuhan anda. Kebanyakan, audio yang dapat diunduh secara gratis adalah audio cara melakukan Japanese conversation dengan tingkat yang dasar. Artinya, belajar anda tidak akan segera tuntas.

Pemasalahan berikutnya, berapa lama anda akan bisa menguasai bahasa Jepang dan melakukan Japanese conversation dengan benar, bila anda belajar sendiri atau secara otodidak? Satu bulan? Setengah tahun? Satu tahun? Atau bahkan lebih? Seandainya, anda membuat timeline untuk proses belajar anda, apakah anda benar-benar akan disiplin mengikuti timeline yang sudah anda buat?

Belum tentu kan? Untuk mempelajari bahasa Jepang secara otodidak, memerlukan dedikasi yang tinggi, kedisiplinan yang tinggi. Karena yang bisa memperingatkan anda hanyalah diri anda sendiri, bukan orang lain. Bila anda melewatkan banyak waktu untuk mempelajari bahasa Jepang secara otodidak tanpa kedisiplinan yang tinggi, maka masa belajar anda tidak akan pernah selesai.

baca juga

Mengikuti Kursus Japanese Conversation

Jadi, solusi terbaik agar anda bisa segera menguasai Japanese conversation adalah dengan mengikuti kelas kursus Japanese conversation, baik yang diadakan oleh lembaga kursus bahasa Jepang, atau anda mencari mentor di apartement native Japanese conversation secara pirvat untuk menyesuaikan dengan waktu yang anda miliki.

Saat anda mengikuti kursus Japanese conversation, anda setidaknya akan mendapatkan materi dasar terlebih dahulu, seperti pengenalan huruf dalam bahasa Jepang , kosa kata dasar, dan tata bahasa dasar, baru anda bisa langsung mengambil kelas kursus Japanese conversation.

Karena memang untuk mempelajari Japanese conversation, anda perlu memahami beberapa hal dasar terlebih dahulu, apalagi bahasa Jepang memiliki jenis huruf yang berbeda dari Negara lain. Itu mengapa kita perlu mempelajarinya di awal.

baca juga

Ketika anda mengikuti kelas kursus Japanese conversation, setidaknya anda akan mendapatkan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Anda akan mendapatkan beberapa level pelajaran Japanese conversation sebagai berikut:
  2. Pada level pertama, anda akan mampu bertanya dan menjawab pertanyaan sehari-hari yang temanya bersifat umum dengan kecepatan percakapan yang rendah.
  3. Level berikutnya, anda diharapkan sudah mampu bertanya, menjawab pertanyaan, dan bercerita tentang berbagai peristiwa yang berasal dari topik umum sehari-hari dengan level kecepatan percakapan sedang.
  4. Pada level ke tiga, anda akan diminta untuk menguasai percakapan panjang dan sekaligus mampu mengungkapkan perasaan dan pendapat pribadi anda.
  5. Level ke empat, anda sudah akan bisa menjelaskan dan berdialog dengan topik yang lebih sulit dan tema yang bersifat khusus, bukan lagi tema umum.
  6. Pada level terakhir kelas kursus Japanese conversation, anda diharapkan sudah bisa menjelaskan dan berdialog dengan berbagai topik sulit dan tema yang lebih khusus dengan kecepatan percakapan dan pelafalan menyerupai orang Jepang asli.

Dari penjelasan di atas, anda tentu memahami, bahwa kemampuan anda akan selalu dinilai dan ditingkatkan secara perlahan, level demi level yang membuat anda tetap merasa fun dalam mempelajari dan menguasai Japanese conversation.

Selain itu, ada beberapa kelebihan lain dengan mengambil kursus Japanese conversation, yang tidak akan anda dapatkan bila anda belajar bahasa jepang sendiri. Apa saja kelebihan itu?

  1. Anda akan dibekali dengan lebih dari 1300 kosa kata dasar dan dalam waktu singkat, anda akan mencapai tingkat A1/A2 menurut standar Eropa. Ini bila anda mengambil paket kelas kursus Japanese conversation dasar.
  2. Jika Anda memilih paket kursus yang lengkap, anda akan dibekali lebih dari 5000 kosa kata dan akan mencapai tingkat C1/C2.
  3. Anda akan mempelajari berbagai jenis ungkapan yang jumlahnya tak terhitung,  yang akan digunakan dalam percakapan sehari-hari.
  4. Bukan hanya menghafal ribuan kosa kata, tetapi anda juga akan mempelajari penggunaan kosa kata tersebut sesuai dengan konteks penggunaan dalam satu kalimat lengkap.
  5. Beberapa lembaga kursus menggunakan file audio yang direkam oleh penutur asli atau orang jepang asli, sehingga anda sejak awal akan mendengar pelafalan yang jelas, aksen dan penekanan kata yang tepat. Ini tentu akan mempermudah anda saat mendengar langsung dari orang Jepang yang anda temui nantinya.
  6. Penggunaan tata bahasa yang benar yang akan selalu dilatih terus-menerus dengan metode pembelajaran yang berbeda.
  7. Dengan mengikuti kursus Japanese conversation, anda akan mendapatkan simulasi komunikasi berbahasa jepang setiap hari. Sehingga, bila ada salah pelafalan, penggunaan kosa kata, dan kesalahan penggunaan tata bahasa, kesalahan tersebut akan langsung dikoreksi oleh mentor Japanese conversation anda. Belajar komunikasi berbahasa Jepang pun semakin efektif.

Jadi, itulah apa saja yang akan anda dapatkan sekaligus kelebihan yang anda dapatkan saat anda mengikuti kursus Japanese conversation. Sangat berbeda bila anda mempelajari sendiri secara otodidak bukan?