Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Keindahan Bahasa Jepang

Keindahan Bahasa Jepang

lister.co.id – Bahasa Jepang adalah merupakan salah satu bahasa yang paling sulit dipelajari. Berbeda dengan bahasa yang menggunakan huruf latin dengan maksimal hanya terdiri dari 26 huruf saja.

Dalam bahasa jepang bahkan memiliki 3 karakter yang berbeda yaitu Hiragana, Katakana, dan yang tersulit adalah huruf kanji.

Hal inilah yang membuat belajar Bahasa Jepang semakin menantang dan semakin menarik. Karena dari ketiga karakter tersebut semuanya saling terkait satu sama lain. Tidak bisa berdiri sendiri. Sehingga kita tidak hanya bisa mempelajari satu karakter saja. Harus ketiga-tiganya.

Setelah mempelajari Hiragana dan katagana biasanya seseroang akan menyerah ketika belajar huruf kanji. Meskipun sulit hal itu sangat disayangkan, karena sebentar lagi kita akan manjadi ekspert dalam bahasa jepang. Untuk itu jangan menyerah sampai akhir.

Karakter Hiragana

Hiragana merupakan dasar dari seluruh sistem tata tulis Jepang. Hiragana sifatnya wajib dipelajari jika ingin menguasai bahasa jepang.

Hiragana terdiri dari 46 karakter yang harus kita kuasai dan hafalkan. Hiragana ini mulanya adalah berasal dari huruf kanji. Karakter-karakter Hiragana mewakili setiap bunyi dalam bahasa jepang dan memiliki hubungan dengan huruf vokal “a, i, u, e, o” kecuali satu karakter yang berbunyi “n”.

Masing-masing karakter dari hiragana ini dibedakan dengan garis dan lekukan, sehingga untuk sekilas bagi kita yang baru balajar bahasa jepang akan sulit untuk membedakannya. Jika salah menuliskan sebuah karakter, misalnya saja terlewat memberi garis atau lingkaran maka bunyinya pun akan menjadi berbeda dan berubah sepenuhnya.

Setelah menguasai hiragana seseorang pada dasarnya sudah dapat berbicara, membaca dan menulis dengan bahasa jepang. Asalkan kita menguasai juga Furigana. Furigana ini adalah karakter yang mewakili karakter kanji, gunanya untuk mengenali bunyi dari huruf kanji. Karena tanpa furigana sebuah kata yang ditulis dengan hiragana biasanya tidak memiliki arti dalam huruf kanji.

Keindahan Bahasa Jepang
Keindahan Bahasa Jepang

Karakter Katagana

Kemudian karakter selanjutnya yang perlu dipalajari untuk mendalami bahasa jepang adalah katakana. Katakana juga sama dengan hiragana, terdiri dari 46 karakter. Bedanya Katakana ini adalah karakter yang mewakili kumpulan suara yang sama.

Perbedaannya lagi adalah katakana berbeda bentuknya dengan hiragana, bentuk katakana lebih tajam dan juga lurus. Tidak bulat, lengkung dan halus seperti hiragana.

Belajar katakana sangat penting karena katakana ini adalah berguna untuk menuliskan nama kita dalam bahasa jepang. Selain itu juga digunakan untuk menuliskan semua kata asing dan kata-kata pinjaman, seperti restoran, MC Donald dan lain sebagainya.

Katakana juga biasanya sering kita temui di tulisan-tulisan anime yang sebenarnya bukan kata-kata tersebut bukan kata pinjaman atau kata asing. Hal ini digunakan agar kata tersebut terkesan menonjol sehingga menarik perhatian pembaca.

Katakana ini mungkin jika dalam tulisan latin biasa seperti fungsi italic (tulisan miring) untuk menandakan kata-kata asing atau pinjaman.

Karakter Kanji

Huruf kanji ini awalnya berasal dari Tiongkok. Berbeda dari hiragana dan katagana yang masing-masing memiliki 46 karakter, huruf kanji bahkan terdiri dari dari ribuan karakter. Terlalu banyaknya huruf kanji ini sehingga tidak ada yang tahu berapa tepatnya jumlah huruf kanji (biasanya sekitar 3000 yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari).

Huruf kanji lebih merepresentasikan makna dari sebuah kata daripada bunyi dari sebuah kata tertentu. Seperti contoh 木 (ki) yang berarti pohon dan 車 (kuruma) yang berarti mobil. Hal ini terlihat bahwa satu karakter saja sudah memiliki satu makna atau arti dalam bahasa latin.

Lebih dari itu, yang membuat rumit dari huruf kanji, terkadang kita akan menemukan satu huruf kanji bisa memiliki lebih dari dua jenis bacaan, bahkan lebih.

Tidak hanya bacaannya yang berbeda tetapi juga artinya yang berbeda. Hal ini bisa dilihat ketika berada dalam satu kalimat yang utuh, kita bisa melihat dari konteks yang diangkat dalam kalimat tersebut.

Biasanya di dalam sebuah kalimat kita akan mendapati beberapa petunjuk cara baca dari huruf kanji tersebut yaitu dengan imbuhan hiragana di belakang kanji tersebut. Ini menandakan bahwa kanji tersebut merupakan sebuah kata kerja.

Misalnya untuk kanji 生 memiliki banyak arti seperti hidup, lahir, mentah, dan murni. Kanji juga memiliki banyak cara baca, yaitu sei, shou, nama, umareru, ikeru, ikasu.

Tips Belajar Bahasa Jepang

Nah dari berbagai macam karakter Bahasa Jepang di atas sudah kebayang kan betapa akan sulitnya belajar bahasa jepang? Namun untuk kamu yang memiliki keinginan kuat dan tujuan tertentu tidak akan langsung menyerah begitu saja.

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk memperoleh kesuksesan dalam belajar bahasa jepang.

Misalnya saja kita perlu mendaftarkan diri ke lembaga kursus bahasa jepang yang credible, selalu belajar secara mandiri meskipun sudah kursus, perbanyak nonton TV Jepang, anime atau film layar lebar berbahasa jepang, menemukan teman belajar bahasa jepang yang sesuai dan yang terpenting adalah sering berkomunikasi dengan native bahasa jepang secara langsung.

Kursus Bahasa Jepang di Lister.co.id

Untuk kursus bahasa jepang yang credible , salah satu yang recomended adalah Lister.co.id. Kamu bisa belajar disini dengan di dampingi oleh mentor yang berkualitas dan telah tersertifikasi. Tidak hanya dalam kemampuannya berbahasa jepang tetapi juga sebagai pengajar bahasa jepang.

Lister memberikan banyak kemudahan dan keuntungan bagi setiap pembelajar, karena Lister memungkinkan kita untuk memilih waktu belajar kita sendiri. Dan untuk pembelajarannya pun bisa dilakukan dimana saja karena dilakukan secara online.

Meskipun dilakukan secara online kita akan diberikan sebuah metode pembelajaran yang membuat kita mengalami secara langsung pembelajaran tersebut seperti dalam ruang kelas dan tatap muka secara langsung. Inilah yang menjadi keistimewaan Lister

Belajar Secara Mandiri

Lister juga menyediakan materi-materi yang bisa kita ulas sendiri berupa video dan juga modul belajar. Bahkan Lister juga akan menyediakan hasil rekaman vide pembelajaran yang dilakukan selama proses belajar kita.

Latihan-latihan kecil yang berguna bagi penguasaan bahasa jepang kita juga disediakan. Hal ini agar menjaga konsentrasi kita dalam belajar bahasa jepang baik selama sesi tatap muka ataupun juga di luar itu. Artinya Lister juga sangat mendukung kita untuk melakukan belajar secara mandiri.

baca juga

Menemukan Teman Belajar Bahasa Jepang

Salah satu keuntungan belajar bahasa jepang di lister kita juga akan dikenalkan dengan berbagai komunitas belajar bahasa jepang yang memiliki tujuan yang sama dengan kita.

Misalnya ketika kita belajar bahasa jepang untuk keperluan studi maka kita akan dimasukkan ke dalam komunitas yang memiliki tujuan yang sama dengan kita, yaitu tujuan studi ke Jepang.

Hal ini mempermudah kita untuk menemukan teman belajar bahasa jepang. Sehingga kita dapat lebih sering berinteraksi dan berkomunikasi dengan bahasa jepang. Tentunya ini akan sangat membantu dalam perkembangan penguasaan bahasa kita.