Kursus Online Bahasa Arab Terbaik No.1 di Indonesia

Tingkatkan Kemampuan Bahasa Arab
untuk Raih Kesempatan yang Lebih Baik di Masa Depan

Kursus ini ditujukan untuk siapa saja yang ingin menguasai bahasa Arab secara cepat. Dengan metode fast track, materi akan lebih mudah diresapi. Jadi, jika Kamu belum pernah belajar bahasa Arab sebelumnya, Kamu akan segera menguasainya

Lister Siap Membantu Kamu
Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab !

Empat Tujuan Belajar Bahasa Arab di Masa Sekarang

Saat ini masyarakat masih terkendala dengan metode belajar kurang tepat. Opini umum menganggap bahwa belajar bahasa Arab memerlukan waktu yang lama dan harus ditekuni di pesantren hingga puluhan tahun. Dengan waktu belajar yang lama ini pun, belum menghasilkan kemampuan yang memadai. Hal ini terutama disebabkan oleh metode belajar yang rumit dan sulit. Belum ada metode yang praktis, sederhana, sekaligus komprehensif. 

Lister memperkenalkan metode baru belajar bahasa Arab dengan lebih cepat!

Apapun preferensi Anda, kami memiliki beberapa paket Privat Bahasa Arab  dengan materi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Tujuan Religius

Mempelajari bahasa Arab demi memahami dan mempelajari agama Islam

Tujuan Akademik Ilmiah

Mempelajari bahasa Arab untuk tujuan memahami ilmu dan keterampilan bahasa

Tujuan Profesional

Belajar bahasa Arab untuk keterampilan profesi, praktis atau pragmatis

Orientasi Ideologis dan Ekonomis

Sebagai media untuk kepentingan orientalisme atau hegemoni sosial, politik, dan ekonomi

Kenapa Belajar di Lister?

Total Flexibility

Platform belajar yang mudah dan menyenangkan, Anda akan mendapatkan akses level dan kurikulum sesuai dengan kemampuan serta waktu Anda.

Teknologi

Lister menggunakan teknologi meeting tatap muka secara langsung sehingga mampu menghadirkan kualitas pembelajaran maksimal layaknya belajar di kelas offline karena dibimbing oleh pengajar yang profesional, asik, dan bersahabat.

Profesional Tutor

Para tutor Lister sudah terbukti berpengalaman dalam mengajar, cara penyampaian materi yang menarik dan mudah dipahami akan membuat Anda bisa lebih enjoy saat belajar.

Corporate Client Kami

dan lainnya.
(Lister melayani training bahasa asing untuk karyawan perusahaan & Lembaga)

Bahasa Adalah Kunci Ilmu Pengetahuan

Jika ingin menguasai satu ilmu pengetahuan, maka seyogyanya kuasai terlebih dahulu bahasanya. Sebagai salah satu bahasa internasional yang dominan, bahasa Arab memiliki peran yang sangat penting. Eksistensinya dalam berbagai bidang disiplin ilmu semakin menguat dan sejajar dengan bahasa-bahasa lain seperti bahasa Inggris dan bahasa Mandarin. Menguasai bahasa Arab sama dengan menyiapkan diri menyambut lompatan kemajuan peradaban di masa depan. Pentingnya bahasa Arab juga tidak terlepas dari penggunaannya sebagai bahasa pengantar agama Islam. Islam datang dengan literatur bahasa Arab yang kaya, dan untuk memahaminya akan dibutuhkan kemampuan berbahasa Arab yang baik. Lister menyadari pentingnya hal ini, dan berkomitmen untuk menyediakan les privat bahasa Arab yang sesuai dengan kebutuhan Kamu. Dengan konsep satu tutor satu siswa, pembelajaran diharapkan menjadi jauh lebih efektif dan terarah.

Kelas SEMI PRIVATE

Di Lister Semi Private, kamu bisa ajak 1-4 temanmu untuk belajar bareng dengan tutor pilihanmu. Lebih HEMAT dari kelas Private namun lebih FOKUS dari kelas reguler.

Klik Link Dibawah
Untuk Mendaftar Kelas SEMI PRIVATE

Investasi Terbaik Untuk Masa Depan Anda

Bahasa Arab Building

Private Class

Rp 7.600.000

Rp 3.799.000

Bahasa Arab Intensive

Private Class

Rp 10.000.000

Rp 4.999.000

Bahasa Arab
Prime

Private Class

Rp 12.000.000

Rp 5.999.000

Arab
Ultimate Bronze

Private Class

Rp 14.000.000

Rp 6.999.000

Arab Ultimate
Silver

Private Class

Rp 16.000.000

Rp 7.999.000

Arab
Ultimate
Gold

Private Class

Rp 18.000.000

Rp 8.999.000

Bahasa Arab Short 1

Private Class

Rp 1.400.000

Rp 699.000

Bahasa Arab Short 2

Private Class

Rp 2.000.000

Rp 999.000

Bahasa Arab Short 3

Private Class

Rp 2.600.000

Rp 1.299.000

Bahasa Arab
Flash

Private Class

Rp 3.600.000

Rp 1.799.000

Bahasa Arab Express

Private Class

Rp 4.400.000

Rp 2.199.000

Bahasa Arab Brushup

Private Class

Rp 5.200.000

Rp 2.599.000

Kursus makin ringan! Bisa cicilan dengan bunga Nol Persen di Lister

Klik Link Dibawah
Untuk Mengajukan Cicilan Pembayaran

Terima Pembayaran
Online secara Instan

Lister  bisa menerima pembayaran melalui channel pembayaran digital seperti :

Transfer Bank

Kartu Kredit (VISA & MasterCard)

E-Wallet (GoPay, OVO & DANA)

Claim Your Discount!

Satu Langkah Lagi ... Khusus Untuk Anda Yang Daftar Hari Ini, Anda Akan Mendapatkan DISKON 50%. Jangan Lewatkan Kesempatan Ini Karena Promo Ini Akan Berakhir Dalam Waktu Dekat!

Ingat Promo ini hanya berlaku sampai
00 days 00 hours 00 minutes 00 seconds

Masih Bingung ..?? Mau Tanya Lebih Lanjut ..?

Karena harganya yang terjangkau, banyak siswa yang ingin mendaftar. Kami pun tidak menjamin bahwa kelas online ini selalu ada. Sewaktu-waktu, kami bisa tutup tanpa pemberitahuan jika jumlah peserta telah membludak. Sekarang adalah waktu yang paling tepat untuk mendaftar! Semakin cepat Anda ikut kelas, semakin cepat Anda bisa belajar dan mulai bisa!

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Temukan Jawaban Anda Mengenai Lister di Sini!

PT Lister Teknologi Edukasi

Gedung Innovation Factory | BLOCK71 Yogyakarta, Jl. Prof. Herman Yohanes No.1212, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

Follow Us On :

For further enquiries please contact us through
info@lister.co.id | +6282233589331

Copyright © 2020 lister.co.id | PT Lister Teknologi Edukasi

Kursus Bahasa Arab di Indonesia: Mengenal Tes TOAFL

Hati hati dalam membaca singkatan tes diatas. Singkatan diatas bukan TOEFL atau Tes of English as a Foreign Language melainkan Test of Arabic as a Foreign Language. Manfaat dari tes TOAFL ini kurang lebih sama dengan Tes TOEFL yait untuk keperluan akademik. Hanya saja bahasa yang dijadikan bahan tes berbeda yaitu bahasa Inggris dan bahasa Arab. Pengembang tes TOAFL juga bukan berasal dari luar negeri. Tes ini dikembangkan oleh Pusat Bahasa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta dan umumnya digunakan sebagai salah satu prasyarat masuk mahasiswa dan prasyarat siding mahasiswa di Universitas Universitas Islam Negeri di Indonesia.

Pada artikel ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai tes TOAFL ini. Pembahasan tersebut meliputi dari asal usul pengembangan tes TOAFL, manfaat tes TOAFL, materi tes TOAFL hingga lokasi dan biaya tes TOAFL.

Pengembangan Tes TOAFL

Seperti yang kita singgung sebelumnya, tes TOAFL dikembangkan oleh pusat bahasa Universitas Islam Negeri Syari Hidayatullah Jakarta. Tes ini awalnya diberi nama al-Ikhtibârât al-‘Arabiyyah li al-Dirâsât al-Islâmiyyah li al-Ajânib atau al-Ikhtibârât fi al-Lughah al-‘Arabiyyah li al-Nâthiqîna bi Ghairihâ (Pusat Bahasa UIN Jakarta:2019) namun istilah TOAFL cenderung lebih populer karena nama tesnya yang lebih singkat dan mudah diingat serta mirip tes TOEFL. Pada awalnya, tes yang mulai dirintis pada tahun 1999 ( hanya ditujukan untuk mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah saja. Namun lambat laun tes ini menjadi salah satu tes kemahiran bahasa Arab resmi yang digunakan oleh berbagai Universitas atau Sekolah Tinggi Islam lain diseluruh Indonesia.

Manfaat tes TOAFL

Menurut Muhbib dalam publikasi artikelnya yang diterbitkan oleh UIN Syarif Hidayatullah, setidaknya terdapat 8 manfaat atau tujuan dikembangkannya tes profisiensi bahasa Arab. 9 Manfaat tersebut antara lain:

  1. Mengukur kemampuan bahasa Arab calon peserta didik untuk diterima di program studi tertentu
  2. Menentukan kesiapan peserta didik tersebut untuk mengikuti pelajaran tertentu
  3. Mengukur kemampuan bahasa seorang peserta didik secara umum
  4. Mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan peserta didik dalam menggunakan bahasa Arab sehingga baik guru, dosen ataupun universitas terkait mampu merumuskan program yang tepat untuk peserta didik tersebut
  5. Menentukan program bahasa Arab yang sesuai dengan kemampuan peserta didik
  6. Memberikan orientasi dan motivasi belajar bahasa kepada peserta didik
  7. Mengelompokkan peserta didik sesuai dengan kemampuan bahasa Arabnya
  8. Merumuskan kebijakan terkait seperti penerimaan seorang calon peserta didik atau perlu tidaknya matrikulasi.

Selain dijadikan sebagai tolok ukur kemampuan bahasa Arab calon peserta didik universitas Islam dalam negeri, kini sertifikasi tes TOAFL juga diakui sebagai dokumen pembantu untuk meloloskan seorang calon peserta didi untuk kuliah di uniersitas di Timur Tengah baik untuk studi umum maupun keislaman. Lain daripada itu jika anda mendaftar sebagai pegawai Kementrian Luar Negeri yang berurusan dengan Timuur Tengah, anda juga dapat mengirimkan sertifikat tes ini.

Materi tes TOAFL

Tes TOAFL terdiri dari tiga bagian tes yaitu :

  1. Maharatul Istima’ (Listening) Sama halnya Listening Test pada tes TOEFL, ujian Istima’ pada tes TOAFL juga digunakan sebagai tes yang mengukur kemampuan pendengaran bahasa Arab seserang. Hanya saja karena tujuan tes ini adalah untuk pengajaran dikelas, maka tes bagian ini tidak diujikan oleh seorang native speaker dengan menggunakan audio atau speaker bersama dalam satu kelas. Melainkan penguji yang notabene orang Indonesia akan membacakan soal didepan.
  2. Qawa’id (Writing). Tujuan dari tes bagian ini adalah mengetahui kemampuuan calon peserta didik dalam hal menyusun kalimat bahasa Arab kedalam sebuah susunan yang baik dan benar.
  3. Maharatul Qira’at (Reading). Dalam tes ini anda akan diminta untuk membaca dan memahami teks akademik dalam bahasa Arab.

Perlu dicatat bahwasanya bahasa Arab yang diujikan adalah bahasa Arab Fusha (formal) dan bukan bahasa Arab ‘amiyah (slang) serta teks yang akan and abaca selama tes bukan teks yang ada harokatnya (arab gundul). Jadi perlu bagi anda untuk mengetahui dasar dasar Nahwu dan Sharaf serta melakuan banyak latihan. Durasi pelaksanaan tes kurang lebih 110 menit atau 1 jam 50 menit.

Walaupun tidak sepopuler bahasa Inggris, ada baiknya anda memiliki sertifikasi tes ini. Selain untuk membuka kesempatan belajar di Universitas Islam di dalam negeri maupun di Timur Tengah, setidaknya ketika anda melampirkan sertfikasi tes ini pada berkas lamaran kerja anda, anda memiliki nilai plus yang bisa jadi tidak dimiliki oleh kandidat yang lain. Jika anda berminat untuk mengikuti tes ini dan memerlukan latihan latihan soal, anda bisa mengakses latihan tersebut melalui link berikut ini[1].

Sertifikat tes TOAFL

Sama seperti sertifikat tes TOEFL, sertifikat tes TOAFL mencantumkan skor kemampuan masing masing tiga bagian yaitu  Maharatul Istima’ (Listening), Qawa’id (Writing),  Maharatul Qira’at (Reading)dan Masa berlaku sertifikat Tes TOAFL menurut laman pusat bahasa UIN Jakarta adalah selama 12 bulan atau setahun. Tetapi masa berlaku ini juga tergantung pada kebijakan institusi tempat anda melaksanakan tes.

Anda tidak perlu khawatir jika sertifikat tes ini hilang. Anda dapat meminta penerbitan ulang sertifikat di pusat bahasa Universitas Islam Negeri Jakarta dengan biaya Rp. 35.000.,00. Sertifikat anda terbilang sah dan dapat diterbitkan ulang apabila dalam sertifikat tersebut tercantum paraf korektor, tanda tangan Direktur Pusat Bahasa UIN Jakarta dan cap/stempel Pusat Pengembangan Bahasa UIN Jakarta. Penerbitan ulang sertifikat ini membutuhkan waktu sekitar lima hari kerja.

Untuk sertifikat TOAFL di Universitas Islam Negeri Malik Ibrahim Malang, peserta terutama mahasiswa hanya bisa mencetak serifikat jika skor peserta tersebut memenuhi standar.

Lokasi dan Biaya tes TOAFL

Untuk mengikuti tes ini anda bisa mengunjungi pusat bahasa Universitas Islam Negeri terdekat dirumah anda. Anda bisa mengikutinya di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta atau Universitas Islam Negeri Malik Ibrahim Malang. Biaya untuk  tes ini bervariasi antar UIN. Namun umumnya biayas tes sekitar Rp. 75.000.,00 hingga Rp. 150.000.,00 tergantung anda mendaftar tes sebagai mahasiswa universitas universitas tersebut atau sebagai masyarakat umum. Umumnya jika anda mendaftar sebagai mahasiswa anda akan dikenakan biaya sebesar 75.000.,00 sementara jika anda mendaftar sebaga masyarakat umum anda akan dikenaik biaya sebesar Rp. 100.000.,00 hingga Rp. 150.000.,00.

Untuk saat ini belum ada infromasi mendetail mengenai bagaimana mekanisme penilaian dan Quality Control tes ini. Namun pada tahun 2019, UIN Jakarta sudah resmi memegang hak cipta atas penciptaan tes TOAFL Oleh karena itu untuk informasi lebih detail mengenai tes ini anda bisa menghubungi lokasi penyelenggaraan tes terdekat. Selamat Mencoba!

Open chat
Need Help?