Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Fakta Menarik Minuman Khas Korea Soju

Minuman Soju Khas Korea

Pernah mendengar kata Soju sebelumnya? Untuk kamu penggemar K-Pops atau Drama Korea pasti sudah tidak asing lagi. Pasalnya, minuman beralkohol ini sudah sangat terkenal di Korea dan manca negara lho. Dalam serial drama berjudul “Itaewon Class”, terdapat adegan saat Park Saeroyi pertama kali minum soju dengan ayahnya. Dimana hal itu adalah momen ikatan emosional yang dalam. Park Saeroyi yang baru saja dikeluarkan dari sekolah, tetapi sang ayah bangga putranya telah membuat pilihan yang sulit tetapi etis.  Lalu, melalui serial ini secara tidak langsung menjelaskan, soju dan rasa manis (atau pahitnya) menyoroti perjalanan seorang pejuang. “Soju manis saat kamu bahagia,” begitu ucap sang ayah dalam Drama Itaewon Class.

Berbicara tentang Soju, dari mana sih asalnya?

Minuman soju berasal dari kerajaan Goryeo abad ke-13, yang menempati sebagian dari semenanjung Korea. Saat ini, ratusan tahun kemudian, soju bisa dibilang sebagai minuman paling populer di Korea.

Korean cuisine icons set. isometric set of korean cuisine vector icons for web design isolated on white background Premium Vector

Soju, pernah menjadi minuman alkohol terbaik selama lebih dari satu dekade

Tak heran jika soju pernah dinobatkan sebagai minuman beralkohol terbaik dalam waktu yang lama, karena ada banyak hal menarik di dalamnya. Soju dianggap sangat cocok dipasangkan dengan makanan. Soju dan makanan dapat menciptakan harmoni yang menguntungkan satu sama lain karena keunikan rasa yang ditawarkan.

Etimologi Soju menghubungkan kembali ke Arak, minuman Levantine, dan orang-orang Goryo menyebutnya Arak-ju (ju berarti minuman beralkohol dalam bahasa Korea).

Terbuat dari beras, ubi jalar, gandum, dan tepung tapioka. Rasa minuman Soju hampir mirip dengan Vodka, hanya saja lebih manis, lembut, dan malty. Selain itu, minuman Soju memiliki kadar alkohol yang rendah dibandingkan yang lain. Kadar alkohol pada Soju berkisar sekitar 20% sedangkan kadar Soju sekitar 16-45%. Sehingga kadar alkohol tentu lebih sedikit.

Metode pembuatan bir asli datang ke Korea melalui bangsa Mongol pada abad ke-12.Selama Chosun, soju sangat populer sehingga mempengaruhi tingkat konsumsi beras nasional dan mengkhawatirkan pemerintah.

Good Day Kiss GIF by BuBu

Dahulu, Soju dikenal sebagai minuman untuk kelas atas. Ada banyak lagu Korea yang berhubungan dengan minum soju lho. Selain itu tentu saja para penggemar drama Korea sudah tak asing lagi dengan minuman Soju yang selalu tayang dalam drama-dramanya. Selanjutnya, jika diamati lebih dalam, hanya idola dan selebriti papan atas yang menjadi model untuk merek soju.

Orang Korea dilaporkan minum rata-rata 13,7 suntikan per minggu. Orang-orang dari berbagai daerah di Korea Selatan lebih menyukai merek soju yang berbeda. Terkait rasa, soju juga tersedia berbagai rasa mulai dari peach, lemon, anggur, strawberry dan ada juga rasa Yakult yang populer.

Soju adalah minuman pilihan untuk setiap kesempatan, mulai dari pernikahan dan pemakaman, peringatan hingga perpisahan. Namun, menariknya Soju selalu terlibat dalam acara tradisi di Korea. Ia dikenal sebagai minuman komunal yang ditujukan untuk acara sosial.

Belajar bahasa asing Lister
Belajar bahasa asing Lister

Gambar: freepik.com, giphy.com

Ref:

10 Pretty Damn Amazing Things You Never Knew About Soju – https://www.koreaboo.com/lists/pretty-damn-amazing-things-you-never-knew-about-soju/