Hanguk, Sebutan Warga Korea Selatan bagi Negaranya

hanguk

Kursus Bahasa Korea – Selain nama Korea yang kita kenal saat ini, negara tersebut memiliki berbagai nama dan julukan. Salah satunya adalah Hanguk.

Warga Korea Selatan sendiri sering menyebut negaranya dengan nama Hanguk. Bagaimana awal mula nama tersebut digunakan dan apa artinya?

Hanguk adalah

Hanguk adalah sebutan bagi Korea Selatan. Nama ini merujuk pada sejarah Tiga Kerajaan Korea.

Nama Korea sendiri berasal dari Goryeo (Koryo) yang digunakan untuk menyebut Korea Utara dan Korea Selatan.

Dalam bahasa Korea, nama yang digunakan untuk kedua negara tersebut berbeda. Joseon (조선) merujuk pada Korea Utara, sedangkan Hanguk (한국) merujuk pada Korea Selatan.

Sementara itu masyarakat di China dan Jepang sering menggunakan istilah Joseon untuk menyebut kawasan Semenanjung Korea.

Baca juga: Sosok Sejong yang Agung, Raja Korea Pencipta Hangeul

Asal-usul Hanguk

Sampai 108 SM, Korea bagian utara dan sebagian Manchuria dikuasai Gojoseon, atau disebut Joseon. Go berarti kuno, disematkan untuk membedakan dengan Dinasti Joseon yang menguasai Korea berabad-abad kemudian.

Setelah jatuhnya Gojoseon, muncul penguasa-penguasa kecil. Beberapa di antaranya bergabung dan disebut dengan Samhan, artinya Tiga Han. Han berarti pemimpin atau agung.

Di awal abad ke-7, nama Samhan digunakan untuk menyebut Tiga Kerajaan Korea, yakni Baekje, Goguryeo, dan Silla. Ketiga kerajaan ini bersatu membentuk kekuasaan yang kuat untuk melakukan ekspansi. Istilah Samhan lalu digunakan untuk menyebut seluruh wilayah kerajaan. Nama ini tetap digunakan selama masa Dinasti Joseon.

Pada Periode Goryeo, nama Goryeo digunakan secara luas untuk merujuk pada seluruh wilayah Korea. Pada 1897, bangsa tersebut mengadopsi nama resmi Daehan Jeguk, artinya Kekaisaran Han yang Agung atau Kekaisaran Korea. Kata Han di sini tetap merujuk pada Tiga Kerajaan Korea.

Setelah penjajahan Jepang dan Perang Dunia II, bangsa Korea terpecah menjadi dua.

Korea Selatan mengadopsi nama Daehan Minguk sebagai nama pemerintahannya, atau disebut juga dengan Republik Korea.

Orang Korea Selatan sering menyebut negaranya dengan nama Korea Hanguk.

Baca juga: 40+ Marga Korea dan Artinya, dari Terpandang hingga Langka

Kursus Bahasa Korea, Wujudkan Impian Tinggal di Negeri Ginseng

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Korea adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti di Kursus Bahasa Korea Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan berpengalaman. Cari tahu kisah dan pengalaman mereka di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!