Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

White Day Korea, Perayaan Romantis selain Valentine

white day korea

Kursus Bahasa Korea – Berbicara tentang perayaan romantis, kamu pasti mengenal Valentine’s Day. Namun di Korea, ada perayaan lain yang sama pentingnya, disebut dengan White Day Korea.

Perayaan ini pun tak kalah meriahnya. Cari tahu asal-usul sampai cara merayakannya berikut ini.

White Day Korea adalah

White Day Korea adalah perayaan romantis di antara pasangan sebulan setelah Valentine’s Day. White Day menjadi hari saat pihak laki-laki membalas atau memberi jawaban atas hadiah yang diberikan perempuan pada Valentine’s Day.

White Day dirayakan pada 14 Maret setiap tahunnya.

White Day sering kamu lihat dalam drama Korea. Perayaan ini memang populer dan ditunggu-tunggu di Negeri Ginseng tersebut.

Baca juga: Arti Aegyo: Ekspresi Lucu Ala Idol K-Pop!

Asal-usul White Day Korea

Menurut 90 Day Korean, White Day berasal dari Jepang. Pada tahun 1970-an, Valentine’s Day sangat populer di negara tersebut.

Pada hari itu, para perempuan menunjukkan rasa kasih sayang mereka kepada laki-laki. Mereka memberikan hadiah dan cokelat kepada laki-laki yang disayang.

Perusahaan coklat kemudian mulai memproduksi marshmallow putih sebulan setelah Hari Kasih Sayang. Tradisi ini dimulai Asosiasi Industri Manisan Nasional.

Para laki-laki diharapkan membalas cokelat yang diberikan perempuan di Hari Valentine dalam bentuk marshmallow.

Marshmallow umumnya berwarna putih, sehingga hari itu disebut dengan Marshmallow Day. Lama-kelamaan, namanya berubah menjadi White Day. Di Jepang sendiri, warna putih identik dengan dengan kesucian dan cinta murni.

Manisan yang diberikan tidak terbatas marshmallow saja, tetapi coklat putih.

Saat ini hadiah yang diberikan tidak hanya manisan berwarna putih, tetapi juga cokelat, boneka, dan bunga dengan berbagai macam warna.

Tradisi ini menyebar ke negara-negara lain, seperti Korea Selatan, China, dan Taiwan.

Baca juga: Namchin Artinya, Bahasa Gaul yang Sering Ada di Drama Korea

Perayaan  White Day Korea

Jika seorang perempuan memberikan hadiah atau coklat pada Valentine’s Day, laki-laki diharapkan membalas dengan memberikan hadiah yang sama.

Di masa lampau, laki-laki memberikan hadiah berwarna putih kepada perempuan. Contohnya cokelat putih, bunga putih, atau hadiah lainnya yang berwarna putih.

Namun saat ini hadiah yang diberikan tidak sebatas berwarna putih.

Selain manisan, bunga, atau boneka, laki-laki juga dapat memberikan hadiah yang lebih mewah. Contohnya perhiasan, pakaian, bahkan gadget.

Sebelum minggu kedua bulan Maret, semua supermarket akan menjual pernak-pernik dan parcel bertema White Day. Laki-laki dapat memilih salah satu hadiah yang dijual tersebut untuk perempuan yang mereka sayangi.

Kosakata White Day Korea

  • 여자친구 (yeojachingu) – pacar perempuan
  • 남자친구 (namjachingu) – pacar laki-laki
  • 사탕 (satang) – permen
  • 초콜릿 (chokolit) – cokelat
  • 꽃다발 (kkotdabal) – buket
  • 선물 (seonmul) – hadiah
  • 데이트 (deiteu) – kencan
  • 사랑 (sarang) – cinta
  • 사랑해요 (saranghaeyo) – aku mencintaimu
  • 3월 14일 (samwol sipsail) – 14 Maret
  • 사랑을 고백하다 (sarangeul gobaekada) – menyatakan cinta
  • 선물을 주다 (seonmureul juda) – memberikan hadiah
  • 사랑하는 사람 (saranghaneun saram) – orang yang dicintai

Kursus Bahasa Korea, Wujudkan Impian Hidup ala K-Drama

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Korea adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti di Kursus Bahasa Korea Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan berpengalaman. Cari tahu kisah dan pengalaman mereka di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!