Mengupas program G to G Korea, Baca Sebelum Apply!

g to g korea

Kursus TOPIK – Jika kamu ingin bekerja di Korea salah satu jalur yang bisa membawamu lebih dekat dan mendapatkan pekerjaan ke Korea adalah program g to g Korea.

Ini merupakan program resmi dari pemerintah Korea dan Indonesia yang membantu Warga Negara Indonesia bisa bekerja di Korea. 

Apa itu program g to g Korea? 

G to g Korea adalah singkatan dari government to goverment yang merujuk para kerjasama antara pemerintah Korea dan pemerintah Indonesia dalam hal penempatan pekerja Indonesia di Korea. 

Jadi dengan hadirnya program g to g ini, pemerintah Indonesia selalu menginformasikan tentang lowongan kerja yang tersedia sehingga masyarakat Indonesia bisa mendaftar. 

Penempatan kerja nantinya ada di Korea sehingga jika diterima maka WNI akan tinggal di Korea sesuai kontrak kerja. Tidak heran untuk bisa lolos pada proses seleksi program g2g ini membutuhkan kemampuan bahasa Korea dan juga syarat lain yang dibutuhkan untuk bidangnya. 

Program gtog di Indonesia dikelola oleh Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia dari website resmi BP2MI  ini selalu update  jika program  g to g dibuka. Secara sederhana BP2MI ini yang mengatur penempatan kerja WNI ke Korea dengan berbagai bidang. 

Mencari pekerjaan di Korea melalui program gtog dari BP2MI Korea ini akan membantu kamu kerja di Korea melalui jalur resmi. Sehingga kemungkinan untuk berangkat ilegal maupun penipuan akan sangat minim. 

Namun untuk lolos program gtog memang tidak mudah sehingga kamu perlu persiapan yang matang. Dari persiapan dokumen sampai dengan kecakapan bahasa Korea. 

Berdasarkan website BP2MI program g to g terakhir  dibuka pada bulan Juli 2023 sehingga untuk tahun  2024 dan selanjutnya  pastinya informasi pembukaan program juga akan diumumkan di website BP2MI. 

Bidang kerja yang terbuka untuk program g to g Korea

Ada beberapa posisi atau jabatan yang terbuka dari program g to g Korea ini diantaranya adalah

  1. Perawat
  2. Care worker
  3. Food services
  4. Pekerja konstruksi 
  5. Welder 
  6. Agriculture worker

Di atas adalah beberapa posisi yang banyak  disalurkan di Korea.  Namun masih ada banyak posisi atau jabatan lain yang ditawarkan melalui program g to g Korea ini. 

Artikel terkait : Latihan Tes TOPIK Online, Belajar Intensif di Kelas Private!

Bagaimana alur penempatan kerja melalui program g to g Korea BP2MI? 

Untuk kamu yang ingin mengikuti program  GtoG Korea melalui BP2MI berikut Lister informasikan tahapannya. 

Informasi berikut ini atau tentang alur penempatan  pekerja migran Indonesia  bersumber dari  channel YouTube BP2MI humas. 

g to g korea
Alur g to g Korea | Sumber : Channel Youtube BP2MI humas

1. Persiapan bahasa Korea

Di tayangan langsung Youtube BP2MI humas menerangkan bahwa sebelum mengikuti pendaftaran lebih lanjut untuk kerja di Korea kandidat perlu menguasai bahasa Korea terlebih dahulu. 

Sebab nantinya di persyaratan akan ada tes TOPIK yang akan menilai kemampuan bahasa Korea kandidat. Sehingga untuk mengikuti proses ini dengan baik pastinya kandidat wajib bisa bahasa Korea. 

Jadi untuk kamu yang ingin mengikuti program ini akan lebih baik mengikuti kursus atau belajar bahasa Korea terlebih dahulu secara intensif. 

Jika nantinya dibutuhkan sertifikat topik maupun ujian topik kamu bisa melaluinya dengan mudah dan siap. 

2.  Memantau  lowongan kerja di website BP2MI 

Program g to g Korea akan diumumkan di website resmi bp2mi  berupa  jenis lowongan kerja, syarat pendaftarannya,  rentang waktu pendaftaran  dan juga apa yang dibutuhkan dengan lengkap. 

Kamu perlu mengikuti info terbaru dari BP2MI jika ingin mengetahui lowongan kerja yang terbuka. 

3. Pendaftaran online

Pendaftaran untuk program g to g Korea dilakukan secara online di website yang sudah ditentukan oleh BP2MI.

Informasi pendaftaran dan alur sudah dijelaskan dengan lengkap di halaman website BP2MI. Jadi kamu bisa mengikuti proses pendaftaran secara online dengan panduan tersebut. 

Karena ini pendaftaran mandiri kamu perlu membaca dengan detail dan teliti apa saja yang dibutuhkan dan laman mana yang digunakan untuk mendaftar. 

4. Verifikasi dokumen 

Setelah dokumen  di upload secara online maka dokumen kandidat yang mendaftar akan diperiksa dan diverifikasi langsung petugas dari Indonesia dan juga HRD dari Korea. 

Pada proses verifikasi dokumen tidak hanya dokumen yang dikumpulkan saja yang dicek namun kandidat juga perlu melakukan pengumpulan fingerprint atau sidik jari  dan juga foto wajah.  

Hal ini dilakukan untuk meminimalkan kecurangan pendaftaran misalnya  pada kasus pendaftar dan peserta ujian berbeda. 

5. Mengikuti Computer Based Test

Ada beberapa hujan yang akan dilakukan pada proses ini diantaranya adalah

a. Ujian TOPIK atau ujian bahasa Korea

 b. Ujian skill 

Skill test adalah ujian yang dilakukan untuk menguji atau mengukur kemampuan seseorang dalam bidang tertentu.  Ujian ini dilakukan pada program g to g Korea untuk menilai bagaimana kemampuan kandidat sesuai bidang yang dibutuhkan. 

Jenis ujian yang akan dilakukan pada skill test ini adalah tes wawancara, tes kemampuan dasar dan tes fisik. 

Kedua jenis tes ini langsung dilakukan di bawah kewenangan HRD Korea sehingga  pegawai BP2MI dari Indonesia  tidak memiliki kewenangan apapun untuk mencampuri ujian ini. 

6. Pengumuman kelulusan 

Informasi pengumuman kelulusan akan dipasang di website resmi dan di tahapan ini kandidat bisa mendownload hasil sertifikat kelulusan. Proses ini juga murni kewenangan kelulusan dari HRD perusahaan Korea. 

7. Lamaran online 

Setelah memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan, kemampuan bahasa dan memenuhi skill maka kandidat bisa mengikuti lamaran kerja online. Di tahapan ini kandidat akan melakukan verifikasi data kembali juga tes MCU yang kedua. 

Setelah mengikuti lamaran online maka selanjutnya kandidat perlu menunggu sampai ada pengumuman bahwa lamarannya diterima. 

Namun langkah belum selesai sampai disini karena masih ada langkah selanjutnya  sampai dengan menunggu panggilan di perusahaan Korea sampai dengan pemberangkatan. 

Mungkin Anda tertatik : 5 Cara Belajar Bahasa Korea Agar Cepat Fasih

Hal yang perlu disiapkan untuk mengikuti program gtog Korea 

Ada beberapa kebutuhan pokok yang dibutuhkan untuk mengikuti program g to g Korea, diantaranya 

1. Bahasa 

Seperti yang kita tahu bahasa menjadi kebutuhan utama untuk bisa mengikuti program kerja di Korea. Kamu perlu menguasai bahasa Korea dengan baik. 

Untuk menguasai bahasa Korea yang fasih dalam tingkatan tertentu membutuhkan waktu yang sebentar. Sehingga siapkan kebutuhan bahasa jauh-jauh hari. 

2. Kemampuan keuangan 

Ada banyak yang kebutuhan yang membutuhkan dana untuk persiapan bekerja di Korea. Diantaranya kebutuhan untuk kursus bahasa Korea, biaya pendaftaran dan tes program G to G Korea, pembuatan paspor dan dokumen lainya juga biaya transportasi. 

Banyak kandidat menyiapkan kebutuhan keuangannya secara mandiri untuk bisa bekerja di Korea. Sehingga kamu memang perlu persiapan keuangan dengan baik. 

3. Ujian skill dan wawancara 

Selanjutnya kamu perlu menyiapkan ujian tertulis dan lisan dalam proses tes CBT untuk program g to g Korea. Persiapan ini dapat dilakukan dengan mempelajari teori terkait maupun latihan wawancara. 

4. Dokumen 

Ada banyak dokumen yang perlu disiapkan dalam proses penjaringan g to g Korea.  mulai dari pas foto, ijazah, Paspor, Surat sehat dan lainnya.  Persiapan dokumen ini membutuhkan waktu. yang tidak sebentar. Untuk itu persiapkan dengan baik agar semua dokumen dapat terkumpul dengan lengkap. 

Kursus persiapan tes TOPIK untuk program G to G Korea

Seperti yang dituliskan di atas untuk bisa kerja di Korea dalam program g2g maka diperlukan kemampuan bahasa Korea yang baik.  kemampuan bahasa Korea akan dinilai berdasarkan hasil dari sertifikat TOPIK. 

Kamu bisa mengikuti persiapan tes topik bersama Lister.  Lister adalah lembaga kursus bahasa  asing yang membantu student mencapai goals nya. Kabar baiknya kamu bisa belajar bersama Lister secara online

Persiapan ke Korea dan mempelajari bahasa bersama Lister akan berjalan dengan menyenangkan dan efektif. Sama mentor yang profesional dan berkualitas.  

Selain itu kamu bisa menentukan waktu belajar secara mandiri Sesuai dengan jadwal kamu.  sehingga belajar akan lebih efektif.  Kamu bisa daftar program ini dengan klaim kode promo BLOGLISTER10  untuk dapatkan potongan harga 10%.  Promo ini berlaku untuk pembelian kelas seharga satu jutaan. Segera daftar dan klaim promo sekarang melalui WhatsApp Lister

Sumber gambar : jcom di Freepict

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.