Program Ausbildung Jerman, Kita Bisa Kerja Di Luar Negeri!

ausbildung jerman

Kursus Persiapan Tes GOETHE – Di dunia pendidikan sekarang sudah sangat maju apalagi di negara Jerman hal ini juga mempengaruhi pendidikan di Indonesia. 

Di Jerman ada program ausbildung Jerman yang memungkinkan siswa Indonesia pergi ke Jerman untuk mendapatkan pendidikan dan program magang yang dibayar berikut penjelasannya. 

Apa itu ausbildung?

Program ausbildung adalah Program pendidikan di Jerman yang memungkinkan mahasiswa non Jerman bisa mendapatkannya,  termasuk siswa dari Indonesia. 

Sistem belajar ausbildung adalah Penggabungan belajar teori dan praktik atau magang yang dilakukan langsung di perusahaan. 

Untuk menjalankan program belajar seperti ini biasanya Universitas menggunakan sistem pembelajaran 70% pada praktik dan 30% untuk teori.

Namun hal ini tergantung dengan kejuruan yang sedang dipelajari.  Tujuan dari program ausbildung Jerman ini adalah untuk menyiapkan mahasiswa  dalam dunia kerja. namun juga didukung dengan pengetahuan teori yang lengkap. 

aufbildung jerman
Gambaran Ausbildung Jerman | Sumber : serhiibobyk di Freepict

Selain itu tujuan program ausbildung ini Adalah memberikan pengalaman mahasiswa untuk langsung bekerja di lapangan. 

Dengan begitu mahasiswa bisa melihat apa yang sedang dihadapi industri dan bagaimana budaya kerja di lapangan. 

Tentunya hal ini membuat mahasiswa lebih siap untuk memasuki industri dan dunia kerja juga dapat mengurangi jumlah pengangguran. 

Itu ilmu yang didapatkan langsung dari lapangan akan menjadi bekal untuk masuk di dunia kerja nantinya.  termasuk problem solving,  koordinasi tim,  dan juga softskill yang harus dikuasai di dunia kerja. 

baca juga : Kursus Goethe Jakarta Online, Program Garansi Skor Tes Goethe 250/300!

Panggilan untuk peserta ausbildung Jerman 

Siswa yang bergabung dalam program ausbildung dapat disebut juga dengan nama Azubi yang merupakan singkatan dari Auszubildender

Dalam bahasa Jerman Azubi Ini memiliki arti siswa magang atau siswa yang sedang dalam pelatihan. 

Dalam program ausbildung Azubi ini akan memiliki pelatih untuk membina menjadi tenaga ahli. 

Setelah melewati proses pendidikan di universitas dan juga kegiatan magang langsung di perusahaan para azubi ini akan mendapatkan sertifikat dan juga gelar yang diakui secara resmi. 

Dimana sertifikat ini akan mendukung digunakan untuk masuk ke dunia kerja. Untuk mendapatkan sertifikat dengan gelar tertentu. 

Pastinya para Azubi akan melewati proses ujian dengan standar tertentu. Hal ini juga yang membuat program ausbildung Jerman menjadi program pendidikan yang berkualitas dan juga  diperhitungkan di dunia kerja. 

Berapa lama program ausbildung Jerman berlangsung? 

Umumnya program aus building ini akan berjalan 2 hingga 3 setengah tahun. Namun hal ini juga bergantung dengan bidang studi yang diambil oleh para Azubi.  

Ada beberapa  program studi yang membutuhkan waktu lebih lama dalam  sistem ausbildung. Bisa jadi lebih panjang atau juga lebih pendek program yang membutuhkan waktu lebih lama umumnya memiliki kompleksitas lebih tinggi begitu juga dengan program yang selesai lebih awal. 

ausbildung jerman
Gambaran Ausbildung Jerman | Sumber : Freepict

Jadi program ausbildung ini memang mirip dengan sekolah vokasi di Indonesia. Di mana mahasiswa belajar secara teori maupun praktek. 

Program seperti ini di Indonesia juga bisa disebut dengan dual sistem yang sekarang sudah marak diaplikasikan untuk belajar di perusahaan lebih lama daripada belajar teori di kampus. 

artikel tentang Jerman lainya : Belajar Bahasa Jerman Pemula, dari Alfabet sampai Percakapan

Kemampuan yang dibutuhkan untuk mengikuti ausbildung Jerman

 Sebagai mahasiswa asing, untuk bisa mengikuti program ausbildung di Jerman tentunya kita perlu memiliki pengetahuan dan skill untuk bisa hidup di Jerman. 

1. Kemampuan bahasa 

Tentunya selain dari sisi akademis  kamu juga perlu menguasai bahasa Jerman. Menurut laman goethe.de  kemampuan bahasa Jerman yang perlu dikuasai oleh mahasiswa asing non Jerman adalah Bahasa Jerman tingkat B2. 

Dimana bahasa Jerman tingkat B2 ini merupakan tingkat menengah untuk keperluan menjalani program studi di perguruan tinggi Jerman maupun untuk melamar pekerjaan di Jerman. 

Sehingga untuk kamu yang ingin bergabung dengan program ini sebaiknya  mulai belajar bahasa Jerman dari sekarang. Atau kamu juga bisa mengikuti kursus bahasa Jerman.

Kemampuan bahasa Jerman kamu nantinya akan dinilai dengan tes GOETHE  yaitu tes untuk menguji kemampuan bahasa Jerman seseorang. 

2. Kemampuan keuangan 

Selain kemampuan bahasa, kemampuan keuangan juga diperlukan jika kamu ingin mengikuti program ausbildung di Jerman. 

Program ini membutuhkan kemampuan keuangan karena kita perlu mengurus visa dan juga keberangkatan sendiri. 

Walau nantinya  Azubi mendapatkan gaji dari program magangnya namun untuk persiapan sampai keberangkatan dan juga kepulangan menggunakan dana pribadi. 

Dan Jerman sangat berbeda dengan Indonesia yang memiliki biaya hidup dan juga biaya pendidikan yang tidak  murah. Untuk itu kamu perlu mempersiapkan dana yang cukup ya! 

Seperti yang kita tahu program belajar di Jerman perlu melampirkan bukti  jumlah tabungan di rekening untuk membuktikan bahwa kita memiliki kemampuan untuk hidup di Jerman. 

Syarat ini bukan hanya untuk program ausbildung  namun jika kamu ingin mengambil pendidikan dan bertinggal di Jerman. 

Dengan persyaratan kemampuan Seperti di atas kamu perlu mempertimbangkan dengan baik jika ingin mengikuti program  ausbildung Jerman.

Dokumen yang harus dipersiapkan untuk ausbildung Jerman 

Ada beberapa dokumen yang digunakan untuk proses seleksi program paus building Jerman. Diantaranya adalah

  1.  Ijazah kelulusan untuk tingkat SMK dan SMA
  2. Sertifikat bahasa Jerman yang dikeluarkan oleh GOETHE Institute  dengan minimal tingkat B1
  3.  curriculum vitae atau CV
  4.  motivation letter dalam bahasa Jerman
  5. Transkrip nilai dalam bahasa Jerman

Siapkan beberapa kebutuhan dokumen di atas dengan baik ya!  Beberapa dokumen mungkin membutuhkan persiapan yang tidak Sebentar sehingga kamu perlu menyiapkannya jauh-jauh hari sebelumnya. 

Bagaimana caranya mengikuti program  ausbildung Jerman

Ada beberapa website yang membantumu mendaftar program ausbildung Jerman, diantaranya adalah https://www.azubi.de/ dan juga https://www.ausbildung.de/. 

Website-website tersebut akan memberikan informasi tentang lowongan pekerjaan yang tersedia beserta syarat dan gajinya.  Untuk kemudian kamu akan diarahkan untuk mengikuti pelatihan. 

Melalui jalur-jalur pelatihan seperti ini kamu akan diarahkan masuk lowongan kerja yang kamu inginkan. 

Fasih bahasa Jerman B1/B2 untuk bekal Ausbildung di Jerman

Sedang mempersiapkan kebutuhan mulai proses program  ausbildung di Jerman? Bisa loh mempersiapkannya bersama  Lister. 

Lister memiliki beberapa program bahasa Jerman, Seperti Kursus bahasa Jerman, kursus persiapan ujian GOETHE dan juga  bimbingan persiapan ausbildung Jerman. 

Untuk kelengkapan informasi tentang layanan ini kamu bisa langsung menghubungi tim Lister ya!  Yang pasti belajar bahasa bersama lister  cukup fleksibel dan menyenangkan. Hasilnya pun efektif. 

Setiap students di Lister  bisa mengatur jadwal belajarnya sendiri dan juga kebebasan untuk memilih tutor. belajar bersama Liter dilakukan secara online sehingga kamu bisa belajar kapan saja dan di mana saja. 


Persiapkan ausbildung Jerman sekarang juga dan daftar kursus di Lister mumpung sekarang ada promo 10% untuk pembelian kelas seharga satu juta. Klaim kode promo BLOGLISTER10  untuk dapatkan potongan harga kelas!  klaim promo sekarang di WhatsApp Lister.

Sumber gambar : Freepict

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.