3 Cara Kerja Di Jepang, Jobseeker Wajib Tahu!

cara kerja di jepang

Kursus Persiapan Tes JLPT –  Banyak orang menginginkan kerja di luar negeri terutama di Jepang.  Hal ini karena kemungkinan gaji yang lebih besar,  peluang karir yang lebih baik  dan juga budaya Jepang yang dianggap cukup mudah. 

Tidak heran banyak orang berlomba  mendaftar  pekerjaan di Jepang.  ada tiga cara kerja di Jepang yang Lister kumpulkan untuk kamu. 

 Bekerja di Jepang 

Ada beberapa hal yang menarik di negara Jepang sehingga membuat banyak orang ingin memiliki pengalaman bekerja di Jepang.  Beberapa kelebihan bekerja di Jepang adalah

1. Nominal gaji yang tidak main-main

 Salah satu hal yang menarik banyak orang non Jepang bekerja di negara Jepang adalah gaji yang cukup menggiurkan.  Apalagi jika nominal Jepang di tukar dalam rupiah. 

Beberapa lowongan kerja yang tersedia di Jepang dan terbuka untuk masyarakat Indonesia adalah careworker dan perawat.

Di mana setiap bulannya profesi ini bisa mendapatkan 13 sampai 25 juta perbulan. Ini adalah angka yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan posisi yang sama di Indonesia. 

Untuk posisi yang lebih strategis seperti peneliti, penerjemah, Banking dan lainnya kemungkinan memiliki peluang untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi. 

2. Kualitas hidup 

Selain menawarkan gaji yang tinggi di Jepang juga menawarkan kualitas hidup yang lebih baik.  Di mana hal ini membuat banyak orang merasa lebih nyaman dan tenang hidup di Jepang. 

Seperti yang kita tahu di Jepang memiliki budaya yang tertib dan disiplin. baik dalam hal kebersihan, sosial, pekerjaan dan juga kehidupan sehari-hari lainnya. 

Fasilitas umum di Jepang juga sangat diperhatikan seperti transportasi, layanan kesehatan kebersihan umum dan juga warga negaranya. 

Hal ini membuat  orang yang tinggal di Jepang merasa lebih baik. Belum lagi Jepang dipenuhi dengan budaya yang masih cukup kental.

Sehingga bukan hanya maju dalam hal teknologi namun Budaya tradisional tetap terjaga. Hal ini menjadi daya tarik sendiri untuk masyarakat internasional. 

Namun selain kelebihan dan kenyamanan bekerja di Jepang kamu juga perlu memperhatikan budaya Jepang lainnya yang terkadang dirasakan cukup berat untuk orang non Jepang. 

Seperti cara kerja di Jepang yang cukup disiplin dan budaya lembur dalam pekerjaan,  masyarakat Jepang yang Individual dan juga ketertiban di muka umum. 

Jika ingin bekerja di Jepang maka kamu harus menerima kelebihan dan kekurangan negara ini. 

 Bagaimana cara kerja di Jepang?

Ada beberapa penyalur resmi baik dari pemerintah Indonesia maupun swasta yang membantu kamu bisa bekerja di Jepang.  Beberapa saluran tersebut adalah

1.  Program g to g Jepang

Cara kerja di Jepang yang paling aman adalah menggunakan program g to g. Program   g to g adalah program kerjasama antara pemerintah Indonesia  dengan pemerintah Jepang. 

Di Indonesia sendiri program ini dikelola oleh BP2MI atau Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia. Di mana dalam program ini pemerintah Indonesia dapat mengirimkan sumber daya manusia yang berkualitas untuk bekerja di Jepang. 

Seperti yang sudah berjalan program g to g Jepang membuka untuk posisi perawat dan  careworker. Bisa mendapatkan informasi dan juga langsung mendaftar melalui website BP2MI. 

Dalam halaman website sudah tersedia langkah dan juga alur pendaftaran sampai seleksi.  program  g to g Jepang banyak diminati karena dikelola langsung oleh pemerintah sehingga kemungkinan kecurangan akan lebih kecil. 

Namun seperti yang kita tahu penyaluran tenaga kerja seperti ini membutuhkan waktu yang tidak Sebentar dan juga syarat yang cukup lengkap.  

Bahkan jika pendaftaran dibuka sekarang Maka pembayaran akan dilakukan tahun depan. Program g to g menjadi salah satu cara kerja di Jepang  yang sudah terpercaya dan mengirimkan puluhan ribu warga negara Indonesia untuk bekerja di Jepang. 

Kamu bisa mengikuti informasi terbaru tentang g to g Jepang dengan membuka laman https://bp2mi.go.id/gtog-jepang . 

2. Program magang di Jepang dari kemnaker

Cara kerja di Jepang jalur pemerintah selain menggunakan program g to g cara kerja di Jepang lainnya adalah melalui program magang di Jepang dari Kemnaker.

Ini merupakan kerjasama Kementerian Ketenagakerjaan RI dengan International manpower development organization Japan. 

Sehingga kemnaker akan membantu penyaluran SDM yang berkualitas sebagai peserta magang. Program magang ini ini akan berlangsung 3 tahun. 

Kabar baiknya program magang ini juga akan diberikan tunjangan per bulannya.  Untuk careworker  tunjangan per bulan bisa mencapai 105.000 Yen yang setara dengan 10 juta rupiah.

Makin lama tahun makan maka akan semakin tinggi tunjangan. Kamu bisa mengikuti program magang dari kemnaker ini sebagai cara kerja di Jepang dengan membuka laman Kemnaker.co.id atau juga website jepangmagang.id. 

3. Melalui penyalur swasta 

Ini juga menjadi opsi cara kerja di Jepang yang banyak dipilih  menggunakan penyalur swasta.  di laman website  BP2MI  sudah ada file daftar nama penyalur swasta yang bisa membantu kamu kerja di Jepang. 

Jika sudah masuk dalam daftar P3MI pastinya perusahaan swasta penyalur pekerja Indonesia ini sudah aman. 

cara kerja di Jepang
Cara kerja di Jepang | Sumber : https://bp2mi.go.id/

Namun untuk menggunakan layanan P3MI ini memang membutuhkan dana yang lebih besar.  Sehingga kamu perlu menyiapkan keuangan yang cukup. 

Persiapan yang dibutuhkan untuk bekerja di Jepang

Pekerja di negeri orang pastinya kamu harus memiliki bekal skill yang mencukupi sehingga di sana ilmu akan sangat membantu dan berguna dalam pekerjaan.  Dengan begitu karir juga akan  berjalan baik. 

1. Skill bahasa Jepang

Belum kamu mendaftarkan program kerja sebagai salah satu cara kerja di Jepang , kamu perlu memiliki kemampuan bahasa Jepang yang cukup baik. Sebab bahasa yang mumpuni adalah salah satu syarat kerja di Jepang.

Setiap perusahaan memiliki standar kemampuan bahasa masing-masing ada yang mensyaratkan kemampuan bahasa minimal level N5 atau juga N4 dalam ujian JLPT. 

Jadi jika ingin bekerja di Jepang kamu harus membekali dirimu dengan kemampuan bahasa Jepang yang baik.

Kamu bisa mengikuti kursus maupun belajar secara mandiri agar skill bahasa jepangmu terasa dengan baik secara tulis maupun lisan. 

2. Skill sesuai bidang kerja 

Selanjutnya adalah skill sesuai dengan bidang kerja. Untuk program g to g biasanya membuka lowongan untuk careworker dan perawat. Di mana keduanya membutuhkan kemampuan perawat yang mumpuni.  

Hal ini dapat dilihat dari latar belakang pendidikan minimal D3 maupun D4 perawat dan juga sertifikat  program keahlian atau STR. 

Secara umum lowongan kerja di Jepang memiliki minimal pendidikan setara dengan SMA atau SMK. Namun hal ini kembali lagi dengan profesinya. 

Jika kamu ingin melamar menjadi  web developer,  arsitek,  jurnalis  maupun desainer  tentunya perlu  Latar belakang pendidikan yang memadai seperti  lulusan S1. 

Jika kamu masuk di bidang lain maka kamu perlu memiliki skill dan dapat membuktikannya secara tertulis.   Misalnya dokumen sertifikasi  atau bukti tertulis lainnya. 

Ini nantinya juga akan diuji dalam  skill test dalam proses penjaringan kandidat yang akan dikirim ke Jepang.  Tes Ini digunakan untuk memastikan kamu memiliki kemampuan yang dibutuhkan. 

3. Kondisi kesehatan yang bagus 

Kondisi kesehatan akan teruji dengan medical check up atau MCU yang akan dilakukan di proses screening kandidat.

Proses MCU ini pasti akan selalu ada dalam setiap program penyaluran Tenaga Kerja baik dari pemerintah maupun dari swasta. Proses skrining MCU dilakukan untuk melihat seberapa bagus kondisi Tubuh kamu.  

Tentunya penyalur kerja tidak ingin kandidat memiliki keterbatasan atau kondisi tubuh yang kurang  karena hal ini akan beresiko mengganggu pekerjaan di Jepang nanti. 

4. Persiapan dokumen 

Kamu perlu mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan seperti visa, paspor,  ijazah,  transkrip nilai,  pas foto,  sertifikat bahasa Jepang  dan lainnya. 

Untuk mengumpulkan semua dokumen ini dibutuhkan waktu yang tidak Sebentar dan usaha yang tidak mudah.  untuk itu persiapkan jauh-jauh hari agar semua yang dibutuhkan lengkap. 

5. Keuangan 

Selain materi dan juga dokumen yang tidak kalah penting adalah kesiapan keuangan.  Di mana dalam proses seleksi sampai pemberangkatan kamu bisa mengeluarkan uangmu mandiri. 

 Dari proses pelatihan bahasa Jepang,  ujian tes bahasa Jepang,  membuat visa,  transportasi dan lainnya sangat membutuhkan dana yang tidak sedikit.  untuk itu persiapan keuangan  juga sangat dibutuhkan. 

Pekerjaan yang banyak dibutuhkan di Jepang 

Ada beberapa industri yang  membuka banyak lowongan pekerjaan diantaranya adalah 

1. Teknologi dan informasi

2.  Bidang kesehatan

3. Perkebunan dan pertanian

4.  Pariwisata 

5. Pengertian dan pengembangan

6.  Manufaktur

Seperti yang kita tahu bidang-bidang di atas adalah bidang yang cukup maju di Jepang sehingga tidak heran jika Jepang membutuhkan banyak SDM untuk mengembangkan industri tersebut. 

Kuasai bahasa lolos tes JLPT dengan skor terbaik untuk berangkat ke Jepang

Bahasa Jepang adalah keharusan jika ingin bekerja di negara ini.  Tingkat bahasa yang perlu dikuasai juga tidak tinggi minimal N5 atau N4.  Kamu bisa memulai belajar bahasa Jepang bersama Lister! 

Lister membuka program kursus bahasa Jepang dan kursus persiapan tes JLPT untuk membantu kamu berangkat ke Jepang dengan bahasa yang memadai. 

Belajar secara online dan jam yang fleksibel untuk  hasil belajar yang efektif.  Belajar online bisa bersama tutor terbaik  dan kamu bisa memilih tutor sesuai kualifikasi yang kamu inginkan.

Persiapkan kebutuhan bahasa sekarang juga untuk kerja di Jepang bersama lister.  Daftar segera dan dapatkan promo 10%. Klaim kode voucher BLOGLISTER10  untuk dapatkan  potongan harga sebesar 10%.  Promo ini berlaku untuk kamu yang membeli kelas seharga satu jutaan. 

 Klaim promo sekarang juga di WhatsApp Lister

Sumber gambar : Freepict

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.