Inpex Scholarship, Beasiswa S2 ke Jepang

Inpex Scholarship

University Preparation Program – Jepang dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki sistem pendidikan berkualitas tinggi. Ada deretan universitas terkemuka yang menawarkan program S2 yang komprehensif. 

Jika kamu memiliki impian untuk bisa mengenyam pendidikan gelas master di Jepang. Ada beasiswa Inpex Scholarship yang bisa kamu coba daftar untuk pembiayaan sekolah dan tunjangan hidup selama di Jepang.

Apa itu Inpex Scholarship?

Dilansir dari laman Inpex Scholarship Foundation, beasiswa Inpex didirikan sebagai organisasi nirlaba di Jepang pada bulan Maret 1981. 

Beasiswa tersebut memiliki tujuan untuk mempromosikan dan menjalin persahabatan antara negara Indonesia dan Jepang. Program ini berfokus pada pertukaran pelajar melalui pemberian beasiswa bergelas master. 

Tak hanya untuk pemuda Indonesia saja, Inpex scholarship memperluas targetnya hingga ke Australia dan Uni Emirat Arab. 

Sejak tahun 2022, beasiswa Inpex ditujukan kepada mahasiswa Indonesia, Australia, dan UEA yang berprestasi dan ingin menempuh pendidikan pascasarjana di Jepang.

Proses seleksinya adalah ditujukan kepada penerima beasiswa yang tinggal di negara asal. Nantinya, Inpex scholarship yang akan membantu kandidat untuk mendapatkan visa pelajar. 

Beasiswa S2 Jepang ini akan memberikan uang bulanan berupa biaya hidup, biaya masuk dan kuliah, hingga tiket pulang pergi ke dan dari tempat studi. 

Sebagai mahassiwa asing, kelas yang akan diambil adalah internasional class yang mana menyediakan pembelajaran dengan pengantar bahasa Inggris. 

Tenang saja, nantinya Inpex scholarship akan memberikan wadah kepada kandidat untuk belajar bahasa Jepang agar mudah dan akrab dengan masyarakat sekitar. 

Baca juga: Daftar Beasiswa Jepang untuk Kaum Pencari Beasiswa! 

Syarat daftar Inpex Scholarship

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk melamar Inpex Scholarship. 

  • Warga negara Indonesia
  • Sedang tinggal di Indonesia
  • Usia kurang dari 30 tahun 
  • Pendidikan sekolah umum tidak lebih dari 16 tahun 
  • Sudah mendapatkan gelar Sarjana di bidang ilmu pengetahuan alam
  • IPK minimal 3.00
  • Memiliki tujuan belajar dibidang ilmu pengetahuan alam di program magister dari universitas yang ada di Jepang. 

Persiapkan persyaratan mulai dari berkas hingga berkas yang harus dikumpulkan dengan baik. Pasalnya, jumlah penerima Inpex scholarship setiap tahunnya hanya sekitar tiga diantara ribuan pendaftar saja.

Jadwal lamar Inpex Scholarship

Inpex scholarship biasanya dibuka pada bulan Agustus hingga Oktober setiap tahunnya. Selang dalam dua bulan tersebut, kamu bisa mempersiapkan persyaratan dengan baik dan matang. 

Beasiswa S2 Jepang yang selanjutnya ini kemudian akan diumumkan ke tahap selanjutnya di bulan Februari. Di akhir bulan Maret, keputusan final tentang siapa saja yang lolos dan berhak mendapatkan beasiswa Inpex. 

Tunjangan yang didapatkan dari Inpex Scholarship

Inpex scholarship akan memberikan berbagai kebutuhan hidup hingga keperluan kuliah kandidatnya. Seperti, 

  • Semua biaya sekolah di Universitas di Jepan, biaya ujian masuk, uang pangkal, dan biaya kuliah per semester. 
  • Uang tunjangan sebesar 160,000 Yen. 
  • Biaya tiket komuter di Jepang. 
  • Tiket pesawat dari Jakarta ke Tokyo, pulang pergi, kelas ekonomi, satu kali selama masa belajar.

Baca juga: Kuliah Di Jepang dengan Beasiswa Kuas, Pendanaan Penuh!

University Preparation Program, Kuliah Sekarang Jadi Lebih Mudah!

Ingin kuliah S-2 di salah satu universitas TOP di Jepang seperti Tohoku University, The University of Tokyo, Osaka University, Tokyo Institute of Technology, dan lainnya? Persiapkan dirimu dengan mengikuti University Preparation Program di Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik lainnya.

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Foto utama oleh jcomp di Freepik.

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts