Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris

lister co id kursus bahasa inggris

lister.co.idBelajar Berbicara dan mengerti bahasa inggris , sekarang seperti sudah menjadi sebuah keharusan dan kebutuhan bagi setiap individu.

Mulai dari hal-hal yang memang membutuhkan kemampuan berbahasa inggris, seperti melamar pekerjaan atau daftar ke sebuah institusi tertentu, kebutuhan sehari-hari hingga hanya sekedar untuk prestise.

Tidak dapat dipungkiri bahwa semakin berkembangnya dunia, Bahasa inggris yang memang merupakan Bahasa internasional menjadi, seseorang seperti dituntut akan hal ini.

Bisa berbahasa inggris sudah menjadi seperti hal biasa yang hampir semua orang miliki.

Namun di sisi lain, banyak orang yang merasa ia masih sangat minim dalam berbicara atau bahkan kesulitan dalam mengerti hal-hal paling dasar sekalipun.

Hal ini tidak hanya dirasakan oleh sebagian anak sekolah, tetapi juga banyak remaja, anak muda, hingga orang dewasa yang bisa disebut pemula dalam Bahasa inggris.

Entah karena akses yang didapatkan untuk belajar yang sedikit, atau ia memang tidak atau belum menyadari kepentingan akan hal itu sehingga tidak merasakan kebutuhan untuk mempelajarinya.

Belajar Bahasa inggris merupakan sebuah pilihan, tetapi sepertinya masih banyak orang yang ingin sekali bisa dan mau belajar Bahasa inggris, namun merasa tidak tahu harus mulai darimana atau merasa sudah terlalu terlambat untuk belajar di usia yang sudah tidak lagi anak-anak.

Belum lagi orang yang merasa malu untuk belajar jika disandingkan dengan orang yang tidak sebaya dengannya, yaitu yang jauh lebih muda daripada mereka, yang akhirnya menyebabkan sebagian orang minder dan tidak percaya diri.

CARA CEPAT BELAJAR BAHASA INGGRIS UNTUK PEMULA

Namun sebenarnya, belajar Bahasa inggris bisa dilakukan dimana saja, dan kapan saja, juga melalui media apa saja. Terlebih di era internet dan teknologi seperti sekarang, sangat mudah untuk kita mendapatkan akses itu semua.

Kita juga sebenarnya tidak perlu terlalu mencemaskan akan pikiran orang lain, karena orang yang mau belajar pasti akan selalu dihargai oleh orang di lingkungan sekitarnya.

Untuk orang yang benar-benar baru belajar, mungkin ia juga harus memulai dulu dari hal-hal yang paling dasar, seperti contohnya kata-kata benda, kata sifat, kata kerja, dll.

Kemudian setelah itu bisa mulai belajar untuk menyusun kalimat, cara penulisan, dan cara pelafalan.

Hal-hal dasar tersebut seharusnya sudah bisa dikuasai agar lebih mudah untuk memahami materi yang selanjutnya, karena Bahasa inggris bisa dikatakan cukup rumit bila dar pemahaman mendasarnya kurang baik. Hal dasar yang harus terlebih dahulu dipelajari sebelum lanjut ke tahap lainnya yaitu Bentuk kata (tenses)

Dalam Bahasa inggris kita mengenal adanya tenses atau bentuk kata kerja. Disini tenses menunjukkan kondisi sebuah waktu atau peristiwa yang sudah terjadi, sedang terjadi, atau akan terjadi. Jadi dalam konteks ini waktu yang ditunjukkan yaitu masa lampau atau masa lalu, masa sekarang, dan masa depan.

lister co id kursus bahasa inggris

Ada beberapa cara penggunaan kata kerja yang berbeda dari setiap waktu terjadinya. Jika seseorang sudah memahami tenses dan mengetahui cara penggunaan yang tepat, bisa dikatakan ia sudah menguasai Bahasa inggris sebanyak 50%.

Karena memang tenses ini diibaratkan pondasi akan keteraturan seseorang untuk bisa berbicara ataupun menulis inggris secara sistematis dan dapat dimengerti, dan interaksi yang kita lakukan sudah bisa dikatakan benar jika memuat tenses yang juga benar.

Dan jika dilihat-lihat, setiap kalimat dalam Bahasa inggris sebenarnya dapat kita identifikasi tensesnya, artinya memang hal ini adallah yang menjadikan sebuah kalimat menjadi terstruktur, disamping pelajaran mengenai subjek, predikat, objek, dan keterangan.

Hal-hal lain setelahnya dapat menjadi lebih mudah untuk dipahami oleh kita yang sedang terus belajar Bahasa inggris hingga lancar.

Masalah selanjutnya adalah bagaimana cara kita untuk dapat atau bisa menguasai tenses tersebut? Karena seperti yang kita ketahui, tenses itu sendiri bukan hal yang mudah.

Mempelajari tenses cukup merupakan hal yang agak rumit dan tricky. Sampai bisa menguasai tenses itu sendiri membutuhkan waktu yang cukup lama berhubung materi yang terdapat di dalamnya juga sangat banyak.

Nah, berikut hal-hal yang mungkin bisa membantu kamu, para pemula, untuk bisa mulai belajar untuk memahami tenses:

Gunakan dan manfaatkan Youtube.

Youtube merupakan sebuah platform dimana kita dapat mengakses berbagai video dari seluruh dunia.

Jika kamu memang sedang mencoba belajar Bahasa inggris, youtube merupakan media yang sangat tepat, karena jika kita cari pelajaran apapun mengenai Bahasa inggris akan keluar ratusan video yang sangat bermanfaat dan membantu pembelajaran kita, khususnya untuk belajar tenses itu sendiri.

Terkadang tenses sulit dipahami jika kita hanya membeli buku belajar Bahasa inggris karena buku hanya menjelaskan secara tulisan, namun tidak dapat menjelaskan secara lisan, yang akhirnya kita harus kembali memahami sendiri.

Namun dengan video semuanya menjadi terasa lebih mudah dimengerti. Sangat banyak channel yang fokus pada pengajaran Bahasa inggris ini.

jika kamu memang sangat butuh banyak belajar, tetapi malu untuk bertemu orang, pilihan ini menjadi pilihan yang sangat tepat, terlebih youtube bisa diakses siapa saja secara gratis!

Membaca bacaan atau cerita Bahasa inggris

Setelah mengerti sedikit tentang tenses dengan menontonnya di youtube, kita bisa mengaplikasikan pemahaman kita pada bacaan yang berbahasa inggris.

Kita jadi lebih mengerti bagaimana, dimana, dan kapan seharusnya tense-tenses tersebut digunakan. Bacaan ini tidak harus bacaan yang berat dan sulit, cukup kalimat-kalimat simple yang lagi-lagi bisa kita dapatkan dengan mudah di internet.

Dengan begitu, kita bisa dengan cepat mengerti dan terbiasa untuk menempatkan dan mengerti pengaplikasian tenses-tenses tersebut pada kalimat sehari-hari.

Mengikuti kursus atau bimbingan belajar Bahasa inggris

Tidak dapat dipungkiri bahwa jika ingin bisa menguasai Bahasa inggris dengan cepat, terlebih jika kita memang sangat pemula, pergi untuk mengikuti kursus merupakan jalan yang menjadi pilihan banyak orang.

Apalagi jika kamu benar-benar membutuhkannya dan memiliki uang lebih untuk hal ini, jangan lagi ragu-ragu untuk pergi mendaftar bimbingan belajar.

Banyak hal yang bisa kita dapatkan dari mengikuti bimbingan online jika dibandingkan dengan hanya belajar secara otodidak.

Dengan mengikuti kursus, kita dapat lebih mengerti kebutuhan kita karena ada ahli yang sudah berpengalaman, kita juga lebih menggunakan komunikasi dua arah yang akan sangat memudahkan kita dalam bertanya terkait hal-hal yang tidak kita mengerti.

Tidak hanya itu, berbagai bimbingan online juga menyediakan paket-paket yang bisa dipilih sesuai kebutuhan kita, seperti contohnya apakah kita harus masuk ke kelas intensif yang memungkinkan kita akan lebih cepat menguasai Bahasa inggris, atau apakah kita hanya masuk ke kelas regular karena kebutuhannya yg dirasa tidak terlalu mendesak.

Banyak pilihan bimbingan belajar yang bisa menjadi referensi untuk tempat belajar berbahasa inggris kamu. Yang terpenting jangan lupa lakukan riset dan bertanya kepada para lulusan atau alumni dari tempat tersebut ya!

Segera daftarkan diri anda di https://lister.co.id

baca juga

Tips Menguasai Bahasa Inggris dalam Waktu Singkat

Belajar Bahasa inggris sekarang tidak membutuhkan hal yang rumit dan sulit, karena sudah bisa dilakukan dimana saja, dan kapan saja, juga melalui media apa saja. Sangat mudah untuk kita mendapatkan akses itu semua, terlebih di era internet dan teknologi seperti sekarang.

Dan juga seperti yang kita semua ketahui berbicara dan mengerti bahasa inggris, sekarang seperti sudah menjadi sebuah keharusan dan kebutuhan bagi setiap individu.

Mulai dari hal-hal formal yang terkadang memang membutuhkan kemampuan berbahasa inggris, seperti melamar pekerjaan atau daftar ke sebuah institusi tertentu, hingga hanya untuk kebutuhan sehari-hari.

Tidak dapat dipungkiri bahwa semakin berkembangnya dunia, Bahasa inggris yang memang merupakan Bahasa internasional , menuntut untuk setiao orang bisa menguasainya.

Memiliki kemampuan berbahasa inggris sudah menjadi seperti hal biasa yang hampir dimiliki semua orang. Tidak heran jika banyak yang rela menghabiskan waktu dan menyisihkan sebagian uangnya untuk keperluan Bahasa inggris, mulai dari bimbingan online resmi, ataupun hanya sedekar membeli buku untuk belajar secara otodidak.

Namun tidak ada yang Namanya belajar dengan hasil yang instan, rasanya sangat mustahil jika dalam dua bulan sampai tiga bulan saja kita bisa menguasai Bahasa inggris sepenuhnya.

Belajar apapun itu, termasuk belajar Bahasa inggris, pasti membutuhkan waktu yang lumayan lama, terlebih jika kita memang ingin menjadi sangat lancar. Maka dari itu dibutuhkan ketekunan dalam belajar dan rutinitas serta konsistensi setiap harinya.

Mulai dari hal-hal kecil tetapi jika dilakukan secara rutin dan konsisten, akan sangat berpengaruh di masa depan, entah berapa lama dampaknya tersebut bisa dirasakan. Jadi sebisa mungkin kita harus memiliki perilaku-perilaku atau kebiasaan-kebiasaan tertentu yang menyokong keinginan kita di masa depan.

Sama dengan bahaa inggris, jika kita memang melihat akan kebutuhan tersebut di masa depan, kita sebisa mungkin untuk dari sekarang memiliki kebiasaan dan hal-hal yang mendukung proses pembelajaran Bahasa inggris kita.

Tidak perlu hal-hal yang terlalu sulit untuk dilakukan, cukup dengan memulai dengan hal-hal yang simple dan sederhana saja, seperti berlatih dengan kegiatan-kegiatan yang bisa kita jadikan sebagai rutinitas yaitu membaca buku, atau belajar kosakata baru setiap harinya.

Salah satu hal yang bisa menjadi parameter atau indikator bahwa kita bisa dikatakan pintar berbahasa inggris adalah seberapa banyak perbendaharaan kata Bahasa inggris kita.

Jika kita sudah menguasai sebagian besar dari kata-kata yang terdapat di dalam kamus, dapat dipastikan kita bisa mengerti semua hal yang orang yang berbicara Bahasa inggris katakan. Berikut ini juga ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk melatih kemampuan Bahasa inggris kita, jika kita lakukan secara rutin dalam jangka waktu tertentu :

  • Latihan setiap hari

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, latihan setiap hari merupakan kunci dari semuanya. Terlebih jika kita memang targetnya masih jangka Panjang, hal kecil seperti ini sangat berguna dalam upaya kita untuk menguasai Bahasa inggris dengan cepat.

Latihan yang dikatakan disini bisa berbagai macam aktivitas, mulai dari rajin membaca novel dalam Bahasa inggris, menonton film berbahsa inggris dengan subtitle dan lama kelamaan berlatih tanpa subtitle, ataupun dengan mendengarkan lagu.

Hal-hal ini adalah kegiatan yang hampir sebagian besar dari kita lakukan. Apalagi mendengarkan lagu sudah mutlak semua orang pasti melakukannya setiap hari.

Tetapi alangkah baiknya jika kita mendengarkan lagu, atau menonton film tidak hanya menonton dan mendengarkan saja, tapi dengan berusaha untuk mencari tahu kata yang tidak kita mengerti dalam film atau lagu tersebut.

Contohnya lagu yang kita dengarkan dalam Bahasa inggris, terkadang kita hanya menyanyikannya saja, tanpa tahu arti atau makna dari lagu tersebut.

Mulai sekarang cobalah untuk belajar mengerti dari setiap lagu yang kita dengar. Dengan begitu kita bisa mendapatkan pembelajaran juga dengan rutinitas yang sudah kita lakukan setiap waktunya.

Jika mendengarkan lagu sudah menjadi kebiasaan kita setiap hari, yang selanjutnya perlu kita lakukan adalah untuk menjadi kebiasaan juga untuk mengartikan lagu-lagu tersebut.

  • Membaca kamus inggris-indonesia atau Indonesia-inggris

Kamus merupakan pilihan yang sangat tepat jika kita ingin mengetahui dan menguasai banyak kosakata dalam Bahasa inggris.

Kamus memiliki jumlah total ratusan kata yang terdapat di dalamnya, bisa dibayangkan akan betapa banyaknya perbendaharaan kata yang ada di kepala kita jika kita memiliki hobi membaca kamus setiap harinya.

Memang mungkin dirasa tidak umum untuk membaca kamus, karena kamus biasanya digunakan hanya pada saat kita memang ingin mencari suatu kata tertentu.

Tetapi kita sudah tidak lagi menggunakan kamus untuk itu karena adanya Google translate. Padahal sebenarnya jika dilihat kembali, membaca kamus bisa menjaadi sangat menyenangkan.

Apalagi sekarang kita bisa temukan banyak sekali kamus-kamus kecil atau pocket dictionary yang praktis dan bisa kita bawa kemana mana. Membaca kamus bisa juga menjadi hal yang kita tunggu-tunggu saat kita tahu bahwa ada banyak kata baru yang membuat kita tertarik.

  • Mendengarkan pelafalan atau pronounciation asing melalui google translate

Seringkali kita menemukan kata yang asing dengan huruf yang rumit, dan kita merasa tidak tahu bagaimana untuk bisa mengatakan kata tersebut.

Jika kita memang pernah menemukan hal itu, ada baiknya untuk kita jangan langsung membiarkan dan melewatkan kata itu begitu saja. Tetapi coballah untuk buka google translate dan mencoba mendengarkan pelafalannya.

Karena lagi lagi di era internet ini kita bisa menemukan kata atau kalimat yang tidak terbatas dan mungkin tidak kita ketahui sebelumnya. Jika kita memiliki kebiasaan untuk selalu membuka google translate untuk melihat artinya dan mendengarkan cara pelafalannya, akhirnya semua yang kita baca di internet atau sosial media bisa kita petik pembelajaran di dalamnya.

Tidak hanya itu, hal ini juga mampu membantu kita untuk memperbaiki pronounciation yang kadang selama ini salah kita lafalkan.

  • Bergabung dengan komunitas Bahasa inggris atau forum Bahasa inggris

Bergabung dengan komunitas atau forum Bahasa inggris merupakan hal yang sangat penting juga untuk proses belajar Bahasa inggris kita.

Sebuah forum atau komunitas memungkinkann kita untuk bertemu dengan banyak orang lainnya yang juga memiliki tujuan yang sama dengan kita. Dalam proses pembelajarannya pun kita menjadi tidak hanya satu arah, tetapi bisa mendapatkan feedback dengan adanya orang lain juga yang belajar.

Tidak hanya itu, di sebuah komunitas atau forum pasti terdapat orang-orang yang senior atau yang sudah lebih dulu belajar yang dapat membantu kita belajar dari pengalaman mereka, dan bisa kita tanyakan hal-hal lainnya juga.

Dan semenjak jika masuk ke dalam komunitas itu berarti kita juga kemungkinan memiliki minat yang sama, akan ada banyak hal lainnya disamping Bahasa inggris yang mungkin akan kita dapatkan. Misalnya apakah beasiswa ke luar negeri, atau informasi-informasi lainnya yang masih menyangkut tentang Bahasa inggris.

Komunitas ini bisa kita cari dimana saja mulai dari facebook, Instagram, hingga whatsapp. Jika kita sudah sejak sekarang bergabung di dalamnya, akan sangat banyak manfaat yg bisa kita dapatkan di masa depan.

Segera daftarkan diri anda di https://lister.co.id