Universitas Edinburgh : Profil dan Info Beasiswa

universitas edinburgh

Simulasi IELTS – Universitas Edinburgh adalah salah satu universitas tertua di Inggris. Terletak di jantung Skotlandia, Edinburgh. Universitas ini merupakan universitas yang cukup populer dan diperhitungkan di dunia.

Seperti apa sih profilnya? Dan bagaimana jalur yang perlu dilewati jika ingin kuliah disini menggunakan beasiswa? Simak ulasannya sampai selesai! 

Profil Universitas Edinburgh 

Universitas Edinburgh adalah universitas yang terletak di ibu kota Skotlandia, Edinburgh yang dibuka pada tahun 1583. Kampus ini masuk dalam salah satu universitas tertua di Inggris yang masih beroperasi sampai sekarang ini. University of Edinburgh juga dianggap menjadi pusat pendidikan di Edinburgh, Skotlandia. 

Selain itu, universitas ini masuk menjadi universitas terbesar di Inggris yang setiap tahunnya menerima kurang lebih 75 ribu mahasiswa baru. 

Seperti universitas lainya, ada banyak fakultas dan program studi yang tersedia di universitas Edinburgh ini. Namun yang membuatnya menjadi pusat pendidikan terbaik adalah pusat penelitiannya. 

Yang tidak hanya berpengaruh untuk lingkup internal atau dalam negeri saja melainkan sangat berpengaruh secara global.

Universitas Edinburgh
Universitas Edinburgh | Sumber : www.ed.ac.uk

Dengan kehadiran universitas ini sejak tahun 1583, tidak heran alumni dari universitas Edinburgh ini adalah ilmuwan atau penemu yang banyak kita kenal. Seperti Alexander Graham Bell, Charles Darwin,James Clerk Maxwell dan juga ada penulis populer di masa modern yaitu JK Rowling, 

Jadi selain melahirkan hasil penelitian yang berguna di dunia, juga menghasilkan alumni yang cukup berpengaruh di dunia pula. 

Baca juga : Mengenal Lebih Jauh Seputar Perkuliahan di Cambridge University

Rangking universitas Edinburgh secara global 

Universitas ini memiliki posisi yang tidak main-main di dunia. Hal ini dapat dilihat dari rangking yang didapatkan yang bersanding dengan universitas Top di dunia lainnya.  

Ranking222938
SumberQS Top UniversitiesTimes Higher EducationShanghai Ranking 
Edinburgh university ranking

Dengan ranking yang tidak main-main di dunia, membuat universitas Edinburgh ini tidak bisa dipandang sebelah mata. 

Kenapa berkuliah di University of Edinburgh?

Ada banyak universitas terbaik di dunia, namun kenapa memilih kuliah di Edinburgh University? Mungkin kamu bisa melihat dari poin di bawah ini. 

1. Kualitas pendidikan 

Kualitas pendidikan atau akademis di Universitas Edinburgh tidak perlu diragukan lagi. Hal ini dapat dilihat dari kualitas alumni, fakultas dan prodi yang tersedia dan juga keseriusan kampus ini memberikan sumbangsih untuk negara dan dunia. Reputasi university of Edinburgh ini sudah diakui di dunia. 

Pendidikan di universitas Edinburgh didukung dengan cara mengajar, disiplin ilmu dan fasilitas pengajaran yang sangat maju sehingga menghasilkan lulusan maupun mahasiswa yang berkualitas. 

Universitas Edinburgh
Universitas Edinburgh | Sumber : www.ed.ac.uk

2. Pusat penelitian 

Seperti yang kita tahu, University of Edinburgh ini memiliki pusat penelitian yang cukup maju dan memberikan pengaruh secara global. Di proyek risetnya, universitas ini bekerja sama dengan para staf dan mahasiswa. 

Hal ini tentunya membuat semua bagian di universitas Edinburgh lebih maju dan memiliki wawasan dengan penelitian penting. 

3. Budaya 

Universitas  Edinburgh berada  di ibukota Skotlandia yang memiliki  percampuran budaya modern dan juga sejarah yang kuat.  Universitas ini dibangun  sejak 1563 dan masih  menjadi pusat sejarah  dalam perkembangan budaya,  pendidikan  dan ilmiah. 

Mahasiswa Edinburgh University berasal dari berbagai  belahan dunia  sehingga Mahasiswa dapat belajar budaya setempat maupun pertukaran budaya dari mahasiswa lain. 

Selain itu  di lingkungan Universitas Edinburgh juga memiliki warisan seni  yang kuat,  selain  di Ada festival setiap tahunnya, perkembangan seni musik,  seni tari  dan  sangat bagus di sini.

4. Fasilitas 

Belajar di Edinburgh University kamu dapat mengakses banyak fasilitas kampus  seperti perpustakaan,  bioskop,  pusat kebugaran, laboratorium, pusat pengembangan karir mahasiswa dan juga UKM. Universitas ini memberikan fasilitas lengkap dan berkualitas untuk mahasiswanya. 

5.  Beasiswa 

Universitas Edinburgh juga membuka program beasiswa untuk mahasiswa asing dan mahasiswa berprestasi yang ingin kuliah di Universitas ini. Warga negara Indonesia  juga memiliki  kesempatan untuk mendapatkan beasiswa dan berkuliah di University of Edinburgh. 

Ada banyak fasilitas dan pengembangan diri juga kualitas pendidikan dari University of Edinburgh.  Hal  ini  cukup membuat banyak orang tertarik untuk kuliah di kampus ini. 

Syarat masuk Universitas Edinburgh untuk  tingkat sarjana 

Jika kamu ingin kuliah S1 di Edinburg University,  maka  cek syarat masuknya sebagai berikut 

1. Beasiswa LPDP 

Beasiswa LPDP  adalah beasiswa dari  kementerian keuangan Indonesia yang membiayai masyarakat Indonesia untuk  melanjutkan pendidikan dengan keringanan biaya. 

LPDP  adalah salah satu beasiswa  favorit di Indonesia karena fully funded  walau tingkat kompetisinya cukup tinggi.  banyak anak bangsa Indonesia yang berhasil kuliah di Edinburgh University menggunakan  beasiswa LPDP. 

Baca juga : Beasiswa Fully Funded Artinya Apa? Cek Sebelum Apply!  

2. Edinburgh Global Undergraduate Mathematics Scholarships 

Adalah beasiswa  tingkat sarjana untuk mahasiswa dengan program studi matematika di universitas Edinburg.  Beasiswa ini ditujukan kepada  mahasiswa internasional yang memiliki prestasi  dan ingin melanjutkan  kuliah matematika di Edinburgh University. Ada dua jenis  beasiswa Edinburgh Global Undergraduate Mathematics Scholarships yaitu beasiswa  penuh dan juga parsial. 

Universitas Edinburgh
Universitas Edinburgh | Sumber : www.ed.ac.uk

3. Dean’s Excellence Scholarship Programme

Merupakan beasiswa dari Edinburgh University  untuk mahasiswa pascasarjana  dengan jurusan dan manajemen. Beasiswa ini  mengcover kebutuhan tuition fee atau biaya pendidikan selama kuliah di  Universitas Edinburgh. 

Kemampuan bahasa Inggris untuk masuk di Universitas Edinburgh 

Salah satu  hal yang perlu dipersiapkan untuk masuk di Universitas Edinburgh adalah Sertifikat IELTS/TOEFL. Dalam daftar  dokumen yang perlu dipersiapkan saat pendaftaran universitas,  dokumen sertifikat kemampuan bahasa Inggris  baik IELTS/TOEFL  diperlukan dengan skor tertentu. 

Kamu bisa mulai  belajar bahasa Inggris mulai dari sekarang dan mendapatkan sertifikat bahasa Inggris. 

Belajar bahasa Inggris untuk  persiapan ujian IELTS  untuk masuk di Universitas internasional  bisa dilakukan bersama Lister.  

Ada kelas persiapan ujian IELTS  yang membantu kamu  mempersiapkan ujian IELTS  dan dapatkan skor maksimal.  Bersama tutor yang berpengalaman dalam beasiswa, konsultasi terkait ujian IELTS akan lebih mudah. 

Selain itu  kamu juga dapat mengecek  kemampuan bahasa Inggris  untuk ujian IELTS melalui Simulasi IELTS  yang juga ada di Lister.  Silakan tes secara mandiri dan dapatkan hasilnya dalam 2 hari.  Harganya hanya  Rp 92.000. 

Konsultasi tentang  prediction test IELTS langsung ke Whatsapp Lister ya! 

Sumber gambar : Wirestock

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.