Mengenal Lebih Jauh Seputar Perkuliahan di Cambridge University

cambridge university

Kursus Business English –  Apakah kamu ada rencana untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Cambridge University dalam waktu dekat ini? 

Apabila iya, maka sebaiknya perlu tahu lebih dulu seluk beluk kampus tersebut dari mulai syarat masuk, jurusan kuliah sampai biaya kuliah di dalamnya. Oleh karena itulah, di artikel berikut 

Lister akan memberikan ulasan penting seputar kampus Cambridge untuk kamu jadikan bahan pertimbangan sebelum bersekolah di dalamnya.  

Sekilas tentang Cambridge University

Rata – rata, hampir sebagian besar orang bertanya mengenai Universitas Cambridge di negara mana. Disini kamu perlu tahu, bahwa Universitas Cambridge sendiri merupakan kampus tertua di negara Inggris yang didirikan pada tahun 1209 yang beralamatkan di Cambridge, Cambridgeshire, Britania Raya. 

Terkenal dengan slogan / motto yakni “Hinc lucem et pocula sacra”, universitas ini juga dikatakan sebagai salah satu kampus dalam daftar kampus terbaik yang ada di penjuru dunia.

Menempuh pendidikan di kampus Cambridge University satu ini, sangat cocok bagi seseorang atau bahkan kamu sendiri yang tertarik menjadi dokter, ilmuwan ataupun bidang karir lainnya yang erat kaitannya dengan sciences dan engineering. 

Bahkan tidak banyak orang yang tahu, bahwa universitas ini turut bersaing ketat dengan Universitas Oxford dengan banyaknya  jurusan di Oxford University yang juga tidak kalah unggulan. Karena itulah, kedua kampus ini sering dikenal sebagai Oxbridge karena ketatnya persaingan dan disebut sebagai kampus paling elit dan bergengsi di kawasan tersebut. 

Tidak hanya menawarkan beasiswa Cambridge University bagi calon mahasiswa yang ingin masuk di dalamnya, kampus Cambridge sendiri juga turut menawarkan fasilitas penunjang kenyamanan bagi para mahasiswanya. 

Kampus ini memiliki 31 fakultas dengan bangunan akademik yang sudah tersebar luas di seluruh kampus. Dengan fasilitas akademik utamanya yakni The Old Schools yang beralamatkan di pusat kota Cambridge yang dibangun pada abad ke-15. 

Beberapa fasilitas pendukung yang juga disediakan di kampus Cambridge University, Inggris untuk menunjang kegiatan belajar mengajar mahasiswa, di antaranya yakni sebagai berikut, 

  • Ruang perpustakaan.
  • Pusat kebugaran super lengkap.
  • Akomodasi berupa asrama, apartemen dan rumah pribadi.
  • Kantin dengan berbagai jenis makanan.
  • Pusat layanan karir keterampilan mahasiswa.
  • Pusat kesehatan untuk mahasiswa dan staf kampus. 
  • Pusat bahasa Inggris dan bahasa asing.
  • Pusat studi internasional.
  • Laboratorium penelitian dengan peralatan penelitian dan pengembangan terkini.
  • Museum dengan koleksi seni, sejarah dan ilmu pengetahuan.

Syarat masuk kuliah di Cambridge University

Bisa berkuliah di kampus Cambridge Inggris, tentunya menjadi impian bagi banyak pelajar Indonesia. Apabila kamu termasuk salah satu orang tersebut, maka sudah seharusnya mencari informasi lebih detail mengenai syarat masuk sebelum tahu apa saja jurusan Cambridge University di dalamnya. 

Dengan demikian, maka akan memudahkan bagi kamu nantinya bisa melanjutkan pendidikan di kampus terbaik satu ini. 

Di bawah ini, Lister akan memberikan beberapa informasi penting bagi kamu mengenai beberapa syarat masuk ke kampus Cambridge yang bisa diperhatikan baik – baik.

Memperoleh grade A+ di level A atau International Baccalaureate atau program yang memang setara / sebanding dengan 3 sampai 4 subjek untuk memperoleh nilai terbaik.

Punya kesiapan mental dan minat yang tinggi terhadap suatu bidang agar nantinya bisa menjalani masa pendidikan dengan semangat.

Memiliki pengalaman yang baik di bidang sosial ataupun organisasi di luar bidang akademik. Kamu juga perlu menunjukkan sebuah karya telah memperoleh penghargaan sebagai pembuktian diterima sekolah di dalamnya.

Memiliki sertifikasi IELTS 7.0 dengan nilai minimal 7 di setiap subjeknya.

Khusus calon mahasiswa merupakan lulusan SMA dan sudah menyetarakan kurikulum di Indonesia dengan kurikulum di Inggris.

Dinyatakan lulus dalam sesi interview yang sudah memenuhi maksud kutipan dari Cambridge itu sendiri.  

Fakultas dan jurusan di Cambridge University

Di Universitas Cambridge Inggris satu ini, kamu juga akan menemukan banyak sekali fakultas dan jurusan yang bergengsi yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil pendidikan. 

Dalam hal ini, kampus tersebut juga memiliki 6 sekolah dengan beberapa fakultas dan juga jurusan S2 di Cambridge University yang bisa kamu lihat di bawah ini. 

Fakultas Universitas Cambridge 

School of Arts and Humanities

  • School of Humanities and Social Sciences
  • School of Physical Science
  • School of Clinical Medicine
  • School of Technology
  • Jurusan di Cambridge University 
  • Aerospace Engineering, Aerothermal Engineering, Akkadia, Anatomy, Ancient Languages, Ancient Near East, Anglo-Saxon, Norse and Celtic, Anthropology, Arabic, Archaeology, Architecture, Art History, Asian and Middle Eastern Studies, Assyriology, Astrophysics.
  • Biochemistry, Bioengineering, Biological Anthropology, Biological Sciences, Biology, Biomedical Sciences, Botany.
  • Chemical Engineering, Chemistry, Chinese, Civil Engineering, Classics, Computer Engineering, Computer Science, Coptic, Criminology.
  • Drama.
  • Earth Science, Economics, Education, Egyptology, Electrical Engineering, Electrical Sciences, Electronic Engineering , Engineering, English , English (Old), Environment, Environmental Engineering.
  • Foundation Year,French.
  • Genetics, Geography, Geological Sciences, German, Greek (Classical).
  • Hebrew, History of Science.
  • Information Sciences, Instrumentation and Control, International Relations, Irish (Medieval), Islamic Studiec, Italian.
  • Japanese, Judaism.
  • Land Economy, Languages (Ancient), Languages (Modern), Latin (Classical), Latin (Insular), Law, Linguistics.

Biaya kuliah di Cambridge University dalam rupiah

Jika tadi kita sudah membahas mengenai syarat masuk sampai dengan jurusan, maka kamu tentunya penasaran bukan mengenai biaya kuliah di Universitas Cambridge tersebut? 

Bahkan, tak sedikit orang yang bertanya – tanya apakah biaya kuliah di kampus tersebut sama dengan biaya kuliah di Oxford University dalam rupiah. Sebab dengan mengetahui biaya kuliah di kampus ini, maka kamu nantinya bisa mempersiapkan biaya yang diperlukan sebelum berkuliah di kampus unggulan tersebut.

Mengenai biaya kuliah di Cambridge University pada dasarnya berbeda – beda untuk mahasiswa di dalamnya. Yang mana, kamu bisa melihat penjelasannya di bawah ini untuk rincian biaya kuliah yang harus dikeluarkan.

Biaya untuk mahasiswa lokal, yakni sebesar 9,250 Poundsterling tiap tahunnya untuk semua jurusan kuliah, tak terkecuali University Of Cambridge jurusan kedokteran. 

Sementara biaya kuliah untuk mahasiswa internasional, yakni mulai dari 24,507 sampai 63,990 poundsterling sesuai dengan jurusan yang diambilnya.

Kuliah di University of Cambridge adalah impian banyak mahasiswa di seluruh dunia. Sebagai salah satu universitas terkemuka di dunia, University of Cambridge memiliki reputasi yang sangat baik dalam bidang akademik dan penelitian. 

Melihat dari segi sejarah yang kaya dan tradisi kuat, universitas ini menawarkan suasana dan lingkungan akademik yang menantang dan stimulatif bagi para pelajar. 

Selain itu, fasilitas dan sumber daya yang tersedia di University of Cambridge sangat baik, termasuk perpustakaan yang kaya akan koleksi, laboratorium modern, dan lingkungan belajar yang memadai. Selain itu, kehidupan kampus yang dinamis dan beragam. 

Terdapat banyak mahasiswa internasional yang hadir di University of Cambridge sehingga bisa memunculkan critical thinking dari masing-masing perspective.

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Business English, Langkah Sukses untuk Karier Global

Kosakata yang digunakan dalam dunia bisnis dan pekerjaan tentu berbeda dengan percakapan sehari-hari. Agar kamu semakin percaya diri, ikuti Kursus Business English di Lister.

Sejumlah alumni Lister terbukti merasakan bagaimana kursus di Lister mendukung karier mereka. Cari tahu pengalaman mereka di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang melalui WhatsApp!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.