Belajar Budaya dari Tradisi Ramadhan Di Berbagai Negara

Tradisi ramadhan di berbagai negara

Kursus Bahasa Arab – Bulan ramadhan adalah bulan istimewa untuk umat muslim di berbagai negara. Bukan hanya di Indonesia, 

berbagai negara yang mayoritas masyarakatnya beragama Islam memiliki tradisi ramadhan yang unik dan menarik. Berikut adalah keunikan tradisi ramadhan di berbagai negara. 

baca juga : 13 Istilah-Istilah Ramadhan dalam Bahasa Inggris

Keunikan tradisi ramadhan di berbagai negara 

Jika tradisi ramadhan di Indonesia sudah cukup unik, maka kamu juga perlu mengecek tradisi ramadhan di dunia. Check this out! 

1. Keunikan tradisi ramadhan di indonesia

Sebelum beranjak ke tradisi ramadhan di berbagai negara di dunia, mari kita cek keunikan tradisi bulan ramadhan dari kota-kota di Indonesia. 

Setiap kota di Indonesia memiliki keunikannya masing-masing dalam menyambut maupun merayakan bulan suci ramadhan. 

Kita mulai dari tradisi ramadhan di Yogya, kota seni ini memiliki tradisi menyambut bulan ramadhan dengan melakukan nyadran. Ini adalah kegiatan syukuran yang dilakukan dengan membagikan makanan, ziarah kubur dan juga doa bersama. 

Tradisi ramadhan di berbagai negara
Tradisi ramadhan di berbagai negara | Indonesia | Sumber gambar : Wikipedia

Selain itu juga ada padusan yaitu kegiatan mandi di pantai atau sumber mata air lain untuk tujuan bebersih diri dan menghilangkan hal negatif dari diri. 

Tradisi ramadhan di jawa tengah kurang lebih mirip dengan yang dilakukan di Yogyakarta yaitu melakukan nyadran dan juga bebersih diri. 

Sedangkan ada juga tradisi ramadhan di Aceh yang dilakukan dengan melakukan Meugang yaitu tradisi membagikan daging kepada dhuafa dan anak yatim sebelum hari ramadhan datang. Tradisi ini sudah dilakukan sejak zaman kepemimpinan Sultan Iskandar Muda dan masih ada sampai sekarang. 

Di berbagai daerah di Indonesia masih banyak tradisi lainnya yang tentunya sangat menarik untuk dipelajari khususnya untuk kita masyarakat Indonesia. 

2. Keunikan tradisi ramadhan di Malaysia

Keunikan tradisi ramadhan di berbagai negara selanjutnya ada di negara tetangga, yaitu Malaysia. Tidak kalah ramai dari Indonesia, Malaysia memiliki tradisi yang seru dan meriah. 

Tradisi ramadhan di Malaysia yang paling populer adalah Bazar Ramadhan yang dibuka selama bulan puasa full. Bazar ramadhan ini menjual berbagai masakan dan minuman yang lezat. 

Kehadiran bazar ramadhan ini ternyata cukup dirindukan dan dinanti masyarakat Malaysia karena menjadi media berkumpul yang hangat. 

3. Keunikan tradisi ramadhan di China

Jika membicarakan tentang tradisi ramadhan di berbagai negara, China perlu juga diulik.

Di China ada beberapa wilayah yang mayoritas penduduknya beragama Islam, salah satu yang paling besar adalah wilayah Xinjiang. 

tradisi ramadhan di berbagai negara
Ilustrasi ramadhan di China | Sumber gambar : Freepict

Dimana perayaan ramadhan cukup meriah di kota ini. Saat bulan Ramadhan, masyarakat Xinjiang menghadirkan festival ramadhan yang bisa dicoba oleh berbagai etnis di China. 

Selain itu juga ada tradisi dekorasi lampu dan hiasan ramadhan di jalanan dan pusat kota di China untuk merayakan kemeriahan bulan ramadhan. 

Hidangan khas ramadhan seperti mutton polo (nasi beriani dengan daging kambing), laghman (mie), dan berbagai kue tradisional Muslim sering disajikan untuk berbuka puasa. Makanan ini juga banyak dibagikan kepada umat muslim lainnya. 

Walau penduduk muslimnya mayoritas ada di wilayah tertentu, namun tradisi ramadhan di China cukup menarik dan meriah. 

artikel lainnya : 5 Akulturasi Budaya China di Indonesia dan Asal-usulnya

4. Keunikan tradisi ramadhan di Turki

Turki adalah salah satu negara yang mayoritas penduduknya adalah muslim, tentu saja perayaan ramadhan di sana cukup meriah. 

Di Turki ada budaya Mahyi yaitu pembuatan hiasan lampu pada masjid-masjid di Turki. Hiasan lampu ini dibentuk tulisan yang berisi pesan-pesan kebaikan selama bulan Ramadhan. 

Tradisi Mahyi selama bulan Ramadhan ini sudah ada sejak tahun 1603 – 1617 masa Sultan Ahmad I.

Zaman dulu, Mahyi ini hadir dalam bentuk lampu minyak yang dibentuk namun sekarang lebih menggunakan lampu listrik yang menarik. 

mungkin anda suka : 10 Universitas Terbaik di Turki, Ada yang Sediakan Beasiswa!

5. Keunikan tradisi ramadhan di Palestina

Next, tradisi ramadhan di berbagai negara adalah dari negara Palestina. Negara Islam ini memiliki tradisi iftar atar yaitu buka bersama secara massal untuk berkumpul menikmati makanan khas ramadhan. 

Makanan khas yang hanya dikonsumsi saat buka puasa adalah Qatayef yaitu pastel Arab yang diisi dengan kacang-kacangan atau krim. 

Selain itu juga dibuat lampu-lampu hias di rumah-rumah warga untuk menyambut bulan ramadhan sehingga kondisinya lebih meriah dan hidup. 

6. Tradisi ramadhan di Mesir

Di Mesir ada satu tradisi ramadhan yang paling populer di masa ramadhan yaitu meriam ramadhan yang ditembakkan di waktu buka puasa. 

Tradisi ramadhan di berbagai negara
Tradisi ramadhan di berbagai negara | Turki | Sumber gambar : Freepict

Hal ini menjadi sebuah tradisi yang terus berlanjut sampai sekarang yang membuat tradisi ini diikuti beberapa negara di Timur Tengah lainnya. 

Awalnya tradisi ini dimulai dari kekaisaran Ottoman, Khosh Qadam yang memerintahkan tentaranya untuk mencoba meriam hadiah. Dimana waktu penembakan meriam ini bertepatan di waktu berbuka. 

Jadi itulah beberapa tradisi ramadhan dari berbagai negara yang terus berlanjut sampai sekarang. Di Indonesia tradisi ramadhan ini masih juga berjalan dan semoga tetap lestari sampai di masa depan. 

baca juga : Daftar 10 Makanan khas Arab Terfavorit, Foodies Wajib Cicip!

Belajar tradisi dengan menguasai bahasa dari berbagai negara

Mempelajari tradisi ramadhan di berbagai negara memang seru jika langsung mengunjungi berbagai negara tersebut, selain mempelajari kebiasaan dan adat, kamu juga perlu menguasai bahasa yang diperlukan. 

Belajar bahasa asing dari berbagai negara bersama Lister. Mau kursus bahasa Inggris, bahasa jepang sampai dengan Kursus Bahasa Arab sangat bisa dilakukan. 

Dipandu dengan tutor yang berpengalaman dan expert di bidangnya, jam belajar yang fleksibel dan materi yang customizable. 

Ingin belajar berbagai bahasa bisa langsung konsultasi ke tim Lister melalui Whatsapp. Dapatkan promo menarik dengan mengikuti informasinya di Promo Lister

Sumber gambar : Freepict

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.