Daftar 10 Makanan khas Arab Terfavorit, Foodies Wajib Cicip!

makanan khas arab

Kursus Bahasa Arab – Makanan khas Arab dikenal luas dengan kekayaan rasanya yang menakjubkan. Dari Tabouleh yang menyegarkan hingga Kebab yang lezat, ada banyak hidangan yang bisa kamu coba.

Panduan ini akan membantu kamu mengeksplorasi berbagai makanan khas Arab yang autentik dan menggugah selera.

1. Tabouleh

Tabbouleh adalah salah satu makanan khas Arab yang paling dikenal dan disukai. Sebagai salad yang menyegarkan dan bergizi, Tabouleh terbuat dari bahan-bahan alami seperti parsley, tomat, mint, bawang, lemon, dan minyak zaitun.

Tekstur yang renyah dan rasa yang asam manis menjadikannya sebagai pilihan yang sempurna sebagai makanan pembuka dalam hidangan makanan khas Arab. Tabouleh juga kaya akan vitamin dan mineral, menjadikannya pilihan yang sehat untuk semua kalangan usia.

2. Shawarma

Shawarma adalah kuliner dari Arab yang terkenal di seluruh dunia. Daging ayam, sapi, atau kambing yang dimasak secara perlahan pada tusukan berputar, kemudian diiris tipis-tipis dan disajikan dalam roti pita lembut dengan sayuran segar dan saus.

Rasa bumbu yang kuat dan tekstur daging yang empuk menjadikan Shawarma pilihan favorit bagi banyak orang. Dengan variasi yang berbeda di setiap wilayah Arab, Shawarma telah menjadi simbol dari keanekaragaman dan kreativitas dalam kuliner khas Arab.

3. Fried Kibbeh

Fried Kibbeh merupakan representasi lain dari makanan khas Arab yang lezat dan unik. Terbuat dari daging cincang yang dicampur dengan bulgur, bawang, dan rempah-rempah, lalu dibentuk menjadi bola atau kerucut dan digoreng hingga keemasan.

Fried Kibbeh bisa disajikan dengan saus yoghurt atau mint, menambahkan dimensi rasa yang kaya. Sebagai salah satu makanan khas Arab yang serbaguna, Fried Kibbeh dapat dinikmati sebagai camilan, makanan pembuka, atau bahkan sebagai bagian dari hidangan utama dalam acara khusus.

Baca Juga: 50+ Kosa Kata Bahasa Arab Anggota Tubuh, Lengkap dengan Arti

4. Kebab

Kebab mungkin adalah salah satu makanan khas Arab yang paling terkenal dan disukai di seluruh dunia. Daging sapi, domba, atau ayam yang dimarinasikan dengan rempah-rempah khas Arab kemudian dipanggang hingga sempurna di atas arang. Penyajian dengan saus tahini atau yogurt, tomat segar, dan bawang membuatnya menjadi hidangan yang kaya rasa. Baik disajikan dengan roti pita atau nasi, Kebab menawarkan pengalaman gastronomi yang menakjubkan dan mencerminkan esensi sejati dari makanan khas Arab.

5. Manakeesh

Manakeesh adalah bagian integral dari makanan khas Arab dan sering dianggap sebagai “pizza Arab”. Roti pipih yang ditaburi dengan campuran thyme, biji wijen, sumac, dan minyak zaitun, lalu dipanggang hingga renyah. Manakeesh bisa juga ditambahkan dengan daging cincang atau keju. Hidangan ini sering dinikmati saat sarapan atau sebagai camilan, dan mencerminkan karakter khas dari makanan khas Arab, dengan kombinasi bumbu dan tekstur yang menggugah selera.

6. Halloumi panggang

Halloumi Panggang adalah variasi menarik dalam koleksi makanan khas Arab. Keju Halloumi memiliki tekstur yang unik yang memungkinkannya untuk dipanggang atau digoreng tanpa meleleh. Dengan rasa yang gurih dan tekstur kenyal, Halloumi Panggang sering disajikan dengan zaitun, tomat, dan mint sebagai starter atau bagian dari meze. Sajian ini menambahkan dimensi baru pada makanan khas Arab, menggabungkan kesederhanaan dan kehalusan dalam satu hidangan yang luar biasa lezat.

7. Foul meddamas

Foul Meddamas adalah hidangan sederhana namun mengenyangkan yang menjadi bagian esensial dari makanan khas Arab. Terbuat dari kacang fava yang direbus hingga empuk dan kemudian ditumbuk, hidangan ini biasanya disajikan dengan bawang putih, jus lemon, minyak zaitun, dan berbagai rempah-rempah lainnya. Foul Meddamas sering dinikmati dengan roti pita yang hangat sebagai sarapan atau makanan penutup. Tidak hanya populer di Mesir, hidangan ini juga dapat ditemukan di seluruh Timur Tengah, menambah daftar panjang makanan khas Arab yang mencerminkan kekayaan dan keragaman budaya kuliner Arab.

8. Fattoush

Fattoush adalah salah satu salad yang paling terkenal dalam makanan khas Arab, menawarkan kombinasi yang menyegarkan dari sayuran segar dan potongan roti pita yang renyah. Biasanya termasuk selada, mentimun, tomat, mint, dan radish, Fattoush disiram dengan dressing yang terbuat dari minyak zaitun, perasan lemon, dan sumac. Yang membuatnya unik adalah tambahan roti pita yang telah digoreng atau dipanggang hingga renyah. Fattoush adalah pilihan yang sempurna untuk starter atau sebagai hidangan sampingan dalam menu makanan khas Arab.

9. Umm ali

Umm Ali adalah salah satu hidangan penutup terfavorit dalam makanan khas Arab. Dibuat dari lapisan roti puff pastry yang digigit, susu, kismis, kacang, dan diberi perasa manis seperti gula dan vanili, Umm Ali menawarkan sensasi rasa yang lezat dan kaya. Disajikan hangat dan sering ditemani dengan taburan kenari atau almond, Umm Ali adalah pilihan penutup yang sempurna untuk mengakhiri santapan makanan khas Arab. Tidak heran jika hidangan ini begitu populer di kalangan penggemar kuliner Arab, memberikan sentuhan manis yang menyenangkan pada setiap acara makan.

10. Shanklish

Shanklish adalah keju yang luar biasa unik dan menarik dalam makanan khas Arab. Keju ini dibuat dengan mengolah dadih susu, yang kemudian dibumbui dengan berbagai rempah seperti jintan dan paprika, dan akhirnya dikeringkan hingga keras. Shanklish sering digunakan sebagai bagian dari meze, atau disajikan sebagai camilan dengan zaitun, tomat, dan minyak zaitun. Tekstur dan rasanya yang khas menjadikannya salah satu elemen paling menarik dalam makanan khas Arab. Dengan Shanklish, kamu bisa menikmati nuansa berbeda dalam masakan Arab, menjadikannya pilihan yang menarik bagi siapa saja yang ingin mengeksplorasi lebih dalam keunikan dari makanan khas Arab.

Baca Juga: Kata Benda Bahasa Arab: Ciri-Ciri, Jenis, dan Contohnya

Mahir Bahasa Bahasa Asing, Lebih Mudah Eksplorasi Makanan Khas Arab

Jangan berhenti hanya mengetahui daftar makanan khas Arab. Jika kamu benar-benar ingin menguasai bahasa Arab dengan cepat dan efisien, ikutilah Kursus Bahasa Arab di Lister.

Follow Instagram Lister untuk mengetahui promo menarik dan informasi belajar bahasa asing lainnya.

Kamu dapat menentukan jumlah kelas sendiri sesuai kebutuhanmu. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Yuk, daftar via WhatsApp sekarang juga!

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.

Click Here

Thank you!

Kode Diskon akan segera dikirimkan Tim Student Success ke Nomor WhatsApp Anda.