Tips Mengejar Beasiswa Kuliah ke Luar Negeri

Tips mengejar beasiswa kuliah ke luar negeri

Melanjutkan pendidikan ke luar negeri tidaklah mudah. Biaya yang cukup besar pasti masuk dalam pertimbanganmu untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Eits, tapi jangan sedih! Banyak program beasiswa yang menyuguhi bantuan untuk mewujudkan mimpimu sekolah di luar negeri.

Nah, untuk mendapatkan program beasiswa tersebut, kita harus melalui beberapa tahap seleksi dimana kita bersaing dengan ribuan pendaftar lainnya. Sebelum kamu daftar program beasiswa, ada baiknya kamu siapkan beberapa hal berikut.

Riset Tentang Lembaga Beasiswa yang Bersangkutan

Catat semua program beasiswa yang kamu incar. Tuliskan masing-masing tanggal pembukaan dan deadline-nya. Pahami pula persyaratannya supaya kamu mampu mempersiapkan diri dengan matang.

Baca juga:

Kemampuan Bahasa Inggris

Ini adalah persyaratan mendasar dari berbagai negara yang menyediakan program perkuliahan internasional, baik berlokasi di negara yang berbahasa resmi Inggris maupun negara non-Inggris. Yuk, biasakan diri kamu untuk berkomunikasi dengan Bahasa Inggris agar sesampainya di negara impianmu, kamu tidak canggung dan gelagapan. Kami siap membantu kalian dalam bidang ini! ?

Lengkapi Persyaratan

Nah, setelah memahami persyaratan masing-masing program beasiswa, kamu harus pastikan dokumen persyaratan yang dibutuhkan benar-benar lengkap dan sesuai dengan kriteria. Jangan sampai ketinggalan atau salah dokumen,karena akan sia-sia.. Dokumen-dokumen ini akan melewati proses validasi yang keabsahannya akan dicek satu per satu.

Persiapan Khusus Wawancara

Tahap wawancara yang wajib dilalui calon penerima beasiswa  hampir selalu ditemukan dalam setiap program beasiswa. Menjawab pertanyaan-pertanyaan wawancara secara jujur, percaya diri dan tidak bertele-tele sangat  menjadi pertimbangan untuk diterima atau tidaknya kamu. Maka dari itu, tentu akan semakin baik jika kamu mengedukasi diri dan berlatih (simulasi) terlebih dahulu sebelum siap menghadapi tahap wawancara. Kemampuan Bahasa Inggrismu akan sangat diperlukan di tahap ini.

Persiapkan Mental

Ini juga bagian penting dari persiapan, lho. Persiapan mentalmu sangat dibutuhkan karena mendapatkan beasiswa tidak semudah yang kalian kira. Namun, perlu dicatat bahwa kesempatannya tidak akan tertutup meskipun kamu sempat menemui kegagalan! ? Kamu harus mampu untuk bangkit, coba lagi, lagi, dan lagi! Ingat, beasiswa hanyalah untuk kamu yang selalu berusaha dan tidak pernah menyerah.

Itulah beberapa tips mendapatkan beasiswa ke luar negeri, fellas. Jika kamu masih memiliki kendala dan membutuhkan mentor yang berpengalaman. Bisa ikuti program Mentoring Beasiswa Luar Negeri dari Lister.

Share:

Fatimatuzuhroh
Fatimatuzuhroh
A passionate writer who loves reading self-help books!

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.

Open chat
Ada yang bisa kami bantu?