Penting! Ketahui Hal-Hal  Ini, Sebelum Kamu Mendaftar Beasiswa LPDP

Penting! Ketahui Hal-Hal Ini, Sebelum Kamu Mendaftar Beasiswa LPDP

lister.co.id – Tahu gak, hari ini pendaftaran untuk beasiswa LPDP Kemenkeu 2020 dibuka loh! Beasiswa LPDP yang pendaftarannya biasanya berada di bulan Maret ini terpaksa harus ditunda karena kondisi COVID-19. Akhirnya, setelah ditunda sekian lamanya, pendaftaran beasiswa untuk program S2 dan S3 ini dibuka kembali. Sudah siap menjadi salah satu penerimanya?

Baca juga: Lamaran Beasiswamu Ditolak? Jangan Ulangi 10 Kesalahan ini

Eits, tunggu dulu. Jangankan keterima, mendaftar salah satu beasiswa paling bergengsi dan terkenal di Indonesia ini tidak segampang itu loh. Bersaing dengan lebih dari ribuan anak muda terbaik Indonesia, mengharuskan kamu jadi yang terbaik diantara yang terbaik. Tidak hanya prestasi akademik tapi juga kemampuan di luar nilai-nilai sekolah. Nah, biar kamu tidak penasaran lagi, yuk ketahui hal-hal penting ini sebelum kamu mendaftar LPDP.

Baca juga: Tips Mengejar Beasiswa Kuliah ke Luar Negeri

Apa sih LPDP?

Keterlaluan sih kalau kamu tidak tahu atau tidak pernah dengar LPDP. LPDP adalah beasiswa dari Lembaga Pengelolaan Dana Kemenkeu. Diberikan hanya kepada anak-anak bangsa terbaik. Ada 2 jenis beasiswa LPDP, yang pertama adalah beasiswa LPDP untuk pendidik dan beasiswa perguruan tinggi utama dunia. Beasiswa untuk pendidik diberikan kepada tenaga pendidik tetap, sedangkan beasiswa perguruan tinggi utama dunia diberikan kepada mereka-mereka yang akan mengambil magister atau doktoral. LPDP mencakup semua biaya perkuliahan dan biaya hidup kamu.

Seleksi-Seleksi LPDP

Yang namanya beasiswa, pasti akan ada tahap seleksinya untuk menyaring peserta-peserta terbaik. Tahap seleksi LPDP dibagi menjadi:

  1. Seleksi administrasi: Semua berkasmu harus lengkap sebelum mendaftar.
  2. pendaftaran : 6 – 20 Oktober 2020
  3. Seleksi substansi: ini dia tahap seleksi yang bisa dibilang paling berat.
  4. Seleksi berbasis Komputer: meliputi tes Potensi Akademik atau Intelejensi Umum, Soft Competency atau tes Karakter Kepribadian, on the spot essay writing.
  5. Leaderless group discussion
  6. Tes Wawancara

Tingkat Penerimaan

LPDP sendiri pelamarnya mencapai ribuan. Berdasarkan data tahun 2017, pelamar beasiswa untuk jenjang magister ada sebanyak 5648 orang dan yang lolos hanya 866 orang. Bisa dibilang dari 15 orang yang diterima hanya 1.

Baca juga: Fakta Menarik Tentang Beasiswa Chevening yang Kamu Perlu Tahu

Perhatikan hal-hal berikut

  • Direkomendasikan oleh seseorang yang terkenal akan menjadi nilai plus
  • Batas usia harus diperhatikan. Jenjang magister maksimal 35 tahun dan doktoral maksimal 40 tahun
  • IPK minimal untuk mendaftar jenjang magister adalah 3.00 dan doktoral adalah 3,25
  • Nilai TOEFL/IELTS/TOEIC/TOAFL harus lolos batas masuk universitas yang kamu pilih
  • Batas maksimal menyelesaikan masa stuid adalah 24 bulan untuk jenjang magister dan 48 bulan untuk jenjang doktoral.
  • Perlu membuat proposal studi

Baca juga: Mentoring Beasiswa Online

Nah, itu dia beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum mendaftar beasiswa LPDP. Jangan lupa untuk pulang kembali ke Indonesia setelah masa studi ya, karena nanti jika kamu diterima akan ada surat pernyataan kalau kamu akan balik ke Indonesia. Jangan keenakan tinggal di luar, kenapa? Karena setelah dibiayakan pemerintah sekolah, sudah saatnya dong kita pulang, berbakti, dan memajukan negara sendiri.