Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Kuliah di Korea Selatan? Daftar Beasiswa KGSP aja!

Kuliah di korea selatan? Pakai beasiswa KGSP!

lister.co.id – Mana suaranya penggemar K-pop dan drakor? Tau gak sih, selain terkenal akan Blackpink, k-drama, dan makanan-makanannya, Korea juga terkenal karena system edukasinya yang sangat bagus! Apakah kalian pernah bermimpi untuk mendatangi dan belajar di Korea Selatan?

Sekarang, semua itu bukan cuma mimpi loh. Ada beasiswa yang namanya Korean Government Scholarship Program atau KGSP. Seperti namanya, beasiswa ini dibiayai oleh pemerintah Korea untuk mahasiswa-mahasiswa internasional yang ingin kuliah jenjang sarjana ataupun pascasarjana di Korea Selatan.

Di artikel kali ini, kita akan membahas beberapa hal penting yang perlu kalian perhatikan jika mau mendaftar KGSP. Yuk, langsung aja!

Total penerimaan

Tingkat penerimaan KGSP bisa dibilang cukup kecil. Untuk kalian yang baru lulus SMA dan ingin mendaftar kuliah di salah satu perguruan tinggi Korea Selatan, total yang diterima hanya 170 orang. Sedangkan untuk Pascasarjana, yang diterima bertotal 700 orang. Sudah siapkah kalian untuk bersaing?

Baca juga: Panduan Beasiswa Luar Negeri

Kemampuan berbahasa Korea

Nah, kalau kalian sudah keterima, kalian masih harus ikut kursus Bahasa Korea selama 1 tahun. Tapi, ada pengeculiannya. Untuk teman-teman yang memiliki skor TOPIK diatas 5, kalian sudah bisa langsung menjalani masa perkuliahan.

Baca juga: Fakta Menarik Tentang Beasiswa Chevening yang Kamu Perlu Tahu

Tipe beasiswa KGSP

Ada dua jalur beasiswa KGSP, yaitu jalu Kedubes dan Universitas. Untuk jalur kedubes kalian boleh mendaftar jurusan apa saja kecuali yang masa perkuliahannya melewat 4 tahun (seperti kedokteran). Sedangkan jalur universitas diutamakan untuk jurusan ilmu pengetahuan alam (Natural Science) dan Teknik (Engineering).

Baca juga: Penting! Ketahui Hal-Hal Ini, Sebelum Kamu Mendaftar Beasiswa LPDP

Kualifikasi

Untuk kalian yang berminat mendaftar, ini dia syarat-syaratnya:

  • Kamu maupun orang tuamu tidak boleh memiliki kewarganegaraan Korea Selatan (walaupun berkewarganegaraan ganda)
  • Maksimal berumur 25 tahun untuk pendaftar S1 dan maksimal berumur 40 tahun untuk pascasarjana
  • IPK minimal 80% (3.25)
  • Memiliki gelar sarjana sebelum keberangkatan ke Korea Selatan untuk pendaftar pascasarjana dan sudah menyelesaikan sekolah sebelum tanggal keberangkatan ke Korea Selatan (tidak masalah mendaftar ketika masih dalam masa pembelajaran asalkan sebelum tanggal keberangkatan sudah lulus)
  • Yang sudah pernah belajar di Korea Selatan tidak dapat mengikuti KGSP.
  • Awardee KGSP dapat mengikuti program ini kembali jika memiliki nilai diatas 90%

Cakupan beasiswa

Beasiswa KGSP ini mencakup:

  1. Uang kuliah mulai dari uang pangkal dan uang semester
  2. Tiket pesawat keberangkatan
  3. Biaya perpindahan tempat sebesar 200.000 KRW atau Rp24.000.000
  4. Asuransi kesehatan 20.000 KRW atau Rp2.400.000
  5. Tunjangan kemampuan Bahasa Korea 100.000 KRW atau Rp12.000.000 untuk yang memiliki nilai 5 dan 6 TOPIK dan gratis pembiayaan les Bahasa Korea selama 1 tahun
  6. Tunjangan kembali kenegara asal 100.000 KRW atau Rp. 12.000.000

Itu dia beberapa hal penting sebelum mendaftar KGSP. Biasanya pendaftaraan KGSP untuk sarjana dibuka di bulan Agustus tiap tahunnya. Yuk, siapkan diri kalian dari sekarang biar saat pendaftarannya dibuka kalian tidak perlu lagi repot dan panik mempersiapkan ini itu.

Baca juga: Daftar Universitas Terbaik Untuk Kamu yang Mau Kuliah Keluar Negeri