Yuk, lanjutkan studi di Jepang dengan beasiswa Monbukagakusho!

Yuk, lanjutkan studi di Jepang dengan beasiswa Monbukagakusho!

lister.co.id – Kalau artikel kemarin kita sudah membahas beasiswa KGSP ke Korea Selatan, sekarang kita membahas tentang beasiswa ke Negeri Matahari Terbit, Jepang.

Siapa sih yang tidak tahu komik, anime, sushi, dan tentu saja Takoyaki? Sama seperti Korea Selatan, Jepang tidak hanya terkenal akan budaya-budayanya tetapi juga system pendidikannya yang unggul. Kalau kalian ingin belajar ke negeri yang dikenal sebagai negeri Sakura ini, artikel ini buat kalian, terutama fellas yang sekarang sedang menempuh Pendidikan atau sastra Jepang. Di sini kita akan bahas semua hal yang perlu kalian tahu tentang beasiswa Monbukagakusho.

  1. Apa itu Beasiswa Monbukagakusho?

Beasiswa Monbukagakusho adalah beasiswa yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Monbukagakusho/MEXT) Jepang untuk mahasiswa-mahasiswa S1 Sastra atau Pendidikan Bahasa Jepang. Dengan durasi selama 1 tahun, kamu akan mendapatkan sertifikat dan bukan gelar. Berbeda dengan beasiswabeasiswa yang sudah pernah kita bahas sebelumnya, Beasiswa Monbukagakusho adalah program non-gelar.

  • Cakupan Beasiswa Monbukagakusho

Pembiayaan yang ditanggung oleh Beasiswa Monbukagakusho mencakup: biaya kuliah sepenuhnya, tunjangan hidup kurang lebih ¥117.000/bulan, tiket pesawat pergi pulang Indonesia – Jepang (1 kali), dan biaya pembuatan visa pelajar.

  • Persyaratan

Nah, perhatikan bagian ini baik-baik ya, fellas! Supaya kamu dapat kualifikasi beasiswa Monbukagakusho, ini beberapa hal yang perlu kamu perhatikan:

  • Mahasiswa aktif (min. semester 3) S1 atau D4 jurusan sastra/Pendidikan/budaya/Bahasa Jepang
  • Bisa dan menguasai Bahasa Jepang
  • Maksimal berusia 29 tahun per 1 April, artinya lahir diantara 2 April 1990 – 1 April 2002
  • Direkomendasikan oleh institusi tempat berkuliah saat ini, sesuai dengan seleksi internal di institusi masing-masing.
  • Selama proses seleksi berlangsung dan saat sudah terpilih sebagai penerima beasiswa, peserta belum akan mengikuti siding skripsi.
  • Kembali ke Indonesia dan melanjutkan perkuliahan begitu program berakhir
  • Kamu tidak dapat mendaftar program ini kalau kamu memiliki beberapa kondisi di dalam list ini. Salah satunya adalah jika kamu sudah terdaftar di salah satu Universitas Jepang dengan status tinggal “Student”.
  • Timeline

Berdasarkan timeline tahun lalu, pendaftaran Beasiswa Monbukagakusho masih cukup lama loh dibukanya. Kalian masih punya banyak waktu untuk mempersiapkan diri. Berikut :

  1. Pendaftaran : Desember 2020 – Januari 2021
  2. Pengumuman Lolos administrasi: Akhir Januari 2021
  3. Ujian tertulis : Februari 2021
  4. Pengumuman lolos ujian tulis: Februari 2021
  5. Ujian Wawancara: Akhir Februari 2021
  6. Pengumuman terakhir : Awal Maret 2021
  7. Berangkat ke Jepang: September 2021

Tapi, timeline ini tentunya berdasarkan pada timeline tahun lalu. Mengingat kondisi COVID-19, bisa dibilang kalau pasti akan terjadi perubahan. Karena belum ada yang pasti, lebih baik kamu mempersiapkan diri dari sekarang agar nanti saat pendaftarannya dibuka, kamu sudah siap sedia.

Hal-hal di atas adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika ingin mendaftar Beasiswa Monbukagakusho. Memang beasiswa ini lebih terfokus ke satu fakultas atau jurusan, tapi artinya kesempatan kamu juga lebih besar. Buat yang bukan mahasiswa kesusastraan Jepang tapi mau juga sekolah ke Jepang, tenang artikelnya akan beda lagi. Jadi, stay tuned ya!

Baca juga artikel lainnya: