5 Tips Membuat CV Beasiswa Menurut Harvard University

cv beasiswa

Bimbingan Doctoral Degree –  CV atau curriculum vitae  adalah salah satu syarat dalam pendaftaran beasiswa,  melamar kuliah  maupun  pekerja.  Jika kamu  seorang pejuang beasiswa luar negeri,  berikut adalah  tips membuat CV beasiswa dari  Harvard University.  

Baca juga : Apa itu LoA? Ini Jenis, Contoh, dan Cara Mendapatkannya

Penggunaan CV dalam proses pendaftaran beasiswa

Baik beasiswa dalam negeri  seperti beasiswa LPDP,  beasiswa unggulan  maupun beasiswa luar negeri CV beasiswa  adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi. 

CV penting  dalam proses pendaftaran beasiswa karena digunakan untuk  melihat siapa dirimu,  latar belakang  dan juga pengalaman yang sudah kamu lakukan. 

Jika saat ini kamu masih membuat Cv untuk beasiswa yang asal jadi dan masih berantakan,  maka sekarang untuk CV beasiswa  kamu perlu membuatnya secara profesional dan mengesankan. 

Umumnya  seseorang yang menyeleksi CV,  proses seleksi dilakukan secara cepat  untuk menarik perhatian penyeleksi kamu perlu membuat CV yang  bukan hanya  hebat namun juga menarik. 

5 Tips membuat CV beasiswa dari Harvard University

Informasi ini dilansir dari  akun LinkedIn  LPDP kementerian keuangan RI  yang membagikan postingan  tentang membuat CV beasiswa maupun kerja dari  pusat Pengembangan Karir Harvard University. Tentunya ini juga berlaku untuk CV beasiswa luar negeri. 

1.  Penggunaan bahasa

Salah satu hal yang banyak ditekankan di  membuat CV beasiswa dari Harvard University ini adalah penggunaan bahasa. 

Di mana CV dibuat sebagai representasi  diri kita,  berupa pendidikan,  pencapaian  dan informasi pendukung lain yang sudah dilewati. 

Penggunaan bahasa yang pertama harus diperhatikan adalah  

  1. Menggunakan bahasa aktif untuk membuat CV
  2. Sampaikan informasi secara lugas dan tidak muluk-muluk
  3. Memastikan penulisan grammar  dan spelling sudah benar 

Sedangkan  beberapa hal yang perlu dihindari dalam penulisan CV beasiswa  menurut Harvard University adalah 

  1. Menggunakan kata ganti orang (saya)  di dalam CV 
  2. Bahasa gaul 
  3. Menggunakan singkatan kata

Jadi bahasa yang digunakan harus formal atau profesional sesuai dengan tujuan lamaran CV.  Untuk kamu yang menulis CV dengan  poin di atas  bisa segera dikoreksi dan diperbaiki. 

2. Penulisan dan Penataan CV 

Penulisan dan penataan CV perlu dibuat singkat namun spesifik.  Hal ini bertujuan untuk memudahkan seseorang untuk membaca secara cepat CV kamu. 

Menulis CV bertele-tele memiliki kemungkinan besar untuk dilewatkan,  karena mengurangi  poin yang dapat dinilai dan juga  dianggap kurang profesional. 

Para penyeleksi  melakukan seleksi Curriculum vitae beasiswa secara cepat, pastikan kamu menulis  poin penting  secara lugas agar bisa terbaca dengan baik oleh penyeleksi. 

CV beasiswa kamu  serapi mungkin sehingga informasi di dalamnya akan mudah terbaca.  Penulisan dan pengaturan CV yang baik bisa dilihat dari  font yang digunakan ( ukuran,  warna,  keterbacaan,  konsistensi font)  dan juga pengaturan tata letak yang baik. Gunakan  kata tebal  untuk  menegaskan informasi tertentu.

Selain itu penulisan riwayat pendidikan maupun pengalaman, ditulis menggunakan  cara  reverse chronological order dimana  pengalaman yang baru ditulis lebih awal. 

Misalnya pada  riwayat pendidikan,  pengalaman kerja  atau pengalaman organisasi.  Tulis yang  paling baru di  poin pertama. 

3. Informasi diri 

Membuat CV beasiswa menurut Harvard university,  ada berapa informasi diri  yang perlu diperhatikan seperti 

a. Penulisan gelar 

Ternyata tidak perlu menuliskan gelar  bersama nama. Karena gelar nantinya akan dituliskan pada bagian  riwayat pendidikan. 

Umumnya,  seseorang membuat CV menuliskan  nama panjang beserta gelar  di highlight  dengan ukuran besar.  Kamu bisa mengikuti tips dari hardware University  dengan cukup menuliskan nama tanpa gelar. 

b. Ringkasan profil 

Di CV sudah sangat umum  terdapat ringkasan profil  yang menjelaskan siapa kamu secara singkat. 

Penulisan ringkasan profil  menurut Harvard University ini adalah  menuliskan secara singkat dan to the point  menunjukkan  informasi yang ingin kamu utamakan dan  kualitas yang kamu miliki. 

Membuat  ringkasan profil yang kuat diperlukan untuk menarik perhatian penyeleksi.  Tampilkan kekuatan dan kualitas yang kamu miliki. 

4. Cantumkan  pencapaian relevan dengan bidang pendidikan 

Mencantumkan pencapaian,  penghargaan  dan juga  prestasi  akan lebih baik disesuaikan dengan latar belakang pendidikan yang ditempuh.  

Hal ini akan mendukung  penilaian bahwa kamu mendalami bidang yang sama. Kamu mendukung poin ini  dengan menyertakan lisensi sertifikasi atau basis data lainnya. 

5. Kontak  yang bisa dihubungi

Selanjutnya bagian dari informasi diri  adalah kontak,  email  maupun LinkedIn.  Banyak orang yang  melewatkan penulisan kontak ini. Beberapa tips untuk menulis kontak  di CV beasiswa  adalah 

✔ Jika mencantumkan nomor telepon maka tambahkan kode negara nomor telepon (+62)  untuk Indonesia 

✔ Bisa mencantumkan akun LinkedIn dengan menyertakan tautan linkedin 

✔  Sertakan email pada kolom kontak  untuk membuat kamu lebih profesional

Itulah tips penulisan CV beasiswa berdasarkan pusat pengembangan karir Harvard University,  yang lister kumpulkan melalui  LinkedIn LPDP  Kementerian Keuangan. 

Rekomendasi artikel : Apa itu Motivation Letter dan Kenapa Penting untuk Beasiswa?

Struktur yang digunakan di dalam CV beasiswa 

Secara umum struktur CV  baik untuk beasiswa, melamar pekerjaan  dan CV lainnya  memiliki struktur sebagai berikut 

Personal information Nama lengkap  
Kontak ( nomor telepon, email,  portofolio/ tautan LinkedIn)
Summary Keterangan singkat tentang  pengalaman
Skill dan pencapaian yang sudah dialami. 
Education Nama instansi pendidikan 
Tahun belajar Gelar yang didapat 
Pencapaian  yang didapat selama bersekolah  di instansi tersebut 
Work experience Masa bekerja dan tahun bekerja  
Nama instansi  tempat kerja  
Posisi  dan tanggung jawab  Pencapaian 
Struktur yang digunakan di dalam CV beasiswa | Sumber : Linkedin LPDP Kementerian Keuangan RI 

Penulisan  CV beasiswa yang benar 

Berikut Lister  cantumkan  contoh penulisan CV beasiswa yang benar menurut  Harvard University  yang dipublish  di akun LinkedIn LPDP  Kementerian Keuangan RI. 

cv beasiswacv beasiswa
Sumber gambar : LinkedIn LPDP Kementerian Keuangan RI

Itulah contoh penulisan CV beasiswa yang benar menurut  Harvard University melalui akun LinkedIn LPDP Kementerian Keuangan RI. 

Bagaimana denganmu apakah sudah memenuhi  kriteria penulisan CV beasiswa yang benar? 

Persiapan  beasiswa luar negeri  dengan mentoring beasiswa S1 – S3 di Lister

Mengikuti mentoring beasiswa luar negeri untuk tingkat S1,  S2  dan S3  adalah salah satu cara untuk mempermudah kamu persiapan menembus seleksi beasiswa luar negeri. 

Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan  dan membutuhkan energi yang tidak sedikit.  untuk itu Lister  hadir memberi kamu mentor untuk konsultasi dan pendampingan persiapan beasiswa. 

Lister memiliki program  bimbingan beasiswa  ke luar negeri dari bimbingan bachelor degree sampai dengan bimbingan doctoral degree

Materi yang akan diajarkan adalah membuat CV yang benar, membuat motivation letter dan lainya.  Jika kamu tertarik  bisa mengikuti  mentoring  beasiswa di Lister. 

Manfaatkan promo 10%  yang  hadir,  promo ini berlaku untuk kamu yang membeli kelas seharga satu jutaan di Lister.  Klaim promo dengan  menggunakan kode voucher BLOGLISTER10  saat mendaftar kelas melalui WhatsApp Lister.  Daftar kelas sekarang juga! 

Sumber gambar : jcomp di Freepict

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

bimbingan beasiswa lpdp

Bimbingan Beasiswa LPDP

Untuk kamu pejuang LPDP, bisa mengikuti bimbingan beasiswa LPDP dari Lister. Kelas ini memberikan strategi persiapan LPDP dengan mentor berpengalaman.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.