Etos Kerja adalah: Cara Memiliki dan 10 Contohnya

Etos Kerja adalah

Kursus Business EnglishEtos kerja adalah salah satu faktor penunjang karier seseorang. Walaupun dapat menjadi sifat bawaan lahir, etos kerja bisa ditumbuhkan dan dikembangkan.

Mengapa etos kerja menjadi salah satu bahan pertimbangkan penilaian kerja? Apa saja etos yang penting dimiliki seseorang dalam dunia kerja?

Etos Kerja adalah

Menurut Indeed, etos kerja adalah serangkaian prinsip moral yang dibangun atas gagasan bahwa kerja keras adalah sesuatu yang berharga dan layak dikejar. Etos kerja juga menunjukkan dedikasi seseorang terhadap pekerjaannya.

Dengan etos kerja yang kuat, kamu akan meraih rasa hormat dari orang lain, menjadi lebih produktif, lebih mudah bekerja sama, dan lain-lain.

Etos kerja dapat diwujudkan dengan memperhatikan hal-hal kecil dalam pekerjaan. Seperti datang tepat waktu, bersikap jujur, dan menghormati rekan kerja.

Mengapa Etos Kerja Penting?

Setelah mengetahui etos kerja adalah, saatnya tahu tentang peran penting hal tersebut. Seseorang dengan etos kerja yang tinggi mampu tampil dan bersikap profesional. Hal ini disampaikan oleh The Balance Careers.

Ia menghormati tugasnya dan orang lain, sehingga sebisa mungkin untuk mencapai target yang ditentukan dalam waktu yang disediakan

Ia juga memahami pentingnya posisi yang dijalankan terhadap keberlangsungan perusahaan. Dengan begitu, ia menjalankan tugasnya semaksimal mungkin secara bertanggung jawab.

Oleh karena alasan ini, salah satu kepentingan dari etos kerja adalah seringkali menjadi standar penilaian perusahaan terhadap kinerja karyawannya.

Baca juga: Apa itu Personal Branding? Bikin Kamu Dilirik Perusahaan!

10 Contoh Etos Kerja

Mengulik lebih jauh seputar contoh etos kerja adalah, dalam penjelasan berikut ini.

Melihat dari segit konteks profesionalisme dan keberhasilan, terdapat 10 etos kerja dasar yang dianggap esensial bagi setiap individu.

Etos kerja yang kuat bukan hanya menjadi kunci kesuksesan pribadi. Namun juga merupakah fondasi untuk membangun lingkungan kerja yang produktif dan positif. 

Dengan mengenali dan menerapkan 10 etos kerja dasar ini, setiap orang dapat memperkuat fondasi keberhasilan dan berkembang dalam karier. 

  • Akuntabilitas, yakni dapat bekerja dengan baik tanpa perlu diawasi.
  • Disiplin adalah kemampuan fokus bertanggung jawab terhadap tugas tanpa terpengaruh situasi. Contohnya adalah tepat waktu.
  • Kejujuran tidak hanya diwujudkan dalam mengerjakan tugas, tetapi juga saat menyampaikan pendapat, mengakui kesalahan, dan berbagi tugas.
  • Rendah hati dapat diwujudkan dengan mendengarkan pendapat orang lain dan membuat keputusan yang melegakan semua pihak.
  • Integritas berarti melakukan hal yang benar, meskipun tidak diawasi. Integritas dapat menumbuhkan kepercayaan orang lain.
  • Rapi adalah sifat yang akan membantu kamu mengerjakan tugas tepat waktu dan menghindari kesalahan.
  • Kualitas kerja ditunjukkan dengan hasil pekerjaan yang konsisten dalam berbagai situasi.
  • Tanggung jawab adalah sifat umum yang harus dimiliki setiap orang, terlebih saat bekerja. Orang yang bertanggung jawab dapat mengerjakan tugas dengan tuntas, tepat waktu, dan mampu berkomunikasi dengan baik.
  • Kerja sama dapat terbangun dengan komunikasi dan pemahaman yang baik dengan orang lain.
  • Manajemen waktu yang baik akan membantu kamu menyelesaikan semua tugas dengan tepat waktu dan maksimal.

Baca juga: 5 Cara Melatih Public Speaking untuk Kebutuhan Kerja

Tips Mengembangkan Etos Kerja

Dari penjelasan di atas yang mana mengungkap bahwa etos kerja adalah bagian dari prinsip tingkatkan karier. Saatnya mengetahui bagaimana cara memiliki etos kerja yang baik?

Berikut beberapa tips cara menumbuhkannya, baik di dalam maupun di luar pekerjaan.

Fokus

Etos kerja adalah prinsi yang mana menghindari hal-hal yang membuat perhatianmu teralihkan. Contohnya kamu sering mengecek media sosial saat bekerja, sehingga pekerjaanmu tertunda.

Tetapkan tujuan

Tentukan tujuan yang ingin kamu capai dalam jangka waktu tertentu. Contohnya kamu ingin menyelesaikan laporan dalam waktu 2 jam.

Kamu juga dapat menetapkan tujuan yang lebih besar dalam jangka waktu lebih lama, contohnya dengan membuat OKR.

Rapi

Kerapian adalah salah satu etos kerja yang seringkali dilupakan. Jika kamu tidak terbiasa memiliki sifat rapi, kamu dapat melatihnya melalui hal-hal kecil.

Contohnya merapikan meja kerja, menyimpan dokumen yang tidak perlu, menghapus email, dan lain-lain.

Istirahat

Mengambil jeda adalah hal yang penting untuk meningkatkan produktivitas. Setelah beristirahat sejenak, kamu dapat kembali bekerja dengan pikiran jernih. Saat kamu kelelahan, kamu akan kesulitan menjaga etos kerja agar tetap maksimal.

Dedikasi

Kamu perlu menyadari dan meyakini peran posisimu dalam perusahaan. Sikap ini akan membuat kamu lebih bersemangat dan antusias bekerja, sehingga meningkatkan etos kerja.

Kursus Business English, Langkah Sukses untuk Karier Global

Kosakata yang digunakan dalam dunia bisnis dan pekerjaan tentu berbeda dengan percakapan sehari-hari. Agar kamu semakin percaya diri, ikuti Kursus Business English di Lister.

Sejumlah alumni Lister terbukti merasakan bagaimana kursus di Lister mendukung karier mereka. Cari tahu pengalaman mereka di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar melalui WhatsApp sekarang juga!

Foto utama oleh fauxels di Pexels.

Share:

Brigitta Winasis
Brigitta Winasis
A lifetime learner, a magical world wanderer through books and stories. Writing for professional purposes and personal interests.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

kelas bahasa inggris di solo

Kelas Bahasa Inggris di Solo, Bebas Atur Jadwal

Belajar bahasa Inggris online untuk anak 3-6 tahun dan remaja 10-14 tahun, bisa diikuti. Lembaga kelas bahasa Inggris di Solo, Lister bisa kamu jadikan pilihan utama dalam mengembangkan bahasa si buah hati.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.