Ulik Gaji TKI di Jepang, Mulai Belasan Juta?

Gaji TKI di Jepang

Kursus Bahasa Jepang – Sebelum membahas seputar gaji TKI di Jepang, ketahui salah satu bekal kemampuan yang dibutuhkan sebelum bekerja di sana. Salah satunya, pada persiapan diri untuk mempelajari bahasa Jepang.

Bahasa merupakan jembatan komunikasi paling mendasar. Di sisi lain, penguasaan bahasa Jepang tidak hanya mempermudah interaksi sehari-hari. 

Namun juga membuka pintu peluang yang lebih luas di dunia pekerjaan. Ulik lebih banyak seputar caranya mempelajari bahasa Jepang dengan cepat dan tepat untuk membangun karier lebih baik.

Tips belajar bahasa Jepang untuk Pemula

Bagi para pemula yang tertarik untuk memasuki dunia bahasa Jepang, menguasai bahasa yang satu ini bisa dibilang cukup menantang. 

Namun, dengan pendekatan yang tepat, belajar bahasa Jepang dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan. Simak beberapa tips belajar bahasa Jepang berikut ini, 

Pelajari beberapa frasa dasar yang penting

Sebelum mengenal jenis kata dalam bahasa Jepang, pelajari dulu seputar kata dasar yang penting dan mudah dimengerti. 

Kamu bisa memulainya dengan menyusun daftar kata dan ungkapan yang umum digunakan, seperti “Halo”, “Apa kabar?”, dan “Senang bertemu dengan Anda”. 

Buatlah daftar kosakata sebanyak 100 kata bahasa Jepang yang penting untuk membantumu dalam membiasakan diri. 

Jenis alfabet dalam bahasa Jepang 

Sebelum mengulik seputar gaji TKI di Jepang, ada baiknya ketahui dulu tips belajar bahasa Jepang yang satu ini.

Terdapat tiga sistem penulisan dasar yang harus dikuasai untuk membaca dan menulis dalam bahasa Jepang, yaitu Hiragana, Katakana, dan Kanji. 

Hiragana dan Katakana adalah dua bentuk dasar dari alfabet Jepang yang terdiri dari karakter fonetis yang mewakili suku kata dalam suatu bahasa. 

Sementara Hiragana digunakan terutama untuk menulis kata-kata asli Jepang. 

Gunakan aplikasi bahasa asing darling atau luring

Kamu bisa menggunakan aplikasi belajar bahasa yang bisa diakses kapan dan dimana saja. 

Aplikasi seperti Duolingo, Memrise, atau Rosetta Stone menawarkan pendekatan sederhana bagi pemula untuk menguasai frasa dan kosakata dasar bahasa Jepang. 

Meskipun sangat bagus untuk meningkatkan kemampuan bahasa Jepang secara cepat, dedicating waktu yang cukup untuk belajar dan berlatih di dunia nyata sangat penting. 

Baca juga: Rincian Biaya Hidup Jepang, Berapa Perbulannya?

Keuntungan belajar bahasa Jepang

Sebagai salah satu bahasa dengan sejarah budaya yang kaya dan signifikan dalam dunia bisnis, belajar bahasa Jepang dapat meningkatkan daya saing dan peluang karier seseorang. 

Berikut tentang keuntungan belajar bahasa Jepang selain untuk mempersiapkan karier lebih baik dengan dapat gaji TKI di Jepang yang tinggi. 

Namun juga sebagai pembuka akses lebih mendalam terhadap literatur, seni, dan budaya Jepang yang unik. 

Peluang karier lebih luas

Dengan belajar bahasa Jepang dan keinginan untuk menguasai bahasa tersebut. Seseorang bisa memiliki keunggulan kompetitif di pasar kerja internasional. 

Mengingat, Jepang merupakan pusat ekonomi dan teknologi global, sehingga keterampilan berbahasa Jepang dapat membuka pintu peluang karier di berbagai sektor. 

Seperti dalam industri teknologi, manufaktur, dan perdagangan internasional.

Pengembangan kemampuan berpikir

Bahasa Jepang memiliki struktur dan karakteristik tersendiri yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan analisis. 

Pembelajaran bahasa ini melibatkan pemahaman pola kalimat yang kompleks dan penggunaan karakter Kanji yang memperkaya kapasitas otak dalam memahami simbol dan makna.

Pemahaman budaya yang mendalam

Belajar bahasa Jepang memungkinkan seseorang untuk merasakan kekayaan budaya Jepang secara langsung. 

Dengan memahami bahasa, seseorang dapat mengeksplorasi sastra, seni, musik, dan tradisi Jepang dengan lebih mendalam, meningkatkan pemahaman terhadap nilai-nilai budaya yang unik.

berapa gaji tki di jepang

Ilustrasi suasana malam hari di Jepang (DOK.PEXELS/Satoshi Hirayama)

Berapa gaji TKI di Jepang?

Setelah mengetahui seputar cara mudah belajar bahasa Jepang, saatnya menggunakan bahasa tersebut untuk meningkatkan taraf hidup melalui mendapatkan pekerjaan atau karier lebih baik. 

Gaji TKI di Jepang berdasarkan jenjang dan kualifikasi yang dibutuhkan. Jumlahnya pun bisa dibilang cukup variatif. 

Dilansir dari laman Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI),  Indonesia banyak mengirimkan tenaga untuk mengisi posisi sebagai perawat atau kangoshi dan careworker atau kaigifukushishi. 

Ada pun untuk gaji TKI di Jepang di dua posisi tersebut mulai dari 22 juta rupiah per bulan. 

Sebagai informasi seputar gaji TKI di Jepang, ada pun upah minimum yang ditetapkan oleh pemerintah Jepang mulai dari 901 yen per jam atau sekitar Rp 96.000 mengikuti kurs per 11 Desember 2021. 

Hanya saja upah minimum yang ditetapkan cukup berbeda-beda di setiap prefektur. Gaji di Jepang tertinggi ada di Tokyo sekitar 1.013 yen sementara terendah ada di Okinawa, Kahoshima, dan Miyazaki sebesar 790 yen. 

Memahami struktur gaji TKI di Jepang tidak hanya memberikan gambaran tentang kondisi ekonomi dan kebutuhan hidup di sana. 

Namun juga membantu para pekerja migran untuk merencanakan dan mengelola keuangan mereka dengan lebih efektif selama berada di Jepang.

Perlu diingat juga, kalau setiap pembayaran gaji, ada kewajiban yang perlu dibayarkan seperti pajak dan asuransi yang berlaku. 

Baca juga: Ketahui 3 Syarat Kerja Di Jepang, Cek Sebelum Berangkat!

Cara mendapatkan pekerjaan di Jepang

Sebelum mengembangkan mimpi untuk bisa meraih karier lebih baik dan mendapatkan gaji TKI di Jepang yang cukup menggiurkan. Ada beberapa cara yang harus kamu lewati. 

Seperti, memahami proses pencarian pekerjaan di Jepang. Simak penjelasan berikut ini, 

Merangkai CV dan resume yang sesuai 

Sebelum kamu berangkat ke Jepang untuk bekerja, ada baiknya untuk banyak membaca proses melamar pekerjaan di Jepang. 

Jangan lupa dan lewatkan untuk membuat CV dan resume menarik dengan latar belakang pendidikan atau keterampilan yang dibutuhkan. 

Hadiri wawancara kerja dengan maksimal

Lakukan riset mendalam tentang perusahaan tersebut, posisi yang dilamar, dan industri tempat perusahaan beroperasi. 

Persiapkan jawaban yang solid untuk pertanyaan umum wawancara dan kenali potensi pertanyaan yang mungkin diajukan. 

Jelaskan secara jelas bagaimana keterampilan dan pengalaman Anda sesuai dengan tuntutan pekerjaan. 

Datangi agen pencari kerja

Mendapatkan pekerjaan melalui agen pencari kerja di Jepang dapat menjadi opsi yang efektif untuk memfasilitasi proses pencarian pekerjaan. 

Terutama bagi para calon pekerja asing yang mungkin belum familiar sepenuhnya dengan pasar kerja Jepang. 

Agen pencari kerja sering kali berspesialisasi dalam industri atau sektor tertentu. 

Penting untuk memilih agen yang sesuai dengan latar belakang dan keahlian Anda, agar proses pencarian pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih efektif.

Ikut Kursus Bahasa Jepang, Rahasia Cepat Mahir!

Untuk meraih impian studi, karier, hingga tinggal di Jepang, perlu menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti di Kursus Bahasa Jepang di Lister.

Ikuti pengalaman seru sesama student di Discord Lister Group Community.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Bagi korporasi dan instansi juga bisa mendaftar dalam kelas company. Program B2B Lister siap Meningkatkan Skill Bahasa Jepang Karyawan Anda dan bantu mereka meraih impian studi lanjut dengan mudah.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Foto utama oleh vitalina di Pexels.

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

bimbingan beasiswa lpdp

Bimbingan Beasiswa LPDP

Untuk kamu pejuang LPDP, bisa mengikuti bimbingan beasiswa LPDP dari Lister. Kelas ini memberikan strategi persiapan LPDP dengan mentor berpengalaman.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.