Mengenal Project Manager, Apa Soft Skill yang Dibutuhkan?

apa itu Project Manager

Contract and Project Risk Management – Di era serba digital, dimana penggunaan internet hampir tak bisa lepas dari kehidupan masyarakat masa kini. Membuat munculnya banyak peluang pekerjaan, terutama project manager

Bagi fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan, lowongan dengan jabatan project manager mungkin tidak jarang kamu temukan. 

Dalam konteks pasar kerja yang terus berubah dan semakin kompetitif, keahlian Project Manager menjadi semakin penting di setiap proyek atau pekerjaan. 

Ulik lebih banyak seputar apa itu manager proyek berikut ini.

Apa itu project manager?

Dilansir dari laman Coursera, project manager merupakan seseorang yang bertanggung jawab untuk mengatur, merencanakan, dan melaksanakan proyek. Tentu saja dengan memperhatikan aspek keuangan dan tenggat waktu. 

Seorang tersebut akan memimpin tim, menetapkan tujuan proyek, berkomunikasi dengan pihak terkait. Proyek yang akan dikerjakan memiliki tujuan yang bervariasi. 

Seperti, kampanye pemasaran, konstruksi gedung, pengembangan sistem komputer, atau peluncuran produk baru. Selain itu, Peran project manager sangat diperlukan di berbagai industri. 

Itulah mengapa, lowongan kerja sebagai seorang manager proyek sangat dibutuhkan. Namun, perlu mengenal dan memiliki berbagai soft skill untuk bisa mengisi jabatan tersebut. 

Baca juga: Training Essential Project Management untuk Karyawan

Skill yang dibutuhkan seorang manager proyek

Ada banyak soft skill yang harus dimiliki oleh seorang project manager untuk menjalankan rencana usaha atau pekerjaan agar sukses mencapai tujuannya.

Kepemimpinan

Keterampilan kepemimpinan harus mencakup kemampuan untuk memberikan arahan yang jelas kepada tim, memberikan motivasi anggota tim untuk mencapai tujuan bersama. 

project manager juga harus mampu mengambil inisiatif, membuat keputusan dengan bijaksana, dan mengelola konflik secara bijaksana. 

keterampilan kepemimpinan juga mencakup kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dengan berbagai pihak, termasuk tim proyek, pemangku kepentingan, dan pihak terkait lainnya.

Bisa berpikir kritis

Pemikiran kritis melibatkan kemampuan untuk menganalisis dan mengevaluasi situasi secara mendalam. Tujuannya adalah untuk  memahami adanya baik itu keberhasilan atau resiko yang mungkin timbul di masa depan. 

Dalam konteks manajemen proyek, pemikiran kritis membantu manajer proyek untuk mengidentifikasi dan mengatasi masalah sebelum mereka menjadi hambatan serius bagi proyek.

Dengan menerapkan pemikiran kritis, seorang manajer proyek dapat mengambil keputusan yang lebih baik dan lebih terinformasi.

Punya sense of humor

Salah satu keterampilan kepemimpinan yang penting bagi seorang manajer proyek adalah memiliki rasa humor yang bisa memecah suasana. 

Saat menghadapi tantangan dan tekanan dalam sebuah proyek, rasa humor dapat menjadi cara efektif untuk meredakan stres dan menciptakan lingkungan kerja yang lebih santai.

Humor dapat digunakan untuk merayakan keberhasilan kecil, mengatasi hambatan, atau sekadar meredakan ketegangan saat situasi menjadi tegang. 

Baca juga: Project Based Learning Adalah? Cek Contoh dan 5 Langkahnya

Metodologi manajemen proyek

Dalam setiap usaha bisnis atau proyek, penggunaan metodologi manajemen proyek menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam melaksanakan berbagai tugas. 

Dari metode tradisional seperti Waterfall hingga pendekatan inovatif seperti Agile.

Pemahaman tentang metodologi manajemen proyek tidak hanya menjadi kebutuhan, tetapi juga kekuatan pendorong keberhasilan setiap inisiatif.

Dalam mempersiapkan diri menjadi seorang manajer proyek, tidak ada salahnya untuk mengenali metodologi seperti, Agile, Scrum, atau Waterfall. 

Sebagai seorang manajer proyek, memilih metodologi atau bahkan kombinasi metodologi merupakan salah satu keputusan awal yang signifikan. 

Pilihan Anda akan sangat bergantung pada industri dan jenis proyek yang sedang Anda kelola.

Ilustrasi manager proyek di sebuah bisnis (DOK.PEXELS/Pixabay)

Ilustrasi manager proyek di sebuah bisnis (DOK.PEXELS/Pixabay)

Kualifikasi untuk menjadi seorang manager proyek

Kualifikasi untuk menjadi seorang manajer proyek bervariasi tergantung pada industri, ukuran proyek, dan perusahaan yang akan dilamar. 

Namun, secara umum, berikut adalah beberapa kualifikasi yang umumnya dicari, seperti

Banyak perusahaan mengharapkan calon manajer proyek memiliki gelar sarjana atau yang lebih tinggi, terutama dalam bidang terkait manajemen proyek, manajemen bisnis, atau teknik.

Sertifikasi manajemen proyek seperti PMP (Project Management Professional) bisa diambil untuk menjadi nilai tambah dan mengukuhkan keterampilan manajerial.

Pengalaman kerja yang solid dalam manajemen proyek sangat dihargai. Pengalaman ini dapat mencakup tanggung jawab sebelumnya sebagai asisten manajer proyek. 

Pengalaman kerja yang solid dalam manajemen proyek sangat dihargai. Pengalaman ini dapat mencakup tanggung jawab sebelumnya sebagai asisten manajer proyek.

Tips membuat resume project manager

Ada beberapa tips untuk membuat resume yang efektif untuk posisi Project Manager. 

Relevan dan tidak bertele-tele

Fokuslah pada informasi yang relevan dan penting. Resume sebaiknya ringkas dan langsung pada intinya. Pemilihan kata dan frasa yang efisien dapat meningkatkan daya tarik.

Tonjolkan pada keterampilan

Jelaskan secara rinti keterampilan yang Anda sebagai manajer proyek, seperti kepemimpinan, perencanaan, pengorganisasian, dan kemampuan komunikasi.

Deskripsikan pencaiapan

Tulis dalam angka dan tulisan singkat yang mudah dimengerti tentang pencapaian konkrit yang Anda capai dalam proyek-proyek sebelumnya. Gunakan data atau angka untuk memberikan gambaran konkret tentang kontribusi. 

Sertakan sertifikasi atau pelatihan

Jika Anda memiliki sertifikasi manajemen proyek seperti PMP, cantumkan dengan jelas. Sertifikasi dan pelatihan tambahan dapat meningkatkan kredibilitas. 

Contract and Project Risk Management in Construction Training di Lister

Lister menghadirkan solusi terdepan dalam Contract and Project Risk Management untuk memastikan setiap langkah bisnis Anda. 

Dengan pengalaman bertahun-tahun dalam membantu perusahaan mengelola risiko kontrak dan proyek, Lister paham betapa pentingnya setiap keputusan untuk kelangsungan bisnis di masa depan. 

Anda dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik lainnya.

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Foto utama oleh Andrea Piacquadio di Pexels.

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

bimbingan beasiswa lpdp

Bimbingan Beasiswa LPDP

Untuk kamu pejuang LPDP, bisa mengikuti bimbingan beasiswa LPDP dari Lister. Kelas ini memberikan strategi persiapan LPDP dengan mentor berpengalaman.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.