Ketahui 3 Syarat Kerja Di Jepang, Cek Sebelum Berangkat!

syarat kerja di jepang

Pelatihan Bahasa Jepang untuk Karyawan – Ada banyak warga negara Indonesia yang ingin bekerja di Jepang.  Tidak mengherankan Kenapa masyarakat Indonesia  atau masyarakat Asia lainnya ingin bekerja di Jepang.  Hal ini karena kemajuan teknologi beserta budaya di Jepang. 

Namun jika ingin bekerja ada syarat kerja di Jepang  yang harus dipatuhi  agar bekerja lebih mudah dan nyaman. Cek berikut ini. 

Kenapa banyak orang ingin bekerja di Jepang?

Masyarakat Indonesia banyak yang bekerja di Jepang,  bukan hanya mengisi level-level staff  atau buruh  di beberapa bidang  namun juga mengisi posisi profesional. 

Selain karena budaya  dan kemajuan teknologinya,  bekerja di Jepang dianggap memiliki gaji yang lebih tinggi daripada negara Asia lainnya.  Sebagai negara maju,  tentunya perekonomian Jepang lebih bagus  dan lowongan pekerjaan banyak dibutuhkan. 

Dengan kondisi perekonomian yang kuat, maka ada banyak benefit yang didapatkan karyawan.  Tunjangan hidup,  asuransi kesehatan  dan Program kesejahteraan masyarakat lainnya. 

 Dalam hal pekerjaan,  sebagai negara maju Jepang  Jepang sangat memperhatikan  keamanan dan keselamatan karyawannya. 

Kondisi industri dan lingkungan kerja di Jepang cukup menarik banyak perhatian masyarakat Indonesia.  Namun sebelum itu siapkan dulu syarat kerja di Jepang dengan baik. Syaratnya cukup ketat!

baca juga : 3 Cara Kerja Di Jepang, Jobseeker Wajib Tahu!

Apa syarat kerja di Jepang? 

Secara umum syarat kerja di Jepang adalah menguasai bahasa Jepang,  memiliki keterampilan bekerja dan juga memiliki kondisi tubuh yang bagus  serta dokumen-dokumen pendukung lainnya. 

Namun  syarat secara spesifik,  biasanya dijelaskan  dalam  perusahaan yang ingin kamu lamar secara rinci.  Seperti tinggi badan, syarat minimal kemampuan bahasa  Jepang,  kebutuhan dokumen seperti ijazah foto dan sertifikat. 

Dan yang paling penting adalah paspor juga  visa bekerja. 

1. Visa bekerja

Untuk bisa ke Jepang ada beberapa Visa  yang bisa dibuat tergantung dengan kebutuhannya.  Namun khusus untuk bekerja di Jepang kamu perlu memiliki visa bekerja. 

Untuk mendapatkan visa ini tidak mudah,  ada beberapa syarat utama yang perlu dipenuhi seperti  surat keterangan diterima kerja,  kontrak kerja yang berisi informasi  jenis sampai dengan jumlah gaji,  paspor,  surat keahlian  dan juga foto diri. 

Nantinya bisa bekerja Ini masih  dibedakan lagi berdasarkan jenis pekerjaan yang akan kamu jalani. Bisa bekerja untuk Engineer,  karyawan kantor,  pekerja perkebunan,  pekerja IT  dan lain sebagainya.  

Jadi memang untuk mendapatkan visa bekerja  kita sudah harus diterima kerja di Jepang. Jika sudah mengajukan  maka tinggal menunggu keputusan dari kedutaan besar Jepang. 

2.  Kemampuan bahasa Jepang 

Kemampuan bahasa Jepang adalah salah satu syarat kerja di Jepang yang wajib dikuasai.  penguasaan bahasa Jepang akan dibuktikan menggunakan sertifikat JLPT  yaitu sertifikat penilaian  kemampuan bahasa Jepang seseorang. 

Umumnya untuk orang Indonesia jika ingin bekerja di Jepang,  penguasaan bahasa Jepangnya ada di tingkat N5 atau N4  di mana ini merupakan tingkat yang tidak terlalu tinggi dan sangat mungkin untuk dicapai  untuk pemula. 

Jika ingin bekerja di Jepang,  memang  perlu belajar bahasa Jepang terlebih dahulu. Ambil kursus bahasa Jepang  untuk persiapan tes JLPT ini. 

3.  Keterampilan pendukung 

Syarat selanjutnya yang perlu dikuasai adalah keterampilan dalam bekerja.  Keterampilan bekerja  dibuktikan dengan sertifikasi keahlian. 

Umumnya lowongan kerja di Jepang juga mengambil seseorang yang latar belakang pendidikannya di bidang yang sama kemudian didukung dengan sertifikat keahlian. Baik lulusan SMA atau SMK maupun D3 atau sarjana   memang lebih baik memiliki bidang pekerjaan yang sesuai dengan pendidikan. 

Sertifikat keterampilan ini selain berguna untuk proses rekrutmen karyawan untuk bekerja di Jepang juga digunakan untuk mengajukan Visa  sebagai syarat kerja di Jepang.  

Jika kamu mengambil  bidang pendidikan kesehatan maka perlu dibuktikan dokumen pendukung berupa STR. 

4.  Kesehatan 

Jepang sangat ketat terhadap kondisi kesehatan calon kandidat.  untuk itu setiap rekrutmen memerlukan tes MCU yang cukup lengkap dan ketat. 

Hal ini untuk memastikan bahwa calon pekerja memiliki kondisi tubuh yang baik dan siap untuk bekerja  tidak membawa virus maupun hal-hal yang merugikan pemerintah Jepang. 

Kondisi kesehatan dibuktikan dengan pemeriksaan MCU.  Jadi jangan heran jika kamu mengikuti proses seleksi bekerja di Jepang dan diwajibkan untuk mengikuti tes MCU dalam rangkaian proses rekrutmennya. 

Apakah kamu sudah siap dengan syarat kerja di Jepang seperti poin yang disebutkan di atas?  jika belum maka sebaiknya persiapkan  persyaratan dengan baik. 

Mungkin anda suka : Selamat Pagi dalam Bahasa Jepang dan Sapaan di Waktu Lainnya

Hal yang harus diperhatikan sebelum bekerja di Jepang

Ada beberapa  hal yang perlu diperhatikan sebelum bekerja di Jepang. 

 1. Budaya bekerja 

Jepang memiliki budaya kerja yang cukup  kuat diantara negara lain. Di mana banyak orang memiliki daya kerja ulet, loyal dan memiliki budaya lembur untuk kepentingan perusahaan. 

Budaya bekerja yang cukup kuat ini memiliki dampak stres yang tinggi sampai juga mempengaruhi kesehatan. 

Sehingga Jika kamu ingin bekerja di Jepang kondisi seperti ini  perlu diketahui  sehingga kamu  tidak akan kaget dengan kultur budaya bekerja di Jepang. 

2. Harga kebutuhan hidup

Di Jepang memiliki harga kebutuhan hidup yang cukup tinggi daripada di Indonesia. Memang gaji di Jepang cukup tinggi namun seimbang dengan  biaya hidupnya. 

Menurut studyinjapan.go.jp  Rata-rata  untuk hidup di Jepang  sebesar  93.000 Yen  jika dirupiahkan maka menjadi Rp10.000.000 per bulannya. 

Dengan biaya hidup yang tinggi kamu juga perlu pintar mengatur uang agar gaji cukup untuk berbagai kebutuhan. 

 Persiapan bekerja di Jepang dengan kursus bahasa di Lister

Ingin bekerja di Jepang  Kemampuan bahasa masih standar?  kamu bisa memperdalam ilmu bahasa Jepang di program pelatihan bahasa Jepang untuk karyawan  khusus untuk kamu yang ingin belajar di Jepang. 

Pelatihan ini berfokus pada penggunaan bahasa Jepang untuk lingkup dunia kerja seperti penguasaan kosakata dan juga percakapan bahasa Jepang, dan juga tulisan bahasa Jepang yang dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari. 

Belajar di Lister cukup fleksibel dan menyenangkan,  dengan  penjadwalan  belajar secara mandiri juga  tutor yang profesional di bidangnya. 

Selain itu sistem pembayaran bisa dibuat paylater atau dengan sistem cicilan Untuk meringankan kamu dalam membayar biaya pelatihan. 
 Ambil segera kelas Lister,  manfaatkan promo 10% Setiap pembelian kelas seharga 1 jutaan. Promo ini dengan kode voucher BLOGLISTER10 saat pendaftaran.  Daftar sekarang melalui  WhatsApp Lister

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.