Seminar adalah: Tujuan, Jenis, dan Ciri-cirinya

Seminar adalah

Kursus Academic English – Sebagai pelajar, mahasiswa ataupun profesional pasti tidak asing mendengar istilah seminar, bukan?

Seminar hadir dan semakin marak bagi berbagai kalangan, baik muda ataupun tua. Seminar seringkali mengangkat berbagai isu terkini dan beragam yang menarik calon pendengar.

Namun, apa arti seminar yang sebenarnya? Simak penjelasan seputar seminar adalah, berikut ini. 

Seminar adalah

Berdasarkan segi etimologi kata, istilah seminar berasal dari bahasa Latin, yakni seminarium artinya tanah tempat menanam benih.

Benih di sini diartikan sebagai materi bisa berupa informasi apa saja yang ditanamkan untuk membentuk diri di suatu komunitas maupun organisasi lainnya.

Berdasarkan pengertian di atas, seminar adalah pertemuan yang membahas suatu masalah di bawah naungan pimpinan ketua sidang atau guru besar atau ahli. Pertemuan atau persidangan dalam seminar biasanya menampilkan satu atau beberapa pembicara dengan makalah masing-masing.

Baca juga: 3 Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Inggris untuk Dunia Kerja

Tujuan Seminar 

Setelah mengetahui seputar seminar adalah, kenali juga tentang apa tujuan seminar. Tujuan utama seminar adalah untuk menyampaikan ilmu pengetahuan, pendapat, motivasi, atau inovasi kepada peserta seminar.

Dilansir dari Perpustakaan Universitas Terbuka, secara umum seminar berfungsi untuk memperdalam ilmu dan menyampaikan pendapat secara lisan, sebagai media komunikasi bertukar pengetahuan dan pengalaman, serta wadah mengidentifikasi masalah dan mencari cara pemecahan masalah.

Ilustrasi seminar di sebuah universitas (DOK.PEXELS/ICSA)

Ilustrasi seminar di sebuah universitas (DOK.PEXELS/ICSA)

Jenis Seminar

Adapun jenis-jenis seminar yang bisa kamu temui di lingkungan sekitar adalah seperti yang dijelaskan berikut ini.

Seminar proposal

Saat menjadi mahasiswa akhir, kamu mungkin pernah menjadi salah seorang yang menyelenggarakan seminar proposal ini.

Tujuannya untuk menyampaikan rencana penelitian tugas akhir oleh mahasiswa di hadapan dosen pembimbing.

Peserta seminar adalah dosen penguji, dosen pembimbing, dosen wali, serta mahasiswa dari prodi yang sama atau lainnya. Seminar ini umumnya menjadi syarat kelulusan mahasiswa.

Seminar matematika

Seminar matematika adalah sebuah kegiatan pembelajaran yang dilakukan untuk memberikan informasi terkait ilmu tentang kuantitas, ruang, struktur, serta perubahan.

Tujuannya untuk mengarahkan agar peserta seminar dapat belajar menemukan pola, merumuskan dugaan baru, serta membangun kebenaran melalui metode yang telah disampaikan.

Baca juga: 5 Contoh Invitation Card Bahasa Inggris untuk Beberapa Acara

Seminar kewirausahaan

Jika kamu tertarik di bidang bisnis, kamu harus mencoba menjadi peserta seminar yang satu ini.

Tujuannya adalah menyampaikan informasi seputar peluang usaha maupun bisnis, memberikan wawasan kepada peserta seminar terkait cara menghadapi berbagai resiko yang mungkin dihadapi dalam berbisnis, dan lain sebagainya.

Seminar keperawatan

Seminar yang satu ini berhubungan dengan kesehatan, contohnya adalah seminar keperawatan yang berupa kegiatan pembelajaran maupun pelatihan.

Tujuannya untuk memberikan bekal serta ilmu seputar keperawatan agar memiliki kesiapan serta memahami kode etik menjadi seorang perawat. Sesuai dengan judulnya, pada umumnya peserta seminar adalah perawat atau calon perawat.

Seminar skripsi

Seminar skripsi adalah sebutan lain dari sidang skripsi yaitu tahapan selanjutnya dari seminar proposal. Seminar skripsi ini dilakukan di akhir.

Tujuannya untuk menyampaikan hasil penelitian tugas akhir oleh mahasiswa di hadapan dosen pembimbing dan dosen penguji secara komprehensif sebagai penentuan lulus dan tidaknya mahasiswa tersebut. 

Ciri-ciri Seminar yang Sering Ditemui 

Seminar merupakan salah satu bentuk kegiatan akademis atau profesional yang sering diadakan untuk membahas sebuah topik. 

Pertama, seminar umumnya melibatkan narasumber atau pembicara yang memiliki keahlian mendalam tentang topik yang akan dibahas. 

Kedua, interaktifitas menjadi kunci dalam sebuah seminar untuk menghidupkan suasana dan menjembatani informasi yang disampaikan oleh narasumber dengan peserta. 

  • Berbentuk forum 
  • Membahas masalah atau topik tertentu
  • Banyak mengangkat isu-isu ilmiah
  • Meningkatkan pemahaman terkait ilmu tertentu
  • Adanya evaluasi dan umpan balik
  • Sesi Interaktif

Kursus Academic English, Awal Sukses Studimu

Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa internasional yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Kamu akan semakin percaya diri, ikuti Kursus Academic English di Lister.

Cari tahu pengalaman seru sesama student di Lister Group Community yang bisa kamu akses melalui aplikasi Discord.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik lainnya.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Foto utama oleh fauxels di Pexels.

Share:

Fatimatuzuhroh
Fatimatuzuhroh
A passionate writer who loves reading self-help books!

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.