5 Cara Melatih Public Speaking untuk Kebutuhan Kerja

cara melatih public speaking

Pelatihan English Public Speaking untuk Karyawan –  Kemampuan public speaking merupakan salah satu kemampuan yang penting di dunia kerja.

Dengan kemampuan ini  kita bisa memberikan citra dan kesan yang baik untuk  orang yang terlibat bekerja dengan kita.  Bagaimana sih cara melatih public speaking untuk dunia kerja?  berikut tipsnya! 

Public speaking 

Kemampuan public speaking bukan hanya tentang kemampuan berbicara yang baik dari sisi artikulasi  dan kelancaran berbicara. Namun juga tentang cara berkomunikasi yang efektif di depan umum atau lawan bicara  yang melibatkan kemampuan berpikir. 

Menurut merriam-webster,  menuliskan arti dari public speaking  adalah 1) Public speaking is The act or process of making speechless in public (Public speaking adalah kemampuan untuk berbicara di depan umum) 2)  Public speaking is the art of effective oral communication with an audience (Public speaking adalah seni  berkomunikasi yang efektif dengan audiens).

Sehingga dalam Pengertian tersebut dapat kita pahami bahwa public speaking bukan hanya kemampuan berbicara namun juga komunikasi yang efektif dua arah. 

Kemampuan ini dibutuhkan dalam dunia kerja  untuk mencapai komunikasi yang bagus sehingga  membantu menjalani pekerjaan dengan baik. Untuk itu cara melatih public speaking perlu dipahami agar bisa menerapkannya dengan baik.

Pentingnya public speaking di dunia kerja 

Hampir semua posisi kerja membutuhkan kemampuan public speaking yang bagus.  Hal ini  berkaitan  dengan  kemampuan presentasi saja maupun berbicara di muka umum.  

Namun juga  kemampuan komunikasi  dengan semua rekan kerja. Dengan mengetahui pentingnya public speaking membuat kita mencari cara melatih public speaking agar kemampuan ini meningkat. 

1. Keperluan negosiasi 

Kemampuan public speaking sangat diperlukan untuk proses negosiasi dan pemecahan masalah. 

Di dalam dunia kerja pastinya kita  sering menjumpai  konflik internal  maupun tantangan terkait pekerjaan.  

Karyawan dapat mengatasi  konflik maupun tantangan dengan baik menggunakan ilmu public speaking yang bagus. 

Dalam proses negosiasi untuk berbagai urusan kerja public speaking sangat membantu  komunikasi yang aktif dan efektif untuk mencapai solusi  atau kesepakatan bersama. 

Public speaking dalam  proses negosiasi  dilakukan dengan  penuturan kalimat yang mudah dipahami,  kemampuan memahami lawan bicara dan kemampuan untuk tenang  dalam menghadapi emosi. 

2.  Kebutuhan networking

Banyak pekerjaan yang membutuhkan  hubungan luas dengan orang lain atau networking.  Untuk menjalin  hubungan baik dan kerjasama dengan banyak orang  tentunya diperlukan kesadaran  emosi yang baik dan juga public speaking yang baik. 

Dengan modal public speaking  membuat seseorang lebih mudah disukai karena  mampu berkata-kata  dengan baik dan sopan.  Tentunya hal ini akan membantu  orang lain terkesan  dan meningkatkan citra diri. 

Jika tidak memiliki kemampuan public speaking yang bagus sulit bagi seseorang untuk  menjalin  networking  dengan banyak orang  dari berbagai kelas dan bidang. Cara melatih public speaking untuk kebutuhan networking ini adalah dengan kemampuan komunikasi yang bagus.

3. Komunikasi yang efektif 

Public  speaking  juga  membantu seseorang memiliki komunikasi yang efektif. Komunikasi yang efektif di mana  seseorang dapat menyampaikan apa yang ia rasakan,  ide, gagasan maupun saran  dengan baik. 

Sehingga apa yang ada di dalam  diri kita dapat diterima dengan baik  oleh lawan bicara maupun forum umum. 

4. Kebutuhan presentasi 

Presentasi untuk pekerjaan terutama presentasi dengan klien dan mitra kerja adalah  salah satu alasan untuk mempelajari public speaking di dunia kerja. 

Presentasi bukan hanya tentang membaca teks  yang sudah tersedia namun juga kemampuan untuk menjelaskan dan juga membuat impression dengan audience. 

Teknik presentasi yang baik didukung  oleh  public speaking yang baik.  Tentu saja hal ini akan melancarkan  proses presentasi kamu dan juga meningkatkan kesuksesan goals yang ingin dicapai. 

5. Persuasif 

Cara public speaking yang baik juga memberikan dampak untuk mempengaruhi orang lain. Sehingga jika digunakan untuk proses negosiasi, diskusi maupun presentasi akan sangat membantu mendukung opini atau pembicaraan yang kamu berikan. 

Jadi ada banyak manfaat dan juga kepentingan public speaking untuk dunia kerja. Yang menjadi tugas adalah bagaimana cara melatih public speaking kita untuk dunia kerja. 

cara melatih public speaking
Cara Melatih Public Speaking | Sumber : Master 1305 di Freepict

Cara melatih public speaking untuk dunia kerja

Berikut adalah poin public speaking tips yang Lister kumpulkan untuk membantu kamu belajar public speaking

1. Manfaatkan forum untuk menguji kemampuan

Di dunia kerja ada banyak forum diskusi. Manfaatkan forum diskusi tersebut sebagai cara melatih public speaking dalam hal keberanian dan juga kelancaran berbicara. 

Misalnya meeting dalam satu tim atau divisi, kegiatan hiburan karyawan atau forum formal lainnya.

Manfaatkan forum ini dengan terlibat secara aktif dan menguji kemampuan public speaking kamu. Lakukan dengan berkontribusi dalam pemberian ide maupun masukan dan saran dan juga terlibat diskusi. 

Langkah sederhana seperti ini akan membantu kamu meningkatkan keberanian dan mental untuk berbicara di depan banyak orang. 

2. Terbuka untuk diskusi

Cara melatih public speaking selanjutnya adalah terbuka diskusi dengan siapapun,  baik dengan rekan kerja,  keluarga,  atasan  dan teman.  Diskusi ini akan membantu kamu  terbiasa berbicara dengan orang lain sehingga akan menambah keterampilan berbicara yaitu  mendengarkan,  berpikir  dan juga menjawab. 

3. Artikulasi dan pengucapan kata 

Banyaklah berlatih  penyebutan kata yang benar terutama jika banyak menggunakan kosakata bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya dan juga artikulasi kata  seperti pengucapan a,i,u,e,o yang jelas. 

Semakin jelas  apa yang kamu ucapkan membuat kata akan semakin mudah dipahami dan juga memberikan  kesan  profesional. Berlatih artikulasi kata  bisa dilakukan secara mandiri  maupun menggunakan penilaian orang lain. 

4. Monolog 

Salah satu cara berlatih public speaking adalah dengan cara monolog,  berlatih berbicara tanpa ada lawan.  Cara ini cukup efektif untuk kamu yang  sedang mempersiapkan presentasi maupun pidato. 

Kamu bisa mempelajari improve,  mengatur nafas,  memaksimalkan artikulasi kata dan juga gesture. Kamu bisa berlatih melalui rekaman maupun menggunakan cermin. 

5. Latihan gestur dan ekspresi 

Gesture atau gerakan badan juga sangat berpengaruh terhadap public speaking kita.  Biasakan digunakan gesture untuk mendukung apa yang kita bicarakan. Juga didukung dengan  penggunaan ekspresi wajah untuk memberikan kesan pendalaman materi yang kamu sampaikan. 

Cara melatih public speaking untuk gesture dan ekspresi bisa latihan di depan cermin maupun merekam video.

Untuk  memiliki kemampuan public speaking  yang bagus memang perlu latihan dan juga mengambil kesempatan tampil yang banyak.  Jam terbang tinggi juga akan memberikan kematangan kemampuan yang bagus. 

 Kamu akan lebih tampil percaya diri  dan juga  dapat menguasai situasi yang berganti-ganti. Lakukan beberapa cara melatih public speaking di atas untuk meningkatkan kemampuan public speaking kamu!

Belajar public speaking bahasa Inggris  bersama Lister 

Lister  memberikan program kursus English public speaking untuk karyawan untuk membantu karyawan memiliki  kemampuan komunikasi  dan berbicara di muka umum dengan baik.  

Di kelas ini Lister hadir dengan tutor khusus B2B yang sudah berpengalaman dalam mengajar kelas corporate.  Selain itu program ini sudah  memiliki kurikulum cara melatih public speaking dalam bahasa Inggris yang disesuaikan untuk pekerjaan  sehingga belajar akan lebih terarah dan sesuai dengan tujuan. 

Menariknya  kamu bisa belajar Lister secara online,  fleksibel dalam penjadwalan kelas termasuk reschedule  dan juga  kesempatan memilih tutor  yang sesuai dengan kualifikasi  yang kamu butuhkan. 

Pembayaran juga mudah dengan sistem cicilan  yang disediakan Lister  untuk mempermudah pembayaran peserta pelatihan.  Daftar kelas sekarang menggunakan kode voucher BLOGLISTER10  untuk dapatkan promo 10%.

Promo  ini berlaku  untuk kamu yang membeli kelas seharga satu jutaan.   Segera daftar dan klaim  kode promo melalui WhatsApp Lister sekarang juga! 

Sumber gambar : Freepict

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts